Sejarah Hari Konvensi Ikan Paus 2 Desember

Sejarah Hari Konvensi Ikan Paus 2 Desember

Inilah Sekilas Tentang Sejarah 2 Desember, Hari Konvensi Ikan Paus Yang Sebaiknya Diketahui

Seperti yang kita ketahui jika bulan Desember merupakan bulan penutup tahun. Bulan tersebut menjadi tanda bahwa tahun akan berakhir dan berganti menjadi tahun baru.

Di bulan Desember ini terdapat banyak sekali hari-hari penting misalnya pada tanggal 2 Desember, Hari Konvensi Ikan Paus.

Sejarah Hari Konvensi Ikan Paus 2 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Tanggal 2 Desember menjadi salah satu hari penting dimana di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Konvensi Paus.

Peringatan tersebut ditandai pada International Convention for The Regulation of Whaling (ICRW) untuk Peraturan Perburuan Paus di Washington D.C sejak tahun 1946.

Konvensi yang satu ini membentuk Komisi Perburuan Paus Internasional, dimana komisi tersebut merupakan sebuah kelompok global yang mengawasi konservasi paus serta kerabatnya di lautan.

Awal mulainya konvensi ini dibentuk untuk menangani hal yang berhubungan dengan penangkapan paus serta harga produk paus.

Namun seiring dengan berjalannya waktu ICRW merupakan sebuah komisi yang berupaya untuk melindungi semua spesies paus.

Sebagai salah satu komisi perlindungan, ICRW terus berupaya untuk menangani berbagai bahaya yang bisa menimpa populasi paus.


Hal-hal berbahaya tersebut mulai dari perburuan, perubahan perilaku paus karena adanya wisatawan, perubahan iklim serta tabrakan dengan perahu.

Tak hanya itu saja ICRW juga terus berupaya untuk melakukan perlindungan maksimal dengan adanya penetapan batasan jumlah serta ukuran paus yang boleh dibawa.

Melarang penangkapan paus betina hingga menunjuk kawasan sebagai kawasan suaka paus.

Seperti yang kita tahu bahwa paus merupakan binatang mamalia berukuran besar yang hidup di lautan bebas.

Hewan yang satu ini terdiri dari 2 kelompok yaitu paus bergigi dan paus tidak bergigi.

Paus juga dikenal sebagai salah satu mamalia yang memiliki daging dengan protein yang sangat tinggi.

Dikarenakan hal itulah beberapa negara selalu memburu paus serta menyajikan dagingnya sebagai santapan. Nah salah satu negara yang dikenal gencar memburu paus yaitu Jepang.

Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara yang sudah memburu ikan paus dari beberapa abad lalu.

Negara yang dijuluki sebagai Negeri Sakura ini mengincar daging paus sebagai salah satu sumber protein. Tak hanya itu saja, negara Jepang juga memburu paus sebagai sumber penelitian sains.

Disamping hal tersebut, perburuan ikan paus juga didasarkan oleh alasan kebudayaan. Terdapat beberapa negara di dunia yang memburu paus karena atas dasar budaya.

Negara-negara tersebut seperti Bequia di Kepulauan Saint Vincent, Greenland di Denmark, Kanada, Kepulauan Faroe di Samudera Atlantik Utara hingga Alaska di Amerika Serikat.

Tidak hanya di luar negeri saja, Indonesia juga memiliki tradisi berburu paus. Tradisi tersebut berasal dari masyarakat adat Lamalera, keturunan pelaut yang datang ke Sulawesi Selatan dari ratusan tahun yang lalu.

Masyarakat Lamalera berangkat ke tengah laut dengan menggunakan kapal lalu menombak paus dengan juru tombaknya yang disebut lama fa.

Paus yang menjadi incarannya yaitu paus sperma. Walaupun kegiatan tersebut dilarang oleh pemerintah namun masyarakat Lamalera masih tetap melakukan perburuannya.

Peringatan 2 Desember, Hari Konvensi Paus Sedunia

Dikarenakan semakin banyaknya perburuan liar terhadap mamalia yang satu ini maka ditentukanlah 2 Desember sebagai Hari Konvensi Paus Sedunia.

Tujuan dari penetapan hari peringatan ini yaitu untuk melindungi semua spesies paus dari perburuan yang berlebihan.

Paus menjadi salah satu mamalia yang terancam punah padahal populasi ikan paus sangat penting untuk masa depan ekosistem.

Jika punah, maka bisa anda bayangkan bagaimana akibatnya.

Banyak sekali cara yang dilakukan untuk memperingati hari tersebut salah satunya yaitu dengan mengkampanyekan tentang larangan melakukan perburuan secara berlebihan terhadap paus.

Itulah sekilas tentang sejarah 2 Desember, Hari Konvensi Paus.

Mudah-mudahan dengan informasi Sejarah Hari Konvensi Ikan Paus 2 Desember diatas dapat menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari konvensi ikan paus 2020 dan 2021
  • sejarah konvensi ikan paus singkat
  • konvensi paus pdf
  • peringatan hari konvensi ikan paus sedunia
  • tema hari konvensi ikan paus 2021
  • cara memperingati hari konvensi ikan pus
  • contoh peringatan hari ikan paus
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting