Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juni

Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juni

Hari Besar Nasional dan Internasional Juni

Daftar Hari Besar Bulan Juni yang kami sampaikan dalam artkel ini sudah dilakukan pengecekan untuk mendapatkan daftar yang valid. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai keakuratannya.

Jika saat ini Anda sedang mencari referensi atau informasi mengenai hari-hari besar di bulan Juni, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini kami akan menyampaikan daftar hari-hari besar atau hari penting di bulan Juni, baik hari besar Nasional Indonesia maupun hari besar Internasional.


Selain itu kami juga memberikan penjelasan singkat mengenai sejarah ditetapkannya hari besar tersebut, namun jika Anda ingin melihat lebih lengkap mengenai sejarah hari-hari penting ini Anda dapat mengklik tautan yang diberikan di setiap akhir penjelasan singkatnya.

Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Bulan Juni

Di bawah ini adalah daftar hari-hari besar dan hari penting bulan Juni.

Juni

1 Juni, Hari Lahirnya Pancasila

1 Juni, Hari Anak-anak Sedunia

1 Juni, Hari Susu Sedunia

3 Juni, Hari Pasar Modal Indonesia

4 Juni, Hari Anak Korban Perang

5 Juni, Hari Lingkungan Hidup Sedunia

8 Juni, Hari Laut Sedunia

14 Juni, Hari Donor Darah Sedunia

17 Juni, Hari Dermaga

17 Juni, Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

21 Juni, Hari Musik Dunia

21 Juni, Hari Krida Pertanian

22 Juni, Hari Ulang Tahun Kota Jakarta

23 Juni, Hari Konvensi Bonn

24 Juni, Hari Bidan Nasional

26 Juni, Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional

26 Juni, Hari Anti Narkoba Internasional

29 Juni, Hari Keluarga Nasional Juli

Hari Besar Juni – Bulan Juni merupakan bulan keenam dalam kalender tahunan masehi. Dimana kata Juni ini diambil dari bahasa Belanda dan juga bahasa Latin yaitu Dewi Juni yang menjadi istri dewa Jupiter.

Bulan Juni ini mempunyai 30 hari, namun dalam satu bulan tersebut terdapat beberapa hari-hari besar nasional yang selalu diperingati oleh pemerintah Indonesia.

Lihat Juga: Kalender Liturgi Bulan Juni 2022

Hari Besar Nasional Juni

1 Juni : Hari Lahirnya Pancasila

Setiap tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Dimana lahirnya pancasila ini merupakan judul pidato yang dibacakan oleh Soekarno pada sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI.

Di dalam pidato inilah konsep awal dan juga rumusan awal pancasila pertama kali diungkapkan oleh Soekarno yang menjadi dasar negara Indonesia.

3 Juni : Hari Pasar Modal Indonesia

Pada tanggal 3 Juni 1952 lalu, saat Indonesia masih berada dibawah pemerintahan Soekarno. Bursa Efek Indonesia mulai dibuka lagi untuk pertama kalinya setelah Indonesia merdeka.

Lihat Juga: Kalender Jawa Bulan Juni 2022

Karena itu, agar bisa mengingat hal tersebut setiap tanggal 3 Juni selalu dijadikan sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

5 Juni : Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Setiap tanggal 5 Juni, selalu diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dimana Hari Lingkungan Hidup Sedunia diadakan untuk meningkatkan rasa sadar global terhadap kebutuhan dan juga tindakan lingkungan yang positif untuk perlindungan planet Bumi dan juga alam. Selengkapnya

8 Juni : Hari Laut Sedunia

Setiap tanggal 8 Juni selalu diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Peringatan ini selalu diadakan sejak tahun 1992 dimana hari itu merupakan pengajuan pertama di sidang PBB yang dilakukan di Brazil.

Barulah sejak tahun 2008 lalu tanggal 8 Juni selalu diperingati sebagai Hari Laut Sedunia.

14 Juni : Hari Donor Darah

Hari Donor Darah selalu diperingati tanggal 14 Juni yang dirayakan oleh negara-negara di dunia. Peringatan ini bertujuan untuk rasa terimakasih terhadap para pendonor darah yang dengan sukarela mau menyumbangkan darahnya untuk bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Lihat juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juli

17 Juni : Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

Setiap tanggal 17 Juni selalu diperingati sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Dimana hal tersebut sudah ditetapkan oleh Majelis Umum PBB lewat sejak tahun 1994 lalu.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia ini bertujuan agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah dari degradasi lahan.

21 Juni : Hari Musik Dunia

Hari Musik Dunia atau World Music Day selalu dirayakan setiap tanggal 21 Juni setiap tahunnya. Hari Musik Dunia ini diadakan untuk menghormati para musisi di dunia entah itu musisi amatir atau profesional.

24 Juni : Hari Bidan Nasional

Setiap tanggal 24 Juni selalu diperingati sebagai Hari Bidan Nasional. Dimana hal ini berkaitan erat dengan awal pembentukan Konferensi Bidan pertama yang dilangsungkan di Jakarta tanggal 24 Juni tahun 1951 lalu.

Karena peristiwa tersebutlah hari bidan nasional selalu diperingati setiap tanggal 24 Juni.

26 Juni : Hari Anti Narkoba Internasional

Hari Anti Narkoba Internasional atau HANI selalu dilangsungkan pada tanggal 26 Juni dalam setiap tahunnya.

Adanya Hari Anti Narkoba ini tentu saja untuk mengingatkan setiap orang terutama kalangan remaja yang ingin mencoba-coba narkoba agar tidak pernah bersentuhan dengan barang haram tersebut.

Lihat Juga: Kalender Bulan Juni 2022 Lengkap

Semoga dengan Informasi Daftar Hari Besar atau Hari Penting Nasional dan Internasional Bulan Juni 2021 di atas dapat memberikan wawasan baru tentang sejarah-sejarah ditetapkannya hari penting baik Nasional maupun Internasional. Terimakasih

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari besar Juni
  • hari besar nasional bulan Juni
  • daftar hari besar Juni
  • hari besar di bulan Juni
  • hari penting di bulan Juni
  • peringatan hari penting di bulan Juni
  • hari besar 21 Juni
  • hari besar 7 Juni

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat & terpercaya. Suka menulis informasi Kalender, Sejarah dan hal-hal menarik. Informasi lebih lengkap tentang saya bisa cek disini

   
   
Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja Hari Anti Kekerasan Terhadap Wanita Hari Guru 25 November Hari Evolusi 24 November Hari Perhubungan Darat Hari Pohon Sedunia