Daftar Hari Penting Bulan Desember


Daftar Hari Penting Bulan Desember

Daftar Hari Besar Nasional Bulan Desember

Daftar Hari Besar Bulan Desember yang kami sampaikan dalam artikel ini sudah dilakukan pengecekan untuk mendapatkan daftar libur nasional bulan Desember yang valid. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai keakuratannya.

Jika saat ini Anda sedang mencari referensi atau informasi mengenai hari-hari besar di bulan Desember, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Baca Juga: Referensi Kalender Hijriyah Bulan Desember 2023 Lengkap

Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar hari-hari besar atau hari penting atau libur nasional bulan Desember, baik hari besar Nasional Indonesia maupun hari besar Internasional.

Selain itu kami juga memberikan penjelasan singkat mengenai sejarah ditetapkannya hari besar pada bulan Desember.

Jika Anda ingin melihat lebih lengkap mengenai sejarah hari-hari penting ini Anda dapat mengklik tautan yang diberikan di setiap akhir penjelasan singkatnya.

Hari Penting Nasional & Internasional Bulan Desember

Di bawah ini adalah daftar hari besar atau hari penting di bulan Desember:

Hari Besar Desember – Desember merupakan bulan terakhir dari tahun kalender Masehi. Dimana kata Desember ini berasal dari bahasa latin yaitu Decem yang berarti 10. 

Hal ini karena jaman dulu tahun berawal dari bulan Maret. Bulan Desember mempunyai 31 hari.

Nah pada bulan Desember ini Indonesia juga mempunyai hari-hari besar di dalamnya.

Hari Penting Desember
Hari Penting Desember
Hari Penting Desember Kumpulan informasi terkait hari penting dalam bulan Desember yang dapat anda jadikan referensi untuk mengadakan kegiatan dan hal lainnya pada bulan desember setiap tahunnya
Oleh Endik Eko

Detail Singkat Hari Besar Nasional Desember

Dibawah ini adalah sejarah singkat dari hari-hari besar bulan Desember, silahkan klik link dari setiap hari penting di bawah untuk melihat sejarahnya yang lebih lengkap.

Baca Juga: Link Download Kalender Planner Desember 2023 PDF

1 Desember : Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 1 Desember. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa sadar manusia terhadap bahayanya wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan karena penyebaran dari virus HIV. 

Konsep ini sebenarnya digagas saat Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia terkait pembahasan program-program pencegahan AIDS di tahun 1988.

2 Desember : Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan

Setiap tanggal 2 Desember selalu diperingati sebagai Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan. 

Dimana ada berbagai kelompok aktivis di seluruh dunia yang memperingati Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan ini sebagai bentuk aksi nyata pemberantasan perdagangan manusia.

3 Desember : Hari Bakti PU

Kementerian Pekerjaan Umum atau PU merupakan kementerian yang bertugas untuk menjaga gedung Departemen TU di Bandung yang saat ini bernama Gedung Sate. 

Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti PU sebagai bentuk apresiasi terhadap 21 pegawai PU tersebut.

10 Desember : Hari Hak Asasi Manusia

Hari Hak Asasi Manusia merupakan hari besar yang selalu dirayakan oleh setiap masyarakat di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia. 

Tanggal 10 Desember ini terpilih untuk menghormati jasa Majelis Umum PBB yang memproklamasikan dan juga mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Baca Juga: 100 Ucapan Selamat Hari Ibu 22 Desember

12 Desember : Hari Transmigrasi

Transmigrasi pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Soekarno dan juga Wakil Presiden MOhammad Hatta. Dimana Hari Transmigrasi selalu dirayakan setiap tanggal 12 Desember. 

Hal ini bermula pada tanggal 12 Desember tahun 1950 lalu dimana berhasil di berangkatnya 23 Kepala Keluarga menuju ke Lampung sebagai program transmigrasi.

13 Desember : Hari Nusantara

Hari Nusantara adalah bentuk perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap menjadi Deklarasi Kemerdekaan Indonesia yang kedua. 

Lewat deklarasi itu, Indonesia mulai merajut dan juga menyatukan kembali wilayah serta lautan yang luas menjadi satu kesatuan yang berdaulat dan juga utuh.

19 Desember : Hari Bela Negara

Setiap tanggal 19 Desember warga Indonesia selalu merayakan Hari Bela Negara atau HBN yang dilakukan untuk memperingati peristiwa penting.

Peristiwa tersebut adalah deklarasi pemerintah Darurat Republik Indonesia yang terjadi pada tanggal 19 Desember 1948 di Sumatera Barat oleh Mr. Safruddin. 

Karena itulah setiap tanggal 19 Desember selalu diperingati sebagai Hari Bela Negara.

Lihat juga: Hari Kerjasama Selatan-Selatan 19 Desember

20 Desember : Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Setiap tanggal 20 Desember Indonesia selalu merayakan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. 

Dimana hari tersebut bertujuan untuk melestarikan dan juga mengembangkan nilai dan juga mengamalkan ajaran kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. 

Dengan begitu tentu saja harapannya adalah bisa membangun kesejahteraan sosial.

22 Desember : Hari Ibu

Hari Ibu merupakan hari peringatan atau hari perayaan untuk peran dari seorang ibu terhadap keluarga nya entah itu untuk suami, anak-anak atau terhadap lingkungan sosialnya. 

Peringatan dan juga perayaan hari ibu ini biasanya dilakukan oleh masyarakat dunia dengan membantu meringankan berbagai macam pekerjaan ibu, seperti membantu mengurus rumah tangga dan juga memasak.

Tentang Informasi Daftar Hari Penting Bulan Desember

Diatas adalah informasi lengkap tentang hari penting bulan Desember lengkap dengan penjelasan singkatnya.

Baca Juga: Link Download Kalender Bali Desember 2023 Lengkap

Mudah-mudahan informasi hari besar atau hari penting di bulan Desember di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda. Semoga bermanfaat!

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Penting Desember
Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip