Sejarah Peringatan Hari Anak Sedunia 1 Juni


Sejarah Peringatan Hari Anak Sedunia 1 Juni

Sejarah Hari Anak Anak Internasional 1 Juni

Apakah Anda pernah mendengar tentang Hari Anak Anak Internasional? Ya, sebagian dari Anda terutama orang tua pastinya sudah tahu tentang hari bersejarah tersebut. 

Setiap tanggal 1 Juni Hari Anak Anak Internasional diperingati dengan berbagai tema. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Anak Sedunia 1 Juni Inspiratif

Namun walaupun dengan tema yang berbeda-beda tetapi tetap saja tujuan dari peringatan tersebut yaitu untuk menyadarkan kita akan pentingnya menjaga dan melindungi anak-anak. 

Terlepas dari hal tersebut, tentu terdapat sejarah di balik adanya Hari Anak-Anak Internasional yang selalu diperingati setiap tanggal 1 juni ini.

Bagaimana sejarah Hari Anak-Anak Sedunia 1 Juni? Berikut penjelasannya!

Begini Sejarah Hari Anak Anak Internasional 1 Juni Yang Sebaiknya Diketahui!

Peringatan Hari anak pada umumnya diperingati secara Internasional maupun Nasional dengan tanggal yang tentu berbeda-beda. 

Namun walaupun Hari Anak Anak Nasional diperingati dengan tanggal berbeda-beda, tentunya untuk Hari Anak Anak Internasional selalu diperingati setiap tanggal 1 juni.

Lihat juga: 100 Template Ucapan Selamat Hari Anak Sedunia 1 Juni

Persoalan tentang kesejahteraan anak serta pemenuhan hak anak selalu menjadi perhatian dunia sejak lama. 

Pada tanggal 24 November 1924, Liga Bangsa Bangsa atau yang kita kenal dengan PBB mendeklarasikan perlindungan serta pemenuhan hak anak. 

Dalam deklarasinya ini PBB mengadopsi Geneva Declaration Of The Right Of The Child yang disusun oleh Eglantyne Jebb yang merupakan pendiri organisasi Save The Children Fund.

Dalam Geneva Declaration Of The Right Of The Child, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, yang pertama menyediakan perbekalan kepada anak baik secara material maupun spiritual. 

Kedua, anak yang lapar harus diberikan makan, anak sakit harus mendapatkan penanganan medis.

Anak yang memiliki keterbatasan harus diberikan pertolongan, anak yang bermasalah dengan hukum harus dibantu, serta anak yatim piatu harus memiliki tempat berteduh yang layak.

Ketiga, anak juga harus mendapatkan perlakuan yang tepat di masa-masa sulit. 

Keempat, anak juga harus ditempatkan di posisi dimana dia bisa berkembang dengan baik tanpa adanya eksploitasi, dan yang terakhir, anak juga harus selalu diingatkan agar keahliannya dapat berguna dan bermanfaat untuk masyarakat.

Lihat juga: Sejarah Peringatan Hari Anak Korban Perang Sedunia

World Children’s Day
World Children’s Day
World Children's Day, also known as Universal Children's Day, is celebrated globally on November 20th each year. It aims to promote international togetherness, awareness, and the welfare of children.
Oleh Endik Eko

Penetapan 1 Juni Sebagai Hari Perayaan Hari Anak Sedunia

Peringatan Hari Anak Anak Internasional pertama kali dirayakan setiap tanggal 1 Juni. 

Penetapan Hari Anak tersebut diprakarsai oleh Women’s International Democratic Federation (WIDF), ketika mengadakan kongres pada November 1949 di Moskow atau Moskow. 

Dalam kongres tersebut para jajaran membahas tentang perdamaian dunia, peningkatan status wanita serta kesejahteraan anak.

Dari kongres yang dilaksanakan tersebut juga telah memutuskan adanya peringatan Hari Anak yang akan dirayakan secara Internasional. 

Hal tersebut dilakukan oleh organisasi WIDF sebagai salah satu gerakan yang bertujuan menyadarkan semua orang agar bisa memperhatikan kesejahteraan anak terutama anak-anak yang telah menjadi korban perang.

Namun sayang, Hari Anak Anak Internasional tersebut tidak diperingati oleh semua negara. Hal ini disebabkan karena Women’s International Democratic Federation memiliki kedekatan dengan Uni Soviet. 

Lihat juga: Sejarah Peringatan Hari Susu Sedunia 1 Juni

Karena adanya hal ini, beberapa negara yang berseberangan dengan Uni Soviet menolak adanya peringatan hari tersebut. 

Hanya negara-negara yang memiliki hubungan baiklah yang ikut memperingati Hari Anak Anak Internasional ini.

Berbeda dengan Hari Anak Anak Internasional yang selalu diperingati setiap tanggal 1 juni. Di Indonesia, Hari Anak Anak Nasional selalu diperingati setiap tanggal 23 Juli. 

Tanggal tersebut ditetapkan dengan berbagai proses panjang dengan berbagai alasan seperti alasan praktis, historis hingga orientasi politik. 

Namun, walaupun tanggal 23 Juli Indonesia selalu memperingati Hari Anak Anak Nasional, sebagian besar masyarakat juga selalu memperingati Hari Anak Anak Internasional setiap tanggal 1 Juni.

Tentang Sejarah Hari Anak Internasional

Itulah sejarah singkat tentang Hari Anak Anak Internasional yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni. 

Dengan adanya hari peringatan tersebut tentu menjadi perhatian untuk kita sebagai orang tua atau orang dewasa untuk selalu melindungi anak-anak dan memperhatikan setiap kebutuhannya.

Semoga informasi dari sejarah singkat Hari Anak-Anak Sedunia 1 Juni di atas dapat menjadi referensi untuk kita agar selalu melindungi anak-anak.

Lihat juga: Sejarah Hari Tanpa TV 23 Juli

Selain itu juga dapat menjadi ilmu baru untuk kita semua tentang sejarah ditetapkannya hari anak sedunia tersebut. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari anak sedunia tanggal berapa
  • hari anak sedunia
  • tema hari anak sedunia
  • hari anak sedunia bahasa inggris
  • hari anak sedunia 1 juni
  • caption hari anak sedunia
  • kutipan hari anak sedunia
  • puisi hari anak sedunia

Artikel Terkait:

Tinggalkan komentar


World Children’s Day