Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei


Inilah Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Hari Kebangkitan Nasional Atau dikenal dengan istilah Harkitnas selalu diperingati setiap tanggal 20 Mei oleh Bangsa Indonesia. 

Tanggal tersebut merupakan hari berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024

Boedi Oetomo Sendiri merupakan sebuah organisasi awal di Hindia Belanda (Indonesia) yang telah menyuarakan Nasionalisme dan merupakan awal dari bangkitnya Bangsa Indonesia.

Sejarah Dibalik Hari Kebangkitan Nasional Dan Hubungannya Dengan Boedi Oetomo

Sejarah dibalik Hari Kebangkitan Nasional memang sangat erat kaitannya dengan Boedi Oetomo yang merupakan organisasi pertama pada masa Hindia Belanda. 

Organisasi Boedi Oetomo (BO) didirikan oleh para mahasiswa School Tot Opleiding Van Indische Artsen (STOVIA) yang diantaranya yaitu Soeradji, Goenawan Mangoenkoesoemo yang digagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo.

Organisasi Boedi Oetomo dibentuk dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang seperti kesehatan, pertanian, perdagangan, peternakan, ekonomi dan bukan politik di wilayah terbatas seperti Jawa dan Madura.

Lihat juga: Template Ucapan Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024

Gagasan tersebut muncul bukan tanpa alasan, melainkan pada masa itu kondisi Bangsa Indonesia sangat memprihatinkan akibat adanya sistem kolonialisme Belanda yang membodohi bangsa jajahannya. 

Pendidikan rakyat pribumi sangat rendah serta tidak bisa mendapatkan informasi atau istilahnya tertutup dari dunia luar.

Awal Mula Terbentuknya Boedi Oetomo

Sebenarnya gagasan terbentuknya organisasi Boedi Oetomo ini muncul sekitar setahun sebelum organisasi tersebut terbentuk. 

Wahidin Sudirohusodo yang merupakan dokter lulusan Sekolah Dokter Indonesia berperan penting dalam proses berdirinya organisasi tersebut.

Lihat juga: Sejarah Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Dr Wahidin merasa sangat prihatin karena pada saat itu kondisi masyarakat Indonesia tidak mampu mendapatkan pendidikan formal atau melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. 

Setelah berpikir keras, akhirnya beliau mendapatkan dana dari para bangsawan Jawa serta Belanda. 

Beliau kemudian membentuk studiefonds lalu mempropagandakan dengan berkeliling Jawa hingga STOVIA.

Dihadapan para pelajar STOVIA, Dr. Wahidin memberikan pesan tentang pentingnya pendidikan yang bertujuan sebagai syarat membebaskan diri dari keterbelakangan. 

Nah, dari pertemuan inilah akhirnya Dr Wahidin bertemu dengan Soetomo dan Soeradji untuk membahas tentang pentingnya organisasi tersebut dibentuk.

Hari Kebangkitan Nasional
Hari Kebangkitan Nasional
Hari Kebangkitan Nasional adalah perayaan yang dilakukan setiap tanggal 20 Mei di Indonesia. Hari ini memperingati kebangkitan semangat dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Belanda pada
Oleh Endik Eko

Lahirnya Hari Kebangkitan Nasional

Terbentuknya Organisasi Boedi Oetomo (BO) menandai terjadinya perubahan dalam perjuangan mengusir penjajah menjadi perjuangan dengan kekuatan pikiran serta bersifat Nasional. 

Sejak tahun 1908 dan setelah organisasi BO dibentuk, sejarah Indonesia memasuki babak baru yaitu masa pergerakan Nasional. 

Pergerakan Nasional tersebut merupakan masa bangkitnya rasa semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Lihat juga: Sejarah Hari Korps Cacat Veteran Indonesia 19 Mei

Boedi Oetomo menjadi pelopor munculnya organisasi-organisasi pergerakan pada masa-masa selanjutnya.

Organisasi yang berdiri tersebut seperti Sarekat Dagang Islam, Perhimpunan Indonesia, Bimas Islam Kementerian Agama serta masih masih banyak lagi organisasi pergerakan lainnya.

Sejak tahun 1959, tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang merupakan hari nasional bukan hari libur. 

Hari tersebut ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 pada tanggal 15 Desember 1959.

Tentang Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Nah itulah sejarah singkat mengenai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia dan kaitannya dengan Boedi Oetomo. 

Hari Kebangkitan Nasional ini menjadi hari penting dalam sejarah Indonesia yang mengingatkan kita akan perjuangan bangsa untuk melawan penjajah.

Sama halnya dengan hari bersejarah lainnya, hari Kebangkitan Nasional juga selalu dirayakan dengan berbagai tema. 

Misalnya saja pada tahun 2020 kemarin yang mengusung tema meraih kebangkitan melawan COVID-19 yang kita tahu bahwa virus ini menjadi pandemi global yang dialami hampir semua negara termasuk Indonesia.

Dengan artikel Sejarah Hari Kebangkitan Nasional diharapkan kita menjadi lebih tahu tentang sejarah-sejarah lainnya di Indonesia dan betapa pentingnya menghormati hari penting tersebut dengan cara ikut serta merayakannya.

Semoga Informasi Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei di atas dapat menjadi referensi kita semua serta menambah wawasan kita tentang hari-hari besar lainnya di Indonesia. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari kebangkitan nasional diperingati setiap tanggal 20 mei 2024
  • hari kebangkitan nasional ditetapkan pada tanggal 15 desember 1959
  • hari kebangkitan nasional 2024
  • tema hari kebangkitan nasional 2024
  • sejarah hari kebangkitan nasional
  • ucapan hari kebangkitan nasional 2024

Tinggalkan komentar


Hari Kebangkitan Nasional