Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April


Inilah Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Hari Kesehatan Internasional – Seperti yang kita tahu bahwa di dunia ini tidak ada satupun orang yang memiliki keinginan untuk sakit.

Semua orang yang hidup di muka bumi ini tentu ingin selalu sehat baik sehat jasmani maupun rohani.

Lihat Juga: 100 Template Ucapan Selamat Hari Kesehatan Indonesia dan Dunia 2024

Kesehatan merupakan modal utama agar kita bisa menjalani hari-hari menjadi lebih baik.

Karena hal tersebutlah tak heran dunia selalu memperingati Hari Kesehatan Internasional yang diperingati setiap tanggal 7 April.

Sekilas Tentang Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Hari Kesehatan Internasional atau International Health Day selalu diperingati setiap tanggal 7 April setiap tahunnya.

Peringatan tersebut dilakukan untuk menandai didirikannya organisasi kesehatan dunia atau dikenal dengan World Health Organization (WHO) tahun 1948.

Pada tahun 1948, Organisasi Kesehatan Dunia mengadakan sebuah Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kalinya.

Lihat Juga: Sejarah Hari K3 28 April

Pada pertemuan tersebut, majelis telah memutuskan untuk merayakan Hari Kesehatan Dunia pada tanggal 7 April.

Setelah diadakannya pertemuan tersebut akhirnya untuk pertama kali Hari Kesehatan Internasional diperingati pada tahun 1950 atau kurang lebih 2 tahun setelah penetapannya.

World Health Organization (WHO) merupakan sebuah badan khusus milik PBB yang bekerja untuk mengatasi kesehatan masyarakat dunia.

Organisasi ini mengangkat masalah kesehatan selama 50 tahun terakhir. Beberapa masalah tersebut yaitu seperti kesehatan mental, perubahan iklim hingga perawatan ibu dan anak.

Badan khusus ini juga berpusat di Jenewa, Swiss dengan berbagai kantor semi-otonom serta 150 kantor di lapangan seluruh dunia.

Perayaan Hari Kesehatan Internasional umumnya memusatkan perhatian dunia terhadap aspek-aspek penting yang menyangkut kesehatan secara global.

Fakta Menarik Hari Kesehatan Internasional 7 April

Peringatan Hari Kesehatan Internasional pada tanggal 7 April umumnya selalu diperingati dengan tema yang berbeda-beda.

Lihat Juga: Sejarah Hari Kesehatan Nasional 12 November

Hanya saja, walaupun tema yang diusung berbeda-beda setiap tahunnya namun fokus utamanya tentu saja pada kesehatan.

Berbicara tentang Hari Kesehatan Internasional, terdapat beberapa fakta yang membuat hari peringatan ini sangat penting untuk diperingati.

Berikut beberapa fakta menariknya:

  • Dalam setiap harinya, terdapat sekitar 800 perempuan meninggal dunia karena komplikasi kehamilan serta persalinan. Kematian ibu ini merupakan indikator kesehatan yang menunjukkan kesenjangan yang sangat besar antara si kaya dan si miskin.
  • Gangguan kesehatan mental seperti depresi merupakan salah satu dari 20 faktor utama kecacatan di seluruh dunia. Kesehatan mental ini mempengaruhi sekitar 300 juta orang di seluruh dunia dan diperkirakan akan terus meningkat.
  • Rokok telah membunuh hampir 6 juta orang setiap tahunnya. Lebih dari 5 juta orang dari kematian di seluruh dunia merupakan orang dengan perokok aktif dan sisanya adalah orang dengan perokok pasif. Jika tindakan tersebut tidak segera dilakukan maka diprediksikan pada tahun 2030 kematian akibat rokok bisa mencapai lebih dari 8 juta orang.
  • Hampir sekitar 1 dari 10 orang dewasa memiliki diabetes. Akibatnya, kematian akibat diabetes telah meningkat sejak tahun 2000 mencapai 1,5 juta kematian pada tahun 2012.
  • Sekitar 3,5 ribu orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Kecelakan tersebut diproyeksikan akan terus meningkat dengan meningkatnya kepemilikan kendaraan pribadi di negara berkembang. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan adanya ketegasan termasuk aturan kepemilikan kendaraan bermotor di jalan raya harus digalakkan.
Hari Kesehatan Internasional
Hari Kesehatan Internasional
Hari Kesehatan Internasional selalu diperingati setiap tanggal 7 April setiap tahunnya – Hari Kesehatan Internasional atau International Health Day selalu diperingati setiap tanggal 7 April setiap tah
Oleh Endik Eko

FAQ Hari Kesehatan Internasional

  1. Apa yang diperingati pada tanggal 7 April setiap tahunnya?

    Pada tanggal 7 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Internasional.

  2. Mengapa Hari Kesehatan Internasional diperingati?

    Hari Kesehatan Internasional diperingati untuk menandai didirikannya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1948.

  3. Apa fakta menarik terkait Hari Kesehatan Internasional?

    Beberapa fakta menarik termasuk kematian ibu karena komplikasi kehamilan, masalah kesehatan mental, dampak buruk rokok, diabetes, dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas.

  4. Mengapa Hari Kesehatan Internasional penting?

    Hari Kesehatan Internasional penting karena kesehatan merupakan modal utama dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini.

Tentang Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Nah itulah sekilas tentang sejarah 7 April, Hari Kesehatan Internasional dan fakta-fakta menariknya.

Hari Kesehatan Internasional tentu menjadi momen yang sangat penting untuk diperingati.

Hal tersebut mengingat kesehatan menjadi modal utama dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini.

Lihat Juga: Sejarah Hari Teater Internasional 27 Maret

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Kesehatan Internasional diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Kesehatan Internasional!

×

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Kesehatan Internasional
Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional