6 Menu Makanan Tradisional Bali Yang Lezat!


Makanan tradisi Bali tentu saja dibuat dengan turun-temurun. Bahkan resep dan cara memasaknya masih dijaga dengan baik hingga saat ini. 

Baca Juga: Wanita Bali Bertelanjang Dada, Salah Satu Tradisi Bali Tahun 1950-an

Mulai dari rempah-rempah, sayuran hingga daging maupun ikan yang digunakan merupakan pilihan terbaik. Berikut kita akan bahas lebih lanjut tentang apa saja makanan tradisi bali. 

6 Menu Makanan Tradisional Bali Yang Lezat!

Makanan Tradisional Bali Yang Terkenal

Bali merupakan salah satu tempat yang kaya akan wisata kuliner. Makanan tradisional yang mudah ditemukan di mana-mana membuat banyak turis merasa senang. 

Terlebih turis mancanegara, berikut ini beberapa makanan tradisional yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara:

  1. Bebek Betutu

Makanan yang satu ini merupakan kuliner yang sangat populer. Bahkan menjadi ciri khas tersendiri akan masakan Bali yang lezat. 

Uniknya lagi proses memasak bebek ini memang cukup lama. Sebelum dimasak bahkan bebek tersebut diberikan pijatan terlebih dahulu. 

Tujuannya agar bumbu meresap dengan baik dan daging menjadi lebih cepat empuk juga lembut. 

Dalam proses memasaknya, bebek betutu ini dibungkus dengan daun pisang. Cara masaknya dengan metode dipanggang dalam sekam. 

Tentunya dengan waktu yang lama. Biasanya bebek betutu ini akan dihidangkan dalam upacara adat maupun keagamaan. 

Baca Juga: Informasi Lengkap Kalender Bali Juni 2023

  1. Babi Guling

Babi guling merupakan makanan tradisi Bali yang wajib ada dalam acara adat masyarakat Bali. 

Perlu diketahui, babi yang digunakan dalam masakan ini juga bukan sembarangan. Melainkan haruslah babi yang masih muda. 

Biasanya menggunakan anak babi betina maupun jantan. Nantinya isi perut babi ini akan diisi dengan sayuran seperti ketela pohon dan bumbu rempah. 

Setelah perut babi terisi, akan ditusuk dengan batang besi yang panjang. Metode memasaknya ialah dengan cara dipanggang di atas api dan diputar serta digulingkan. 

Saat ini untuk mengkonsumsi makanan ini tidak sulit mengingat sudah banyak restoran yang menjualnya. 

6 Menu Makanan Tradisional Bali
6 Menu Makanan Tradisional Bali
6 Menu Makanan Tradisional Bali – Bali merupakan salah satu tempat yang kaya akan wisata kuliner. Makanan tradisional yang mudah ditemukan di mana-mana membuat banyak turis merasa senang.
Oleh Endik Eko
  1. Bubur Mengguh 

Bubur ini biasanya akan disajikan ketika upacara adat. Umumnya makanan ini mudah ditemukan di Bali daerah Utara (Buleleng). 

Adapun pembuatan makanan ini ialah dari beras yang dimasak dengan santan. Setelah itu akan ditambah dengan suwiran ayam yang sudah berbumbu. 

Untuk penyajian makanan ini menggunakan kuah yang kental, dengan sayur serta kacang goreng. 

Jika dilihat sekilas memang mirip layaknya bubur ayam tanpa kuah. Akan tetapi untuk rasanya tentu jauh lebih kompleks dan lezat. 

Baca Juga: Catat! Tanggal Upacara Kuningan Bali Tahun 2023

  1. Serombotan

Makanan tradisi Bali ini dalam masyarakat Jawa disebut dengan urap. Akan tetapi masyarakat Bali menyebutnya dengan nama serombotan. 

Makanan ini terbuat dari campuran beberapa sayuran. Seperti kol, kangkung, kacang panjang, kecambah, mentimun dan lain sebagainnya. Setelah itu semua sayuran tersebut akan diberikan bumbu kalas.

Bumbu kalas merupakan santan yang diberikan oleh beberapa bumbu dan rempah yang isinya bawang putih, bawang merah, kunyit tumbuk, lengkuas, kencur serta ketumbar. 

Nantinya semua bahan akan dimasak sampai mengental. Jika menyukai pedas, bisa ditambahkan cabai merah. Untuk penyajiannya bisa ditambah dengan bumbu kacang serta bumbu pedas. 

  1. Nasi Jinggo

Makanan ini merupakan nasi putih yang dicampur dengan lauk serta sambal. Adapun lauk yang digunakan biasanya sambal goreng tempe, serundeng dan ayam suwir. 

Nantinya sambal dan lauk akan dibungkus dengan nasi sebanyak satu kepal tangan dengan menggunakan daun pisang. 

  1. Lawar

Makanan ini dibuat dengan berbagai jenis sayuran. Semua sayuran akan direbus dan diberikan tambahan kelapa panggang dan daging cincang yang sudah berbumbu. 

Biasanya sayuran yang digunakan berupa kacang panjang, nangka muda, pepaya muda dan daun jarak. Dalam hal ini lawar terbagi menjadi dua yakni:

  1. Lawar merah: dicampur dengan darah dari daging yang dipakai memasak.
  2. Lawar putih: tidak diberikan tambahan darah. 

Tentang Makanan Tradisional Bali Yang Terkenal

Nah itulah tadi beberapa menu makanan tradisional Bali yang cukup populer. Selain makanan di atas tentu masih banyak lagi makanan lezat lainnya seperti tumpeng, sate plecing, sate lilit, tim ayam dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tradisi Bali Potong Gigi: Ritual Keagamaan Wajib Bagi Umat Hindu Di Bali

Mudah-mudahan informasi tentang daftar makanan bali yang populer diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Endik Eko

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya klik disini.

Ikuti Telegram Chanel kami?
chanel telegram enkosa kalender online

Tinggalkan komentar


6 Menu Makanan Tradisional Bali