Sejarah Hari Malaria Sedunia 25 April

Sejarah Hari Malaria Sedunia 25 April

Sejarah 25 April, Hari Malaria Sedunia Yang Wajib Diketahui!

Hari Malaria Sedunia diperingati setiap tanggal 25 April. Ya, seperti yang kita ketahui jika malaria merupakan salah satu penyakit yang mengancam nyawa manusia.

Penyakit ini sangat menular sehingga perlu menjadi perhatian karena itulah mengapa terdapat Hari Malaria Sedunia.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Malaria Sedunia 25 April

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 25 April, Hari Malaria Sedunia? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Sejarah Hari Malaria Sedunia 25 April Yang Sebaiknya Diketahui!

Malaria ataupun penyakit yang menyerupai malaria sebenarnya telah diketahui ada sejak lebih dari 4.000 tahun lalu.

Penyakit ini dikenal secara luas di daerah Yunani pada abad ke-4 Sebelum Masehi yang dipercaya sebagai penyebab utama berkurangnya penduduk kota.

Dalam perkembangan medis modern, penyakit menular ini sudah dikenal sejak tahun 1753, namun baru ditemukan parasit dalam darah oleh Alphonse Laveran pada tahun 1880.

Untuk mewarnai parasit, tahun 1883, Marchiafava menggunakan metlin virus sehingga morfologi parasit tersebut mudah dipelajari.

Siklus hidup plasmodium dalam tubuh nyamuk dipelajari Ross serta Bignami tahun 1890 lalu kemudian pada tahun 1900, Patrick bisa membuktikan bahwa nyamuk merupakan faktor penular.

Lihat Juga: Sejarah Singkat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober

Di tahun 1890, Giovanni Battista Grassi serta Raimondo Filetti yang merupakan dua peneliti asal Italia memberi nama dua parasit penyebab malaria pada manusia. Nama dua parasit tersebut yaitu plasmodium vivax serta plasmodium malariae.

Pada tahun 1897 seorang ilmuwan asal Amerika yaitu William H. Welch memberi nama parasit penyebab malaria tertiana sebagai plasmodium falciparum.

Sementara pada tahun 1922, John William Watson Stephens menguraikan nama parasit malaria keempat tersebut menjadi plasmodium ovale.

Peringatan Pertama Hari Malaria

Hari Malaria Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2008. Peringatan tersebut merupakan pengembangan dari Hari Malaria Afrika yang menjadi sebuah peristiwa yang telah diamati oleh pemerintah Afrika sejak tahun 2001.

World Health Assembly dengan dukungan WHO mengusulkan agar Hari Malaria Afrika diganti menjadi Hari Malaria Sedunia.

Lihat Juga: Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Perubahaan tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, World Health Assembly melihat keberadaan malaria bukan hanya di berada di negara Afrika saja, penyakit ini telah ditemukan lebih dari 100 negara di dunia dan sekitar 900 ribu orang meninggal akibat penyakit ini.

Hal ini tentu saja menjadi perhatian dunia agar semua negara bersama-sama memberantas penyakit malaria melalui Hari Malaria Sedunia.

Tujuan Memperingati Hari Malaria Sedunia

Tujuan utama dari peringatan ini yaitu sebagai moment untuk menilai kemajuan untuk mengendalikan penyakit malaria serta mengurangi angka kematian akibat penyakit menular di semua negara di dunia.

Seperti telah disebutkan diatas bahwa malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit melalui perantara gigitan nyamuk anopheles spp yang hidup dan berkembang biak dalam sel darah merah manusia.

Penyakit ini bisa berlangsung akut maupun kronik. Infeksi malaria juga bisa berlangsung tanpa komplikasi maupun mengalami komplikasi yang disebut dengan malaria berat.

Penyakit menular ini bisa dicegah dengan menggunakan obat serta tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan yang harus dilakukan seperti penyemprotan insektisida dalam ruangan serta kelambu berinsektisida.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni

Itulah sekilas tentang sejarah 25 April, Hari Malaria Sedunia. Peringatan ini diperingati oleh hampir semua negara di dunia dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan bahayanya penyakit malaria.

Hingga kini, penyakit malaria masih terus menginfeksi masyarakat terutama yang berada di dataran rendah dengan suhu udara panas.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Malaria Sedunia 25 April diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Malaria Sedunia!

Lihat Juga: Kalender Masehi Juni 2022 Lengkap

Pencarian yang palin banyak dicari

  • hari malaria sedunia 2022
  • caption hari malaria sedunia
  • sejarah hari malaria sedunia
  • sambutan hari malaria sedunia
  • tema hari malaria sedunia 2022
  • contoh memperingati hari malaria sedunia
  • peringatan berbagai negara untuk hari malaria sedunia

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Hari Kerjasama Selatan-Selatan Hari Trikora Hari Bela Negara Hari Juang Kartika TNI-AD Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia