Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni


Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni

Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni

Setiap tanggal 26 Juni, dunia termasuk Indonesia selalu memperingati Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional

Ya, di belahan dunia ini memang masih banyak sekali negara-negara yang masih belum dikatakan merdeka. Bahkan di negara yang merdeka sekalipun, tindak kekerasan masih saja terjadi.

Walaupun hari penting yang sepatutnya selalu diperingati, banyak sekali yang tidak mengetahui tentang hari peringatan tersebut. 

Hal ini dikarenakan ketidaktahuan mereka mengenai sejarah dibalik penetapan hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Peduli Korban Penyiksaan Sedunia 26 Juni 

Nah, dikarenakan banyak yang belum mengetahuinya, berikut sejarah dibalik 26 Juni, Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional.

Berikut Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni

Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional selalu diadakan dan diperingati setiap tanggal 26 Juni pada setiap tahunnya. 

Hari peringatan ini diperingati sebagai bentuk penghormatan kita kepada mereka yang telah mengalami hal yang tidak terbayangkan dalam hidupnya.

Dari hari peringatan ini juga tentu menjadi salah satu kesempatan bagi semua negara untuk berbicara dalam melawan hal yang tidak seharusnya didapat oleh segelintir orang yang mengalami penderitaan.

Lihat Juga: 100 Gambar Twibbon Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni

Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional yang diperingati setiap tanggal 26 Juni dipilih oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa karena dua alasan.

Alasan pertama yaitu pada tanggal 26 Juni 1945, piagam PBB ditandatangani sebagai instrumen Internasional pertama yang mewajibkan seluruh anggota PBB agar selalu menghormati serta memajukan Hak Asasi Manusia (HAM). 

Alasan kedua yaitu pada tanggal 26 Juni 1987 merupakan hari dimana konvensi PBB menentang penyiksaan diberlakukan.

Keputusan untuk memperingati Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional setiap tahun ini diberlakukan oleh PBB sejak saat itu. 

Peringatan tersebut atas usulan negara Denmark yang merupakan rumah Dewan Rehabilitas Korban Penyiksaan Internasional (DR KPI).

Perayaan Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional pertama kali diselenggarakan pada tanggal 26 Juni 1998. 

Sejak perayaan pertama tersebut hampir 100 organisasi di berbagai negara seluruh dunia memperingati perayaan tersebut dengan berbagai tema dan kampanye.

Lihat juga: Sejarah Hari Anti Narkoba Internasional 26 Juni

Dalam setiap tahunnya DR KPI memonitori rencana kampanye organisasi di seluruh dunia serta menjelang penghabisan tahun menerbitkan laporan global 26 yang menggambarkan perkara yang diselenggarakan dalam memperingati hari tersebut. 

Dalam setiap tahunnya juga berbagai negara memperingati Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional dengan berbagai kampanye sebagai bentuk semangat dan perlindungan.

Jauh dari peringatan tersebut, hampir semua negara dunia setiap tahunnya mendapatkan laporan kekerasan dan kriminal yang dilakukan oleh berbagai kelompok orang ataupun perorangan. 

Penyiksaan, merendahkan martabat manusia, praktek-praktek penangkapan, dan penahanan sewenang-wenang memang bukan hal yang baru lagi.

Kasus-kasus tersebut tidak hanya dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat, namun dari pejabat pemerintah hingga pemangku kepentingan. Dikarenakan hal tersebut menjadi salah satu persoalan yang sangat beresiko tinggi maka negara wajib melakukan perlindungan terhadap korban-korban penyiksaan ini.

Lihat Juga: Sejarah Hari Internasional Kekerasan Terhadap Perempuan 25 November

Sejak dideklarasikannya Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), hampir semua negara menyambutnya dengan baik. 

Salah satunya Indonesia, dimana negara tercinta kita ini juga menyambut baik hari tersebut dengan menandatangani konvensi tersebut pada tanggal 23 Oktober 1985 dan meratifikasi konvensi anti penyiksaan dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 1998.

Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional
Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional
Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional, atau International Day in Support of Victims of Torture, diperingati setiap tanggal 26 Juni setiap tahun sebagai hari peringatan terhadap korban penyiksaan
Oleh Endik Eko

Tentang Informasi Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional

Nah itulah sejarah 26 Juni, Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional. Dari sejarah di atas sedikit banyaknya Anda sudah mengetahui bahwa betapa pentingnya memperingati hari tersebut. 

Baca Juga: 30 Ucapan Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari besar ini, yakni seperti mengkampanyekan betapa besarnya resiko yang akan terjadi karena adanya penyiksaan ataupun kesewenang-wenangan dan cara lainnya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari korban penyiksaan internasional
  • daftar korban penyiksaan internasional
  • tanggal berapa hari korban penyiksaan internasional
  • peringatan hari korban penyiksaan internasional
  • hari peringatan korban penyiksaan di indonesia
  • tema hari korban penyiksaan 2021
  • ucapan selamat hari korban penyiksaan internasional 2021

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional
Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional Hari Nelayan Nasional