Menghitung Weton Jodoh Berdasarkan Kalender Jawa

Menghitung Weton Jodoh Berdasarkan Kalender Jawa

Menghitung Weton Jodoh Berdasarkan Kalender Jawa Beserta Maknanya

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang masih asing dengan istilah Weton Jawa dan bagaimana cara menghitungnya, atau mungkin ada yang pernah mendengar tapi tidak tahu artinya.

Berikut adalah penjelasan mengenai weton jawa.

Pengertian Weton Jawa

Weton Jawa adalah tradisi penanggalan masyarakat Jawa yang biasa digunakan untuk memperhitungkan berbagai hal, salah satunya terkait jodoh.

Weton jodoh sendiri dipercaya guna memberikan gambaran mengenai kecocokan dari dua insan yang hendak menikah.

Baca Juga: Aplikasi Kalender Jawa Lengkap

Apalagi jika mengingat pernikahan merupakan hal yang sangat sakral dan penting, maka tidak heran jika banyak masyarakat Jawa yang masih berpegang teguh pada perhitungan baik-buruk serta cocok atau tidaknya kehidupan rumah tangga melalui weton.

Weton Jawa sendiri tidak hanya digunakan untuk meramalkan kecocokan antara pasangan yang hendak menikah.

Sebab ada banyak perhitungan weton yang dipercaya oleh masyarakat Jawa untuk memperkirakan hari-hari besar lainnya, seperti contohnya untuk mengetahui perkiraan musim tanam, musim hujan, musim kemarau, dan lain sebagainya.

Berbicara soal weton pada kalender Jawa, kita harus memahami terlebih dahulu bahwa dalam satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diambil dari kalender Islam, serta lima hari pasaran Jawa yang dikenal dengan istilah pancawarna.

Pancawara sendiri ialah siklus hari pasaran yang terdiri dari putaran lima hari yang meliputi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, perhitungan weton sendiri dinilai bisa meminimalisir bencana atau kesialan dari masing-masing watak dua insan yang hendak menikah.

Jika perhitungan weton dari dua mempelai kurang baik namun tetap ingin melangsungkan pernikahan, maka untuk menangkal kesialannya perlu dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus agar dapat menghindari kesialan.

Cara Menghitung Weton Jodoh

Sebelum mengetahui kecocokan antara kamu dan calon pasangan, mari cari tahu terlebih dahulu mengenai neptu dari hari lahir serta pasaran milikmu dan pasangan.

Apa itu neptu?

Neptu adalah angka-angka yang berkaitan dengan hari kelahiran serta pasaran yang berguna dalam perhitungan weton.

Neptu sendiri didapat dengan cara menjumlahkan neptu hari lahir dan pasaran milikmu maupun pasangan.

Berikut perhitungannya.

  • Minggu = 5
  • Senin = 4
  • Selasa = 3
  • Rabu = 7
  • Kamis = 8
  • Jumat = 6
  • Sabtu = 9

Lalu di bawah ini ada perhitungan berdasarkan hari pasaran lahirmu.

  • Pahing = 9
  • Pon = 7
  • Wage = 4
  • Kliwon = 8
  • Legi = 5

Jika kamu sudah mengetahui neptu dari hari lahir serta pasaran milikmu dan pasangan, maka masing-masing dijumlahkan sesuai dengan wetonnya.

Misal, jika kamu lahir pada Kamis Wage, maka perhitungannya menjadi 8+4=12. Lalu pasanganmu lahir pada Rabu Pon, maka jumlahnya ialah 14 yang tidak lain adalah hasil dari 7+7.

Baca Juga: 5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

Selanjutnya jumlah weton milikmu dan pasangan ditambahkan sehingga menjadi 12+14=26.

Hasil inilah yang nantinya akan dijadikan acuan untuk kemudian dianalisis dan diketahui maknanya.

Kira-kira apa ya artinya?

Makna Hasil Perhitungan Weton Jodoh

Berikut adalah makna dari hasil perhitungan weton jodoh.

Pegat (Apabila hasilnya 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Jika hasil perhitungan neptu milikmu dan pasangan berjumlah salah satu angka di atas, artinya hubunganmu dengan doi memiliki kategori pegat.

Apa artinya?

Pegat sendiri menurut primbon Jawa berarti akan ada kemungkinan kamu dan pasangan sering mendapatkan banyak masalah dalam kehidupan rumah tangga.

Masalah yang dihadapi pun bisa berupa ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan, dan lain sebagainya yang bisa membuat pasangan menjadi cerai atau pegat.

Ratu (Apabila hasilnya 2, 11, 20, 29)

Jika hasil perhitunganmu dan pasangan sesuai dengan salah satu angka di atas, maka selamat karena kalian memanglah jodoh.

Dalam berumah tangga pun kalian akan memiliki hubungan yang harmonis dan romantis, sehingga tidak heran jika akan ada banyak orang yang merasa iri dengan hubungan kalian berdua.

Jodoh (Apabila hasilnya 3, 12, 21, 30)

Sama halnya seperti ratu, makna dari hasil weton yang satu ini juga berarti bahwa kalian memanglah jodoh.

Pasangan ini nantinya akan senantiasa rukun sampai maut memisahkan.

Topo (Apabila hasilnya 4, 13, 22, 31)

Jika hasil yang keluar termasuk dalam kategori topo, maka kamu perlu berhati-hati. Kenapa?

Sebab pasangan yang satu ini diperkirakan akan mendapat banyak masalah pada awal membangun rumah tangga.

Masalah yang hadir pun bermacam-macam, bisa berupa ekonomi, komunikasi, harta, tahta dan masih banyak lainnya. Sehingga kamu dan pasangan perlu perjuangan extra.

Namun, seiring berjalannya waktu kamu dan pasangan akan bisa saling mengerti dan memiliki akhir yang bahagia. Terlebih jika sudah ada anak di antara kalian. Jadi jangan patah semangat ya.

Tinari (Apabila hasilnya 5, 14, 23, 32)

Apakah kamu adalah pasangan tinari? Jika iya maka kamu cukup beruntung.

Sebab pasangan ini akan diberi kecukupan rezeki dalam kehidupan berumah tangganya kelak. Selain dilancarkan dalam mencari rezeki, pasangan yang satu ini juga senantiasa diberi keberuntungan dalam banyak hal.

Kalian juga diramalkan memiliki kemudahan yang membuat rumah tangga kalian tidak akan kekurangan. Wah, beruntung sekali, ya.

Padu (Apabila hasilnya 6, 15, 24, 33)

Ada kabar yang sedikit kurang mengenakkan bagi kamu yang memiliki hasil ini. Pasalnya, pasangan yang satu ini akan sering mengalami pertengkaran dalam berumah tangga.

Baca Juga: Kalender Jawa Desember 2022 Lengkap Hari Baik & Buruk

Pertengkaran yang terjadi pun bisa dipicu oleh hal-hal yang sifatnya sepele dan remeh. Tapi kalian jangan khawatir, meskipun sering bertengkar, pasangan yang satu ini tidak akan sampai bercerai.

Sujanan (Apabila hasilnya 7, 16, 25, 34)

Sama halnya seperti pasangan sebelumnya yang diramalkan akan sering mengalami pertengkaran, pasangan sujanan juga akan mengalami banyak pertengkaran yang dipicu oleh masalah perselingkuhan.

Entah itu dari pihak laki-laki maupun perempuan bisa jadi yang memulai perselingkuhan tersebut.

Pesthi (Apabila hasilnya = 8, 17, 26, 35)

Kabar bahagia bagi kamu yang masuk dalam kategori pesthi. Pasalnya pasangan pesthi diramalkan akan memiliki kehidupan rumah tangga yang rukun, tentram, serta damai sampai tua.

Tak peduli sekalipun ada masalah yang jelas tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.

Nah, itu tadi adalah cara menghitung weton jodoh berdasarkan kalender jawa beserta maknanya. Kamu masuk kategori yang mana, nih?

Apapun hasilnya, jangan berkecil hati jika weton milikmu dan pasangan memiliki arti yang kurang baik. Sebab baik buruknya perjalanan rumah tangga tergantung pada bagaimana kamu menjalaninya bersama pasangan.

Perkiraan di atas pun bisa jadi salah dan melenceng, sehingga bagi kamu yang mengikuti tradisi weton jawa, ada baiknya untuk bersiap dengan kenyataan yang bisa jadi berbeda dengan ramalan di atas.

Dan bagi kamu yang mencari perhitungan weton jodoh berdasarkan kalender jawa beserta maknanya, semoga penjelasan di atas bisa cukup membantumu, ya.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Desember

Mudah-mudahan informasi Menghitung Weton Jodoh Berdasarkan Kalender Jawa diatas dapat menjadi referensi untuk anda. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • cara menghitung weton jodoh online
  • weton jodoh primbon
  • kalender jawa online untuk menghitung jodoh
  • arti ketemu 21 dalam kalender weton jodoh
  • menghitung weton jodoh sunda
  • cek weton jodoh dengan tanggal lahir

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina