Sejarah Hari Kejaksaan Republik Indonesia 22 Juli

Sejarah Hari Kejaksaan Republik Indonesia 22 Juli

Sejarah 22 Juli Hari Kejaksaan Republik Indonesia 

Kejaksaan Republik Indonesia merayakan Hari Jadi atau Hari Ulang tahunnya setiap tanggal 22 Juli dalam setiap tahunnya. Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan berdirinya Kejaksaan menjadi Lembaga Mandiri pada tangga 22 Juli 1960 dengan SK Presiden Nomor 204/1960. 

Sebagian besar dari masyarakat umum tentu belum sepenuhnya mengetahui tentang sejarah Hari Kejaksaan Republik Indonesia ini. Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai sejarah Hari Kejaksaan RI ini, berikut sejarah 22 Juli, Hari Kejaksaan RI. 

Inilah Sejarah 22 Juli, Hari Kejaksaan Republik Indonesia Yang Sebaiknya Diketahui!

Hari Bhakti Adhiyaksa merupakan sebuah hari peringatan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia. Sejarah awal penetapan hari tersebut berawal dari zaman Kerajaan Majapahit. Pemerintahan Majapahit pada kala itu sudah memiliki sistem pangadilan dengan Dhyaksa yang bertugas untuk menangani berbagai masalah peradilan. Sebutan “Jaksa” yang selama ini kita kenal berawal dari bahasa sansekerta yaitu “Dhyaksa”. 

Pada zaman kependudukan Jepang, kejasakaan berperan sebagai satu-satunya lembaga penuntutan dengan dasar hukumnya yaitu Osamu Seirei Nomor 32/1942, Nomor 2/1994 dan Nomor 49/1944. Nah, barulah setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 munculah pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia yang tertuang dalam pasal II Aturan Peralihan Undang Undang Dasar 1945 yang diperjelas dengan PP Nomor 2 Tahun 1945. 

Pada saat itu, kejaksaan dibentuk dalam ruang lingkup Departemen Kehakiman. Jaksa Agung pertama di Indonesia yang terpilih yaitu Gatot Taroenamihardja. 


Lima belas tahun setelah pembentukannya, Kejaksaan menjadi Departemen yang terpisah atau mandiri melalui rapat kabinet pada tanggal 22 Juli 1960. Keputusan tersebut tertuang dalam SK Presiden Republik Indonesia 1 Agustus 1960 Nomor 204 Tahun 1960. 

Surat Keputusan Presiden RI tersebut lalu disahkan menjadi UU Nomor 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia. 

Pada masa orde baru, UU tentang kejaksaan berubah menjadi UU Nomor 5 Tahun 1991 yang kemudian diperbaharui pada era reformasi melalui UU Nomor 16 Tahun 2004 dimana kejaksaan disebut sebagai lembaga Pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan dan beberapa kewenangan lainnya. 

Setelahh era reformasi, Kejaksaan merupakan salah satu elemen sangat penting dalam penegakan hukum di Indonesia yang terus berupaya memperbaiki diri untuk menjadi lembaga yang mandiri dan bebas dari intervensi. 

Sementara itu, Kejaksaan juga berperan sebagai pengendali proses perkara atau yang dikenal dengan Dominus Litis. Dengan peran tersebut, Kejaksaan memiliki kedudukan yang sentral dalam penegakan hukum. 


Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 mengamanatkan pembentukkan pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang bertugas dan berwenang memeriksa serta memutus tindak pidana korupsi. Sementara itu, untuk penuntutannya diajukan oleh Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) yang terdiri dari ketua serta 4 wakil ketua yang masing-masing membawahi empat bidang. Keempat  bidang tersebut yaitu Pencegahan, Penindakan, Informasi dan Data, Pengawasan Internal serta Pengaduan Masyarakat. 

Bidang penindakan memiliki tugas untuk melakukan penyidikan serta penuntutan. Nah, tenaga penyidik tersebut diambil dari Kepolisian serta Kejaksaan Republik Indonesia. Sementara untuk penuntutan, tenaga diambil dari pejabat fungsional Kejaksaan. Hadirnya KPK ini tentu menandai adanya perubahaan fundamental dalam hukum acara pidana antara lain yaitu bidang penyidikan. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah dari Kejaksaan Republik Indonesia. Penetapan Hari Kejaksaan pada tanggal 22 Juli ini bertepatan dengan moment dimana kejaksaan menjadi Departemen yang terpisah. 

Mudah-mudahan dengan informasi Sejarah Hari Kejaksaan Republik Indonesia di atas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari kejaksaan 22 juli
  • hari jadi kejaksaan 2021
  • hari bakti kejaksaan
  • sejarah hari kejaksaan indonesia
  • tema peringatan hari kejaksaan 2021
  • hari lahir kejaksaan republik indonesia
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com