Sejarah Hari Anti Narkotika Internasional 26 Juni

Sejarah Hari Anti Narkoba Internasional 26 Juni

Inilah Sejarah 26 Juni, Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 

Seperti yang kita ketahui bahwa peredaran narkoba di dunia dari tahun ke tahun memang semakin memprihatikan. Sebagai bentuk keprihatinan terhadap hal ini maka setiap tanggal 26 Juni selalu diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Internasional (HANI)

Walaupun banyak yang memperingati hari tersebut, namun tidak sedikit orang yang belum tahu sejarah dibalik penetapan tanggal 26 juni, Hari Anti Narkoba Internasional ini. Bagaimana sejarahnya? Berikut penjelasannya!

Berikut Sejarah 26 Mei, Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 

Penetapan tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkoba Internasional atau disingkat HANI dicanangkan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada tanggal 26 Juni 1988. Tanggal dan bulan tersebut dipilih bersamaan dengan momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu pada tahun 1785-1851 di Humen, Guangdong, Tiongkok. 

Lin Zexu merupakan seorang pejabat yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari sebuah Dinasti Qing Manchu. Lin Zexu memang terkenal dengan perjuangannya dalam menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh para bangsa asing. 

Pada saat itu, Lin Zexu melihat negaranya memang semakin terpuruk karena harta dari negaranya tersebut terus mengalir ke negara lain yaitu Inggris, hanya untuk membeli obat terlarang serta ketergantungan akan opium. 


Melihat hal tersebut, Lin Zexu menilai bahwa kondisi tersebut merupakan kesalahan yang sangat besar. Karena hal tersebut maka dia bertekad untuk menumpas obat-obatan terlarang tersebut. Perjuangan yang dilakukannya ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena memicu perang candu antara China dengan Inggris. 

Setelah itu, Kaisar Daoguang kemudian memanggil Lin Zexu untuk membahas tentang penerapan larangan terhadap perdagangan opium. Di hadapan kaisar, Lin Zexu menegaskan bahwa opium harus dilarang konsumsinya karena akan menghabiskan kekayaan negara. 

Kegigihan Lin Zexu untuk melawan perdagangan narkoba tersebut membuatnya dianggap sebagai pahlawan untuk berbagai kalangan. Momen perjuangan link tersebut diperingati sebagai Hari Anti Madat di Taiwan. Selain itu, dari aksi heroiknya ini juga mengilhami PBB untuk mengesahkan HANI pada bulan juni. 

Nah semenjak saat itulah pada tanggal 26 Juni selalu diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Internasional bersamaan dengan opium hasil sitaan yang dimusnahkan di depan publik atas perintah Lin Zexu pada tahun 1839. 

Kondisi Pemberantasan Narkoba Di Indonesia 

Di Indonesia, pemberantasan narkoba terus menjadi perhatian Pemerintah. Data menyebutkan bahwa dalam setiap harinya terdapat 50 orang meninggal dunia akibat penyalahgunaan narkoba. Jika dikalkulasikan dalam setahun maka ada sekitar 18.000 jiwa meninggal dunia karena penggunaan narkoba. Angka tersebut juga belum termasuk 4,2 juta pengguna narkoba yang direhabilitasi serta 1,2 juta yang tidak bisa direhabilitasi. 

Nah itulah sejarah 26 Juni, Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). Hari Anti Narkoba Internasional ditetapkan untuk memperkuat aksi serta kerjasama secara global dalam melawan narkotika. Selain itu, peringatan ini juga  sebagai bentuk usaha negara untuk menyadarkan masyarakat akan bahayanya obat terlarang (narkoba). 

Setiap tahunnya peringatan Hari Anti Narkoba Internasional pada tanggal 26 Juni selalu diperingati degan tema yang berbeda. Walaupun perayaan tersebut selalu mengusung tema yang berbeda, namun tetap saja tujuan dari perayaan tersebut sama yaitu sebagai wujud aksi penolakan terhadap narkoba dan menyadarkan masyarakat akan bahayanya mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Jadi, pastikan hindarilah narkoba! Jangan sampai Anda terjerumus ke lubang hitam yang berbahaya. Say no to drugs! 

Itulah sedikit ulasan mengenai Sejarah Hari Anti Narkoba 26 Juni, semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan kita terhadap bahayanya obat-obatan terlarang. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari anti narkoba internasional
  • hari anti narkoba sedunia diperingati setiap tanggal 26 juni
  • tema hari narkoba sedunia 25 juni 2021
  • logo hari anti narkoba 2021
  • pidato dengan tema hari anti narkoba 2021
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com