Sejarah Hari TNI Angkatan Udara (AU) 9 April


Sejarah Hari Tentara Nasional Indonesia 9 April

Sejarah Hari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU) – Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam cerita dan sejarah dimasa lampau.

Sejarah tersebut tetap diperingati pada setiap tahunnya, tujuannya tak lain ialah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme terutama bagi kawula muda.

Mengenai sejarah hari tentara nasional angkatan udara (AU). Mungkin tak banyak yang mengetahui dan cukup asing bagi sebagian orang, kapan dan tanggal berapa diperingatinya.

Hal tersebut cukup wajar karena mungkin yang sering kita dengar hanyalah hari-hari bersejarah cukup yang umum seperti hari kartini dan hari kemerdekaan.

Lalu kapan dan bagaimana sih Sejarahnya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU)?

Sejarah Hari Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara (AU)

Sejarah terciptanya TNI berawal pada tahun 1945 setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan yakni tanggal 23 Agustus, lalu dibentuk lah badan keamanan rakyat pada masa itu yang disingkat dengan BKR.

Lihat juga: Sejarah Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

Dibentuknya BKR bertujuan guna memperkuat angkatan udara yang pada masa itu yang mana memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan peralatan militer udara seperti pesawat, fasilitas dan alutsista lainnya.

Sejarah terus berlanjut, 2 bulan setelahnya BKR berganti nama menjadi TKR lalu pada tahun1946 TKR berganti nama kembali menjadi TRI Tentara Republik Indonesia.

Selang beberapa bulan kemudian yakni pada tanggal 9 April TRI resmi dihapuskan dan berubah lagi menjadi TNI Angkatan Udara.

Sehingga sampai saat ini disebut Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara dan disingkat dengan TNI (AU).

Itulah sejarah hari tentara nasional Indonesia angkatan udara (AU) sehingga di peringati pada tanggal 9 april pada setiap tahunnya.

Hari TNI Angkatan Udara
Hari TNI Angkatan Udara
Hari TNI Angkatan Udara Selalu diperingati setiap tanggal 9 April setiap tahunnya – Sejarah terciptanya TNI berawal pada tahun 1945 setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan yakni tanggal 23 Agus
Oleh Endik Eko

Fungsi dan Peranan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Bagi Negara.

Sudah bukan rahasia lagi setiap negara mempunyai tentara yang bertugas untuk menjaga keamanan dari ancaman luar.

Sama halnya dengan Indonesia yang  juga mempunyai tentara nasional yang bertugas mengamankan serta menjaga kedaulatan negara. 

Lalu tugas TNI apa saja sih? Apa cuma untuk berperang saja?  Mungkin pertanyaan tersebut kerap terlintas di pikiran kita.

Lihat juga: Sejarah Hari Hemophilia Sedunia 17 April

TNI tidak hanya bertugas dimedan perang, terdapat tugas –tugas lain di dalam negara yakni diantaranya adalah:

Mengatasi Gerakan Separatis Bersenjata

Tak hanya bertugas di medan perang, TNI juga berfungsi untuk mengamankan negara dari gerakan-gerakan dalam negara yang berpotensi membahayakan dan merugikan masyarakat seperti gerakan separatis bersenjata.

Mengatasi Aksi Terorisme

Indonesia adalah negara yang kerap kali mendapatkan serangan teror seperti 19 tahun lalu tapatnya pada tahun 2002 terjadi aksi terorisme yang menyebabkan banyak korban.

Mencegah dan mengatasi terorisme adalah salah satu dari tugas TNI.

Mengamankan Wilayah Perbatasan

Setiap negara pasti mempunyai perbatasan dengan negara tetangga dan biasanya di ujung wilayah tersebut ditempatkan personil tentara.

Bertujuan untuk menjaga keamanan agar tidak ada warga asing masuk ke wilayah Indonesia tanpa sepengetahuan pemerintah.

Membantu Kegiatan Kepolisian

Polri dan TNI adalah instansi yang berbeda,  Polisi lebih berfokus menjaga kemanan didalam negara, bisa di bilang mengatasi permasalahan yang statusnya tidak mengganggu kedaulatan negara.

Namun jangan menganggap TNI tidak bisa terlibat dalam hal tersebut, pasalnya sering kali kita temui TNI membantu pihak kepolisian dalam menertibkan suatu kegiatan seperti DEMO dan kegiatan membahayakan lainnya.

Menjadi warga negara yang baik tidak hanya mengikuti dan tunduk atas peraturan negara, namun belajar mengenai sejarah-sejarah juga penting untuk dipelajari dengan tujuan membangkitkan jiwa nasionalisme anak-anak mudah sekarang ini

FAQ

  1. Kapan Sejarah Hari TNI Angkatan Udara (AU) diperingati?

    Sejarah Hari TNI Angkatan Udara diperingati setiap tanggal 9 April setiap tahunnya.

  2. Bagaimana sejarah terbentuknya TNI Angkatan Udara?

    TNI Angkatan Udara terbentuk setelah Tentara Republik Indonesia (TRI) dihapuskan dan diubah menjadi TNI Angkatan Udara pada tanggal 9 April.

  3. Apa fungsi dan peran TNI Angkatan Udara bagi negara?

    TNI Angkatan Udara tidak hanya bertugas di medan perang, tetapi juga untuk mengatasi gerakan separatis bersenjata, aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, dan membantu kegiatan kepolisian.

  4. Mengapa penting untuk memahami sejarah-sejarah hari penting seperti Hari TNI Angkatan Udara?

    Memahami sejarah-sejarah hari penting seperti Hari TNI Angkatan Udara penting untuk menghormati anggota TNI yang berjasa menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI serta membangkitkan jiwa nasionalisme.

Tentang Sejarah Hari TNI Angkatan Udara (AU) 9 April

Nah itulah sedikit ulasan singkat mengenai Sejarah Hari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU).

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari TNI AU 9 April 2024

Dengan mengetahui sejarah-sejarah hari penting tersebut diharapkan kita dapat menghormati anggota TNI yang telah berjasa menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI tercinta.

Semoga informasi Sejarah Hari Tentara Nasional Angkatan Udara di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua agar pengetahuan kita terhadap ilmu sejarah menjadi lebih baik lagi. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari tni au 2024
  • hari bakti tni au tanggal berapa
  • hari ultah tni au
  • sejarah hari bakti tni au
  • berita tni au hari ini
  • sejarah hari tentara indonesia
  • sejarah juang hari tni ad
×

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari TNI Angkatan Udara
Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional