Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni


Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni
Gambar dari Mastimon,com

Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Pancasila adalah dasar ideologi Negara Republik Indonesia. Pancasila adalah gabungan dari 2 kata Sansekerta yakni Panca dan Sila, Panca yang berarti “Lima” sedangkan “Sila” adalah Janji atau Prinsip/Asas. Bila digabungkan Pancasila berarti 5 Prinsip.

Hal ini yang menjadi dasar Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menyambut hari lahir pancasila tentunya kita tidak ingin ketinggalan untuk selalu update dan mengirimkan ucapan-ucapan selamat hari Lahir Pancasila.

Hari Lahir Pancasila jatuh setiap tanggal 1 Juni, tanggal tersebut merupakan tanggal dimana Bung Karno menyampaikan pidatonya yang berjudul Lahirnya Pancasila dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) sumber wikipedia.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Pancasila 1 Juni

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa,
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab,
  3. Persatuan Indonesia,
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Hari Lahir Pancasila
Hari Lahir Pancasila
Hari Pancasila adalah perayaan yang diadakan setiap tanggal 1 Juni di Indonesia. Hari ini ditujukan untuk memperingati dan menghormati Pancasila, dasar negara Indonesia.
Oleh Endik Eko

Sejarah Hari Lahirnya Pancasila

Ketika dalam perang dunia ke-2, saat itu jepang telah diujung kekalahan saat dibombardir oleh tentara Amerika dengan Bom Atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

Mendekati kekalahan jepang tersebut, jepang mendirikan Dokuritsu Junbi Chōsa-kai, atau badan penyelidik usaha-usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menarik simpati dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

BPUPKI mengadakan sidang yang pertama pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Tema yang dibahas pada persidangan ini adalah tema dasar negara.

Persidangan yang pertama ini diselenggarakan di gedung Chuo Sang In yang berlokasi di Jalan Pejambon nomer 6 Jakarta.

Kini gedung tersebut dikenal dengan julukan Gedung Pancasila. Sebelumnya, gedung tersebut dikenal dengan nama gedung Volksraad pada zaman belanda, yang berarti perwakilan rakyat. Sumber 1, Sumber 2.

Awal mula ditetapkannya hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni adalah dari pidato Bung Karno pada persidangan BPUPKI ini.

Saat itu Bung Karno mendapat giliran untuk berpidato dan menyampaikan ide atau gagasannya mengenai dasar negara saat Indonesia merdeka.

Bung Karno menamai ide gagasan mengenai dasar negara tersebut dengan nama pancasila.

Kelima sila tersebut berdasarkan lima dasar atau asas yaitu kebangsaan Indonesia, persatuan dan kesatuan, ketuhanan yang Maha Esa, kesejahteraan Indonesia yang disebut dengan pancasila.

Lihat juga: Hari Peringatan Hepatitis Sedunia 28 Juli 2021

Hasil dari pidato penyampaian gagasan tersebut diterima secara gegap gempita oleh seluruh anggota Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI secara aklamasi.

Nah, berdasarkan hal inilah maka hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Namun, sejarah pancasila masih terus berlanjut pada masa itu.

9 Tokoh Pendiri Pancasila

9 Tokoh Pendiri Pancasila

9 Orang di foto tersebut adalah:

  1. IR. SOEKARNO
  2. MUHAMMAD HATTA
  3. MR. AA. MARAMIS
  4. ABIKOESNO TJOKROSOEJOSO
  5. ABDUL KAHAR MUZAKKIR
  6. AGUS SALIM
  7. AHMAD SOEBARDJO
  8. WAHID HASJIM
  9. MOHAMMAD YAMIN

Lihat juga: Template Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasial 1 Juni

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Lahir Pancasila
Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional Hari Nelayan Nasional