Pengertian Weton Dalam Kalender Jawa Serta Kegunaannya!


Apa itu Weton? Seperti yang kita ketahui, suku Jawa menjadi salah satu masyarakat yang cukup besar di Indonesia.

Tak hanya jumlah penduduk yang banyak, melainkan kebudayaan serta adat istiadatnya juga cukup banyak. 

Baca Juga: Apa Itu Kejawen Kuno Dan Tradisi Yang Tersisa!

Salah satu kebudayaan yang masih dilestarikan hingga kini ialah mengenai Weton. Berikut kita akan bahas secara gamblang pengertian Weton dalam kalender Jawa

Apa Itu Weton? Berikut Pengertianya

Sebagian orang mengatakan jika Weton berarti hari lahir. Akan tetapi jika merujuk pada KBBI, weton merupakan hari lahir dari seseorang dengan pasarannya. 

Dalam hal ini pasaran Jawa terdapat beberapa nama seperti Paing, Pon, Wage serta Kliwon. Perlu diketahui, dalam masyarakat Jawa weton bukan hanya mengenai hari lahir. 

Melainkan melalui weton ini bisa didapatkan sebuah patokan tertentu dalam ramalan jawa. Bahkan dipercayai jika Weton dapat menentukan watak atau sifat seseorang. 

Fungsi & Kegunaan Weton

Setelah mengetahui pengertian Weton dalam kalender Jawa, kita akan bahas pula mengenai fungsi dan kegunaannya. 

Bukan hanya sebagai hari lahir saja, lebih dari itu weton juga memiliki beberapa fungsi, yakni:

Baca Juga: Menilik Apa Itu Kejawen Maneges Dan Ajarannya!

Weton Dapat Menetapkan Kapan Pernikahan Dilangsungkan

Bagi masyarakat Jawa, untuk menentukan tanggal bukanlah perkara yang asal-asalan. Hal itu dikarenakan jika salah dalam menentukan tanggal maupun hari maka bisa berdampak terhadap kelangsungan kedua pengantin. 

Untuk itu biasanya akan dilakukan penghitungan khusus dengan menggunakan kedua weton pengantin. Umumnya penghitungan Weton ini akan dilakukan oleh sesepuh atau orang yang dituakan. 

Tentu saja orang tersebut sudah ahli dalam ilmu penghitungan Weton. Tidak hanya hari maupun tanggal, bahkan jam juga menjadi perhitungan dalam prosesi pernikahan. 

Hal ini sangat jelas jika masyarakat Jawa meyakini bahwa adanya Weton sangat penting dalam menentukan hari agar terhindar dari marabahaya. 

Untuk Menentukan Kapan Harus Puasa Weton

Pengertian Weton dalam kalender Jawa tidak hanya sekedar hari lahir. Melainkan fungsinya yang bisa digunakan untuk melakukan puasa weton juga tidak boleh dilupakan. 

Puasa weton ini biasanya akan dilakukan pada hari kelahiran orang yang melakukannya. Umumnya puasa akan dilakukan setiap 5 Minggu sekali. 

Untuk pelaksanaannya juga sama layaknya puasa di bulan ramadhan. Hanya saja dilakukan setiap hari kelahiran tiba. Hingga sekarang hal semacam ini masih dilakukan oleh sebagian masyarakat Jawa. 

Baca Juga: Informasi Tentang Adat Istiadat Dan Kejawen

Weton Diyakini Dapat Menentukan Nasib

Bagi masyarakat Jawa, Weton juga bisa menentukan nasib baik buruknya seseorang. 

Biasanya seseorang akan menjauhi pantangan yang dapat membuat nasibnya menjadi buruk. 

Misalnya seseorang yang lahir di hari demikian tidak boleh menikah dengan seseorang yang lahir di hari demikian juga. 

Tujuannya tentu agar kedua belah pihak tidak dirugikan. Perhitungan Weton dalam pernikahan ini memang biasa dilakukan guna meminimalisir nasib buruk yang akan menimpa kedua belah pihak. 

Bahkan ada beberapa Weton yang jika digabungkan dalam pernikahan dapat memberikan rezeki yang berlimpah. 

Dengan Weton Dapat Menetapkan Kapan Seseorang Perlu Melakukan Hal Penting

Dalam melakukan kegiatan penting, masyarakat Jawa tidak melakukannya di sembarang hari. 

Dalam artian ada perhitungan khusus berdasarkan Weton ketika ingin melakukan hal-hal penting. 

Beberapa kegiatan penting tersebut seperti menentukan hari baik ketika ingin membangun rumah, pindah rumah dan lain sebagainnya. 

Baca Juga: Referensi Kalender Jawa Online Lengkap Hari Baik

Semua itu dipertimbangkan dan ditentukan berdasarkan Weton juga. Bisa dikatakan, pengertian Weton dalam kalender Jawa memang cukup luas. 

Weton Berguna Untuk Mengetahui Watak Serta Sifat Seseorang

Weton juga kerap digunakan untuk mengetahui bagaimana watak sampai dengan sifat dari seseorang. 

Hal ini hanya dapat dilakukan jika seseorang benar-benar mengetahui perputaran kalender Jawa dengan baik, orang awam akan sulit untuk mengetahuinya. 

Baca Juga: Download Kalender Jawa 2024

Demikianlah pengertian Weton dalam kalender Jawa. Tentu saja untuk percaya maupun tidak menjadi hal masing-masing setiap orang. 

Mudah-mudahan informasi pengertian weton dalam kalender jawa diatas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip