5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa


5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

“cintaku terhalang oleh weton“ mungkin jika dijadikan judul film kayaknya seru yah 🙂

Namun kali ini bukan membahas mengenai judul film melainkan beberapa mitos yang berkembang dikalangan masyarakat, salah satunya mitos larangan pernikahan adat jawa.

Bukan orang jawa namanya kalau tidak lekat hubungannya dengan sesuatu berbau magis, mitos, dan hal lainnya yang berhubungan dengan spiritual.

Lihat Juga: 6 Tradisi Jawa Yang Masih Dilestarikan Hingga Sekarang

Dalam budaya jawa terdapat beberapa mitos untuk melaksanakan ataupun larangan pernikahan yang sudah dipercaya sejak turun-temurun.

Salah satunya adalah aturan perhitungan weton kedua pasangan yang akan menikah. Dimana jika mendapatkan nilai buruk maka keduanya tidak disarankan untuk melanjutkan niatnya.

Jika melanggar maka masyarakat setempat percaya kedua mempelai akan mendapatkan nasib buruk dalam kehidupan rumah tangganya.

Lihat juga: Harga Undangan Online

Wah, kayaknya seru nih kalau kita bahas lebih lanjut lagi. Yuk langsung saja kita bahas dan jangan lupa siapkan secangkir kopi dan cemilan untuk melengkapi suasana.

5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

Berikut beberapa mitos larangan pernikahan dalam adat jawa :

1. Weton Ketemu 25

Oh iya saya beri penjelasan singkat dulu ya, Weton adalah nilai perhitungan hari lahir yang dipercaya dapat digunakan sebagai patokan untuk meramal nasib seseorang.

Nilai weton didapatkan dari hasil penjumlahan antara neptu dan pasaran seseorang. Metode untuk mendapatkan hasil weton yaitu melalui penjumlahan weton dari kedua mempelai, maka terlihat hasilnya.

Lihat juga: 5 Mitos di Indonesia Yang Paling Aneh

Sedangkan dalam setiap nilainya mempunyai arti tersendiri seperti  Weton 25, menurut mitos yang beredar barang siapa yang menikah dengan hasil weton 25 maka kehidupan mempelai dipercaya akan mengalami kesialan.

2. Posisi Rumah Mempelai Saling Berhadapan

Ini nih yang bisa dibilang cukup menarik, dalam kepercayaan orang jawa posisi rumah juga menjadi permasalahan yang mana jika posisi calon mempelai saling berhadapan maka tidak disarankan untuk melanjutkan pernikahan.

“Wah gimana nih kalua si Doi tetanggaan“ yah mau gimana lagi sob solusinya rumahmu harus segera dibongkar jika tetap ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan.

“Demi kamu aku rela membongkar rumahku” eits tunggu dulu, ini cuma mitos ya jangan dijadikan patokan.

Lihat juga: Kalender Jawa Juni 2021 Lengkap

3. Jilu

Wah apa lagi tuh? Jilu dalam istilah jawa adalah anak pertama yang menikah dengan anak ketiga.

Gini nih misal kamu anak pertama dan si doi anak ketiga dari 3 bersaudara, maka menurut kepercayaan orang jawa pernikahan keduanya juga dipercaya nggak baik, menurut mitos jika tetap melanjutkan ke jenjang pernikahan keduanya tidak akan awet.

4. Menggelar Acara Pernikahan di Bulan Suro

Seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya bulan suro termasuk dalam daftar hari keramat menurut kepercayaan jawa.

Jadi jika ingin menggelar acara pesta pernikahan, orang jawa sudah pasti menghindari bulan yang dianggap keramat tersebut. Katanya sih menurut kepercayaan jawa jika nekat melanggar, kehidupan mempelai akan selalu tertimpa masalah

“wah harus nunggu berapa lama lagi nih“ sabar gan jangan terlalu buru-buru si doi nggak kemana kok 😀

Lihat juga: Ini Dia 6 Kebiasaan Unik Orang Jawa yang Paling Berkesan

5. Weton wage ketemu pahing

Jika wetonmu tepat pada wage dan pasanganmu pahing, maka siap-siap nangis deh. Karena menurut adat jawa jika nekat tetap melanjutkan ke jenjang pernikahan maka masa depan rumah tanggamu dipercaya akan selalu bernasib sial.

Haduhh orang jawa ribet ya! Gimana nih kalua wetonku sama si doi ketemu 25 jadi gak bisa nikah dong mana dapetnya penuh perjuangan 😛

Eits!! Jangan galau dulu karena katanya sih masih tetap bisa menikah, asalkan melakukan beberapa ritual sebelum melangsungkan akad nikah, yang dipercaya dapat membuang kesialan.

Lihat Juga: 6 Mitos Hadiah Bikin Langgeng Pernikahan

Tentang 5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

Diatas adalah beberapa mitos larangan pernikahan adat jawa, namun perlu di ingat kembali diatas hanyalah mitos yang tak sepenuhnya menjadi patokan, karena nasib seseorang telah diatur oleh Allah SWT. Semoga Bermanfaat!!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • mitos pernikahan jawa sunda
  • mitos pernikahan jawa betawi
  • mitos pernikahan jawa dan padang dan padang
  • mitos pernikahan jawa ngalor ngulon
  • mitos pernikahan anak pertama dan ketiga

Baca Juga: 6 Tips Mencari Hari Baik untuk Pernikahan

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kaylea

Suka sejarah dan sering menghabiskan waktu dengan membaca Buku. Kaylea sangat mengerti mengenai sejarah dan adat istiadat dan hobi bereksperimen resep Mpasi. Dia juga admin dari grup Facebook Resep Mpasi, cek Grup FB | Profil FB

Ikuti Telegram Chanel kami?
chanel telegram enkosa kalender online

2 pemikiran pada “5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa”

Tinggalkan komentar