Sejarah Peringatan Hari Pasar Modal Indonesia 3 Juni


Sejarah Peringatan Hari Pasar Modal Indonesia 3 Juni

Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia 3 Juni

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia tidak semuanya tahu bahwa pada tanggal 3 juni selalu diperingati sebagai Hari Pasar modal Indonesia

Walaupun tidak semua masyarakat merayakan hari tersebut namun tanpa disadari bahwa Hari Pasar Modal cukup berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi Indonesia.

Lalu, bagaimana sejarah Hari Pasar Modal Indonesia? Berikut Penjelasannya!

Sejarah 3 Juni, Hari Pasar Modal Indonesia Yang Tidak Banyak Diketahui!

Pasar modal merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berkaitan dengan efek seperti perdagangan efek, penawaran umum dan lainnya. 

Pasar modal juga bertindak sebagai penghubung antara perusahaan atau institusi pemerintahan dengan investor melalui instrumen perdagangan jangka panjang seperti saham, obligasi dan lainnya.

Menurut buku “effectengids” yang dirilis pada tahun 1939 menyebutkan bahwa transaksi efek telah berlangsung sejak lama yaitu pada tahun 1880, namun dilakukan tanpa adanya organisasi resmi sehingga catatan transaksi tidak lengkap. 

Kemudian pada tahun 1878 terbentuklah perusahaan untuk perdagangan komoditas serta sekuritas yang bernama Dunlop & Koff atau yang dikenal dengan PT. Perdanas.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Pasar Modal Indonesia

Tepat pada tahun 1892, perusahaan Cultuur Maatschappij Goalpara di Batavia telah mengeluarkan prospektus penjualan saham sebanyak 400 saham dengan harga 500 gulden per sahamnya. 

Empat tahun berikutnya yaitu pada tahun 1896, Harian Het Centrum dari Jogjakarta mengeluarkan prospektus penjualan saham senilai 105 ribu gulden dengan harga 100 gulden per sahamnya.

Namun pada saat ini belum ada keterangan apakah saham tersebut diperjualbelikan atau tidak. 

Hanya saja, saham yang terdaftar di bursa Amsterdam dengan investor yang berada di Surabaya, Batavia dan Semarang yang bisa diperjualbelikan. 

Awal mulanya perusahaan tersebut melakukan jual beli obligasi dan saham perusahaan perkebunan Belanda yang beroperasi di Negara Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Hari Keuangan Nasional 30 Oktober

Namun pada tahun 1914, bursa di Batavia ditutup sementara karena adanya perang dunia I dan akhirnya kembali lagi dibuka pada tahun 1918 ketika perang tersebut mereda. 

Dikarenakan perkembangan penjualan saham dan obligasi cukup baik, maka akhirnya  dua bursa efek dibuka yang masing-masing pada tanggal 11 Januari 1925 di Kota Surabaya serta 1 Agustus 1925 di Kota Semarang.

Dikarenakan pertumbuhan pasar modal yang saat itu belum stabil maka terjadilah resesi ekonomi di tahun 1929, kemudian ditambah dengan pecahnya perang dunia ke II. Dua bursa efek tersebut semakin memburuk yang akhirnya ditutup kembali.

Hari Pasar Modal Indonesia
Hari Pasar Modal Indonesia
Hari Pasar Modal Indonesia – diperingati setiap tanggal 10 Desember sebagai perayaan berdirinya Bursa Efek Jakarta pada tahun 1977 yang sekarang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI). Pasar modal Indones
Oleh Endik Eko

Awal Terbentuknya Hari Pasar Modal Indonesia

Dengan proses perkembangan yang cukup panjang, akhirnya pada tanggal 3 Juni 1952 ketika saat itu Indonesia berada di bawah kepemimpinan Ir Soekarno, bursa efek Jakarta kembali dibuka. 

Pada tahun 1952 tepatnya pada tanggal 26 September 1952 dikeluarkanlah UU No. 15 tahun 1952 sebagai UU Darurat yang kemudian ditetapkan sebagai UU Bursa.

Lihat juga: Sejarah Peringatan Hari Anak Korban Perang Sedunia

Seiring dengan berjalannya waktu, saat Indonesia mengalami krisis ekonomi yang menyebabkan inflasi melambung tinggi, pasar modal kembali ditutup. 

Nah, setelah memasuki orde baru ketika ekonomi di Indonesia mulai kembali stabil pasar modal kembali dibuka. 

Soeharto mengeluarkan keputusan presiden No. 52 Tahun 1976 tentang pendirian pasar modal, membentuk badan pembina pasar modal dan membentuk Badan  Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM).

Di masa sekarang melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia) memiliki wewenang untuk mengawasi pasar modal di Indonesia. 

Lihat Juga: Gambar Twibbon Hari Pasar Modal Indonesia 3 Juni

Dikarenakan perjalanan begitu panjang dan berpengaruh terhadap perkembangan Indonesia maka ditentukanlah tanggal 3 Juni sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

Tentang Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia

Jadi sekarang sedikit banyak Anda sudah mengetahui tentang sejarah Hari Pasar Modal Indonesia, bukan? 

Jadi, mulai dari sekarang Anda bisa semakin tahu bahwa ada banyak sekali instrumen investasi yang berkembang di Indonesia yang bisa menjadi harapan Anda di masa depan.

Mudah-mudahan dengan informasi Sejarah Hari Pasar Modal 3 Juni di atas bisa menambah wawasan kita dan juga dapat menjadi referensi untuk kita semua tentang hari-hari sejarah di Indonesia maupun di Dunia. Semoga Bermanfaat!!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari pasar modal indonesia
  • kapan hari pasar modal
  • sejarah hari pasar modal indonesia
  • pasar modal hari ini
  • hari libur pasar modal
  • harga pasar modal hari ini

Artikel Terkait:

Tinggalkan komentar


Hari Pasar Modal Indonesia