Sejarah Hari Departemen Agama Indonesia 3 Januari

Sejarah Lahirnya Hari Departemen Agama Indonesia

Sejarah Lahirnya Hari Departemen Agama Indonesia 3 Januari

Sejarah Kementerian Agama - Di Indonesia, setiap tanggal 3 Januari selalu diperingati sebagai hari Departemen Agama Indonesia. Departemen Agama sendiri merupakan suatu lembaga yang berada dibawah pemerintah Indonesia dalam bidang urusan agama. Nama Depag ini kemudian berubah menjadi Kementerian Agama Indonesia atau Kemenag. Namun apakah anda tahu sejarah diperingatinya Hari Departemen Agama setiap tanggal 3 Januari ini? Jika tidak, yuk simak penjelasan singkat mengenai peringatan Hari Departemen Agama setiap tanggal 3 Januari ini.

Sejarah Lahirnya Hari Departemen Agama Indonesia

Pada Sidang BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, tanggal 11 JUli 1945. Mohammad Yamin mengusulkan pembentukan Kemenag atau Kementrian Agama Republik Indonesia. Namun usulan tersebut tidak disetujui oleh kebanyakan peserta forum. Namun walaupun begitu sejarah juga mencatat bahwa Departemen Agama atau Kemenag ini akhirnya bisa dibentuk dengan melewati perjuangan yang tidak mudah.

Lihat juga: Sejarah Ditetapkannya Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Saat itu Mohammad Yamin mengusulkan bahwa harus dibentuk departemen Istimewa terkait masalah agama di Indonesia. yaitu Departemen Islamiyah. Menurut Yamin, nantinya Departemen ini akan memberikan jaminan terhadap umat Islam yang menjadi mayoritas penduduk di Indonesia. Namun sayangnya dalam usulan tersebut, pembentukan Departemen Agama Islamiyah tidak mendapatkan respon positif yang cukup.

Berikutnya pada sidang PPKI tanggal 19 Agustus 1945, Yamin kembali mengungkapkan usulan tersebut di sidang pertama PPKI. Namun sayangnya saran yang dilontarkan oleh Yamin tersebut hanya disetujui oleh 6 orang saja dari total 27 anggota sidang. Anggota yang lain menolak. Hingga akhirnya rencana untuk pembentukan Kementerian Agama ini kembali harus gagal.

Hal ini karena sebagian peserta menganggap jika keberadaan Departemen Agama ini belum begitu penting. Sebab, masalah agama masih bisa ditangani oleh Departemen yang lainnya misalnya saja seperti Kementerian dalam Negeri.

Lihat juga: Pentingnya Berbicara di Depan Publik

Respon Orang-Orang Islam Di Indonesia

Karena ditolaknya proses pembentukan Kementerian Agama pada susunan Pemerintahan ini tentu saja sudah meningkatkan kekecewaan dari orang-orang Islam di Indonesia. Apalagi sebelumnya juga sempat terjadi polemik yang terjadi antara Orang Islam dengan kelompok lainnya pada perumusan dasar negara, yang sebelumnya bermula saat Piagam Jakarta.

Walaupun selalu mengalami penolakan, perjuangan untuk dibentuknya Kementerian Agama ini tidak pernah pudar. Akhir tahun 1945, pada sidang Pleno KNIP yang menjadi asal usul dewan parlemen atau DPR, banyak tokoh-tokoh Islam yang juga kembali menggaungkan masalah gagasan tadi.

Salah satu elemen yang paling gentar saat itu adalah Tokoh Islam dari Karesidenan Banyumas yang sebagian besar merupakan anggota Masyumi. Nah pada sidang ini banyak orang yang setuju dengan usulan tersebut, termasuk juga MOhammad Natsir serta beberapa tokoh Islam lainnya. Presiden Soekarno juga menyetujui usul ini dan kemudian memberi isyarat kepada Wakil Presiden yaitu Mohammad Hatta.

Lihat juga: Sejarah Hari Hijab Internasional 4 September

Akhirnya, Sidang KNIP ini selesai tanpa adanya pemungutan suara. Menyetujui serta menerima dibentuknya Kementerian Agama di Indonesia. Selanjutnya pemerintah langsung cepat mewujudkan lahirnya Kementerian Agama di tanggal 3 Januari 1946. Tujuan dari dibuatnya Kementerian Agama di Indonesia ini adalah untuk memberikan jaminan dan perlindungan terhadap pemeluk agama-agama di Indonesia. Jadi tidak hanya agama Islam saja yang diakui, namun agama lainnya juga mulai diakui di Indonesia.

Mulai sejak itu juga, setiap tanggal 3 Januari selalu diperingati sebagai Hari Departemen Agama Indonesia yang juga merupakan hari ulang tahun Departemen Agama. 

Semoga informasi dari Sejarah Lahirnya Hari Departemen Agama Indonesia di atas bisa menambah wawasan kita terhadap asal usul kalender dan hari-hari perayaannya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • departemen agama jakarta, bogor, depok, jakarta pusat, barat, timur
  • departemen agama ri al qur'an dan terjemahannya pdf
  • kementerian agama lapangan banteng
  • kementerian agama haji
  • kementerian agama bandung
  • kementerian agama thamrin

Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com