Sejarah Peringatan Hari Susu Sedunia 1 Juni


Sejarah Peringatan Hari Susu Sedunia 1 Juni

Sejarah Hari Susu Sedunia 1 Juni Yang Tidak Banyak Diketahui!

Hari Susu Sedunia – Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi. 

Tentu tak hanya susu saja, berbagai olahan susu juga seperti, keju, mentega, yoghurt dan masih banyak olahan lainnya kerap menjadi bahan utama dari berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Gambar Twibbon Hari Susu Sedunia 1 Juni

Dikarenakan menjadi salah satu jenis minuman sekaligus makanan yang begitu penting untuk kesehatan, maka terdapat Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. 

Peringatan ini tentu saja bertujuan untuk mengedukasi masyarakat pentingnya susu untuk menunjang kesehatan.

Lalu, bagaimana sejarah di balik hari peringatan Hari Susu Sedunia tersebut? Berikut ulasannya!

Inilah Sejarah 1 Juni, Hari Susu Sedunia Yang Tidak Banyak Diketahui!

Selain diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Anak Anak International, ternyata di tanggal yang sama terdapat juga hari bersejarah lainnya yaitu Hari Susu Sedunia. 

Peringatan Hari Susu Sedunia ini pertama kali ditetapkan oleh FAO atau sebuah organisasi makanan dan pertanian pada tahun 2001 yang mana tanggal 1 juni ditetapkan sebagai hari perayaannya.

Lihat Juga: Gambar Ucapan Hari Susu Sedunia 1 Juni

Hari Susu Sedunia diperingati untuk memusatkan perhatian pada susu serta mengkampanyekan kegiatan yang berhubungan dengan susu serta industri susu. 

Hal ini tentu saja dikarenakan susu menjadi salah satu asupan penting untuk menunjang kesehatan makhluk hidup di seluruh dunia. 

Namun, jauh sebelum penetapan Hari Susu Sedunia ini, sekitar 10 ribu tahun lalu, masih banyak sekali manusia yang belum mengenal apa itu susu dan pada masa itu jarang sekali orang yang mengkonsumsinya.

World Milk Day
World Milk Day
World Milk Day is observed on June 1st every year to highlight the importance of milk and dairy products in our daily lives. This global celebration aims to raise awareness about the nutritional benef
Oleh Endik Eko

Kebiasaan Meminum Susu Berawal Dari Penggembala Di Eropa Barat

Menurut sejarah yang tercatat, orang pertama yang meminum susu secara teratur adalah para petani serta penggembala yang berada di Eropa Barat. 

Tradisi menggembala serta hidup berdampingan dengan hewan ternak membuat sebagian besar masyarakat Eropa Barat memanfaatkan susu sapi sebagai bahan pangan.

Lihat juga: Sejarah Peringatan Hari Pasar Modal Indonesia 3 Juni

Selain itu, sejarah juga mencatat bahwa pada zaman Romawi, seorang bayi yang baru dilahirkan namun ibunya meninggal ataupun tidak mampu menyusui, memiliki 2 alternatif untuk mendapatkan susu. 

Yang pertama dengan cara alami dengan menggunakan jasa dari seorang perempuan yang bersedia memberikan ASI kepada bayi tersebut. 

Sementara yang kedua yaitu dengan cara buatan dengan memanfaatkan susu hasil dari hewan ternak seperti sapi.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada abad ke-18 serta abad ke-19, saat dimana mengkonsumsi susu menjadi salah satu gaya hidup. 

Orang Amerika serta Eropa semakin giat untuk menggunakan metode pemberian susu ini sebagai pengganti ASI. 

Namun sayang, hal ini ternyata justru menjadi bencana. Di Kota New York, Boston, London, Paris dan Chicago kematian bayi baru lahir semakin menanjak tinggi. 

Hal yang lebih memprihatinkan terjadi di Manhattan dimana terdapat perusahaan susu yang dibangun tepat di sebelah pembuatan bir.

Di perusahaan tersebut, sapi-sapi diberikan makan sisa air kotor dari pembuatan bir sehingga pada tahun 1840 hampir setengah bayi yang baru lahir di Manhattan meninggal dunia. 

Dikarenakan ada banyak kasus tersebut maka susu diteliti di laboratorium dan hasilnya ternyata ditemukan organisme sangat kecil yang hanya bisa dilihat jika menggunakan mikroskop.

Lihat juga: 100 Template Ucapan Selamat Hari Susu Sedunia 1 Juni

Organisme ini diduga kuat telah mencemari susu. Penemuan tersebut dikenal dengan teori kuman yang dibuat oleh ilmuwan Perancis Louis Pasteur. 

Pada saat itu, ia juga kemudian menemukan sebuah solusi untuk masalah tersebut dimana susu bisa dipanaskan atau dimasak terlebih dahulu agar kuman yang ada didalamnya mati.

Walaupun memiliki sejarah yang cukup kelam, dari waktu ke waktu dan semakin banyaknya penelitian yang menyebutkan bahwa susu menjadi salah satu asupan tambahan yang sehat jika dikelola dengan baik.

Nah itulah sejarah 1 juni, Hari Susu Sedunia dimana hari peringatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat susu. 

Selain itu, hari peringatan ini juga diperingati karena hampir semua negara di dunia memiliki Hari Susu Nasional.

Lihat Juga: Quotes Hari Susu Sedunia 1 Juni

Semoga informasi dari sejarah peringatan Hari Susu Internasional di atas dapat memberikan kita wawasan baru yang ternyata terdapat pula hari susu. 

Dengan informasi tersebut mudah-mudahan dapat menjadi referensi untuk kita semua tentang betapa pentingnya rutin minum susu agar selalu sehat. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari susu sedunia di malaysia
  • hari penyusuan susu ibu sedunia
  • selamat hari susu sedunia
  • hari susu sedunia
  • tema peringatan hari susu sedunia

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


World Milk Day
Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip