Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juni


Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juni

Hari Besar Nasional dan Internasional Juni

Daftar Hari Besar Bulan Juni yang kami sampaikan dalam artikel ini sudah dilakukan pengecekan untuk mendapatkan daftar yang valid. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai keakuratannya.

Jika saat ini Anda sedang mencari referensi atau informasi mengenai hari-hari besar di bulan Juni, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini kami akan menyampaikan daftar hari-hari besar atau hari penting di bulan Juni, baik hari besar Nasional Indonesia maupun hari besar Internasional.

Lihat Juga: Link Download Kalender Bulan Juni 2023 Lengkap

Selain itu kami juga memberikan penjelasan singkat mengenai sejarah ditetapkannya hari besar tersebut.

Jika Anda ingin melihat lebih lengkap mengenai sejarah hari-hari penting ini Anda dapat mengklik tautan yang diberikan di setiap akhir penjelasan singkatnya.

Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Bulan Juni

Di bawah ini adalah daftar hari-hari besar dan hari penting bulan Juni.

Hari Besar Juni – Bulan Juni merupakan bulan keenam dalam kalender tahunan masehi. Dimana kata Juni ini diambil dari bahasa Belanda dan juga bahasa Latin yaitu Dewi Juni yang menjadi istri dewa Jupiter.

Bulan Juni ini mempunyai 30 hari, namun dalam satu bulan tersebut terdapat beberapa hari-hari besar nasional yang selalu diperingati oleh pemerintah Indonesia.

Lihat Juga: Kalender Liturgi Bulan Juni 2022

Detail Singkat Hari Besar Nasional Juni

Dibawah ini adalah sejarah singkat dari hari-hari besar bulan Juni, silahkan klik link dari setiap hari penting di bawah untuk melihat sejarahnya yang lebih lengkap.

1 Juni : Hari Lahirnya Pancasila

Setiap tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Dimana lahirnya pancasila ini merupakan judul pidato yang dibacakan oleh Soekarno pada sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI.

Di dalam pidato inilah konsep awal dan juga rumusan awal pancasila pertama kali diungkapkan oleh Soekarno yang menjadi dasar negara Indonesia.

3 Juni : Hari Pasar Modal Indonesia

Pada tanggal 3 Juni 1952 lalu, saat Indonesia masih berada dibawah pemerintahan Soekarno. Bursa Efek Indonesia mulai dibuka lagi untuk pertama kalinya setelah Indonesia merdeka.

Lihat Juga: Kalender Jawa Bulan Juni 2022

Karena itu, agar bisa mengingat hal tersebut setiap tanggal 3 Juni selalu dijadikan sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

5 Juni : Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Setiap tanggal 5 Juni, selalu diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diadakan untuk meningkatkan rasa sadar global terhadap kebutuhan dan juga tindakan lingkungan yang positif untuk perlindungan planet Bumi dan juga alam. Selengkapnya

8 Juni : Hari Laut Sedunia

Setiap tanggal 8 Juni selalu diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Peringatan ini selalu diadakan sejak tahun 1992 dimana hari itu merupakan pengajuan pertama di sidang PBB yang dilakukan di Brazil.

Barulah sejak tahun 2008 lalu tanggal 8 Juni selalu diperingati sebagai Hari Laut Sedunia.

14 Juni : Hari Donor Darah

Hari Donor Darah selalu diperingati tanggal 14 Juni yang dirayakan oleh negara-negara di dunia. Peringatan ini bertujuan untuk rasa terimakasih terhadap para pendonor darah yang dengan sukarela mau menyumbangkan darahnya untuk bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Lihat juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Juli

17 Juni : Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

Setiap tanggal 17 Juni selalu diperingati sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Dimana hal tersebut sudah ditetapkan oleh Majelis Umum PBB lewat sejak tahun 1994 lalu.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia ini bertujuan agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah dari degradasi lahan.

21 Juni : Hari Musik Dunia

Hari Musik Dunia atau World Music Day selalu dirayakan setiap tanggal 21 Juni setiap tahunnya. Hari Musik Dunia ini diadakan untuk menghormati para musisi di dunia entah itu musisi amatir atau profesional.

24 Juni : Hari Bidan Nasional

Setiap tanggal 24 Juni selalu diperingati sebagai Hari Bidan Nasional. Dimana hal ini berkaitan erat dengan awal pembentukan Konferensi Bidan pertama yang dilangsungkan di Jakarta tanggal 24 Juni tahun 1951 lalu.

Karena peristiwa tersebutlah hari bidan nasional selalu diperingati setiap tanggal 24 Juni.

26 Juni : Hari Anti Narkoba Internasional

Hari Anti Narkoba Internasional atau HANI selalu dilangsungkan pada tanggal 26 Juni dalam setiap tahunnya.

Adanya Hari Anti Narkoba ini tentu saja untuk mengingatkan setiap orang terutama kalangan remaja yang ingin mencoba-coba narkoba agar tidak pernah bersentuhan dengan barang haram tersebut.

Lihat Juga: Kalender Bulan Juni 2022 Lengkap

Tentang Informasi Hari Penting Bulan Juni

Diatas adalah informasi hari penting bulan Juni lengkap dengan penjelasan singkatnya.

Mudah-mudahan dengan Informasi Daftar Hari Besar atau Hari Penting Nasional Bulan Juni di atas dapat memberikan wawasan untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari besar Juni
  • hari besar nasional bulan Juni
  • daftar hari besar Juni
  • hari besar di bulan Juni
  • hari penting di bulan Juni
  • peringatan hari penting di bulan Juni
  • hari besar 21 Juni
  • hari besar 7 Juni

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni