5 Daftar Tari Jawa Beserta Sejarahnya


5 Daftar Tari Jawa Beserta Sejarahnya

5 Daftar Nama Tari di Jawa dan Daerah Asal Beserta Sejarahnya

“Tulislah daftar nama tari di jawa dan daerah asal beserta sejarahnya” soal ulangan yang dulu sering dijumpai saat masih duduk di bangku sekolah. 

Mungkin kala itu terbesit di otak kita “Ah ngapain ada soal kayak gini, gak penting amat”.

Baca Juga: 6 Upacara Keagamaan di Bali dan Penjelasannya

Memang, pengetahuan mengenai daftar nama tari di jawa tidak dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi sebagai warga negara yang baik dan peduli akan budaya.

Pengetahuan mengenai  hal tersebut baik untuk dipelajari guna meningkatkan rasa cinta akan budaya sendiri.

Pada zaman dahulu, seni tari merupakan salah satu hiburan yang populer di kalangan masyarakat. 

Oleh karena itu hampir di semua daerah mempunyai seni tari tersendiri dengan nama yang berbeda, misalnya Tandak Riau sebuah seni tari yang berasal dari daerah riau. 

Lihat juga: 5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

Begitu dengan jawa yang juga mempunyai beberapa tarian yang cukup menarik untuk dibahas. Penasaran, Yuk langsung saja kita bahas!

5 Daftar Nama Tari di Jawa dan Daerah Asal Beserta Sejarahnya

Berikut nama tari daerah jawa dan sejarahnya :

Tari Merak (Jawa Barat)
  • Daftar Nama Tari di Jawa Tari Merak (Jawa Barat)

Tari merak salah satu tarian tradisional yang pertama kali dipentaskan oleh seniman asal sunda yaitu Raden Tjetje Somantri. Tarian ini dalam gerakannya mengekspresikan seekor binatang yakni burung merak.

Lihat Juga: Sejarah Hari Tari Internasional 29 April

Yang lebih menariknya lagi dalam penampilan tari merak, para penari akan menggunakan kostum mirip seperti merak baik dari segi bentuk dan warnanya.

Tari Srimpi (Jawa Tengah)
  • Daftar Nama Tari di Jawa Tari Serimpi (Jawa Tengah)

Adalah tarian asal jawa tengah yang sudah ada sejak zaman dahulu, yakni pada masa kerajaan mataram serta pada masa itu tari serimpi mempunyai kedudukan penting di kerajaan.

Tari Serimpi termasuk salah satu tari jawa klasik, ciri khas dari tarian ini yakni diperankan oleh 4 penari yang mempertontonkan  gerakan dengan lemah gemulai sehingga menarik untuk dipandang. 

Selaras dengan gerakannya ternyata tarian ini juga menggambarkan sisi kehidupan masyarakat jawa yang dikenal lemah lembut, sopan dan menarik perhatian.

Lihat juga: Kalender Jawa Bulan Juni 2021

Tari Jaipong
  • Daftar Nama Tari di Jawa Tari Jaipong 

Kedengarannya sih mungkin sudah cukup familiar di kalangan masyarakat terutama warga jawa barat. 

“Bandung“ yups tepat sekali jaipong adalah tari tradisional yang berasal dari daerah bandung jawa barat.

Sejarah tari jaipong dimulai sejak tahun 1976 yang merupakan hasil dari kreatifitas seniman karawang yaitu H. Suanda. 

Pada masa itu tarian ini sangat populer dikalangan masyarakat, karena adanya hasil rekaman tarian jaipong yang diproduksi oleh SUANDA GROUP.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Tari Internasional 29 April

Jaipongan sendiri merupakan tarian yang gerakannya berasal dari gabungan beberapa seni daerah karawang sendiri yakni antara pencak silat, topeng banjet, wayang kulit dan seni lainnya.

Reog Ponorogo
  • Daftar Nama Tari di Jawa Reog Ponorogo

Daftar nama tari di jawa selanjutnya yaitu Reog Ponorogo salah satu tari nasional yang berasal dari kota ponorogo jawa timur. 

Penampilannya biasanya dilakukan di tempat terbuka dengan ciri khasnya penari utama menggunakan kepala singa dan di sisi lain juga terdapat bulu merak yang menambah keindahannya.

Lihat juga: Daftar Nama Tari Bali, Daerah Asal dan Sejarahnya

Menurut mitos yang tersebar, katanya sih tarian reog mengandung unsur magis karena menurut beberapa sumber tarian ini menggambarkan sejarah masa lalu yakni pemberontakan seseorang pangeran di masa kerajaan majapahit.

Tari Remo
  • Daftar Nama Tari di Jawa Tari Remo

Sebuah tarian adat yang berasal dari Ceweng desa yang berada di daerah jombang jawa timur. 

Ciri khas tarian ini biasanya si penari berpakaian layaknya pangeran. Pemilihan kostum sebenarnya tidaklah sembarangan, melainkan menggambarkan sejarah seorang pangeran yang berjuang di medan peperangan.

Diatas hanyalah sebagian dari daftar nama tari di daerah jawa yang sangat mengagumkan, selain yang sudah disebutkan di atas masih banyak tari lainnya yang mungkin lebih menarik. 

Nantinya artikel ini akan terus di update agar lebih lengkap lagi kedepannya.

Lihat Juga: Kalender Jawa Bulan April 2023

Mudah-mudahan informasi nama-nama tari di jawa beserta sejarahnya di atas dapat menambah wawasan sekaligus menjadi referensi untuk kita semua. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • tari jawa barat
  • tari jawa tengah
  • tari jawa timur
  • tari jawa tengah berpasangan
  • jenis-jenis tari jawa sebagai berikut

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional Hari Nelayan Nasional