Sejarah Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret


Sejarah Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret, Yang Wajib Diketahui!

Tahukah anda? Sudah sejak dulu terdapat hari-hari penting yang diperingati oleh seluruh negara di dunia.

Peringatan hari tersebut tentu saja bukan hanya mengenai sejarah yang berhubungan dengan masing-masing negara saja, melainkan juga hari penting untuk alam dan lingkungan.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret 2024

Misalnya saja seperti adanya Hari Meteorologi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 23 Maret setiap tahunnya.

Lalu, bagaimana sebenarnya awal mulai hari penting tanggal 23 Maret, Hari Meteorologi Sedunia ini? Simak berikut ulasannya!

Sejarah Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret

Hari Meteorologi Sedunia jatuh pada tanggal 23 Maret setiap tahunnya. Pada tanggal yang sama yaitu di tahun 1950, World Meteorological Organization (WMO) dibentuk.

Organisasi tersebut merupakan sebuah badan spesialisasi di bidang meteorologi, hidrologi, operasional dan geofisika di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun jauh sebelum lahirnya organisasi tersebut, telah terjadi penandatanganan Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh Perwakilan dari tujuh belas negara di Wina, Austria ketika Kongres Meteorologi Internasional pertama.

Konvensi Meter tersebut merupakan kerangka kerja untuk kolaborasi global dalam ilmu pengukuran serta aplikasi industri, komersial serta masyarakat dengan tujuan keseragaman pengukuran di seluruh dunia.

Tak hanya itu, Kongres ini juga bertujuan untuk membangun jaringan meteorologi yang dihubungkan dengan telegraf untuk peningkatan prakiraan cuaca.

Lihat Juga: Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret

Meteorologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan fenomena atmosfer serta prosesnya. Hal ini berkaitan dengan bumi serta gejala-gejalanya yang salah satu pengaplikasian ilmunya yaitu perkiraan cuaca.

Tujuan dari adanya peringatan Hari Meteorologi Sedunia yaitu untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat dunia untuk lebih menghemat energy alam misalnya seperti menghemat listrik, penggunaan air, minyak bumi dan lainnya.

Melansir dari beberapa sumber terpercaya, terdapat sekitar 70% permukaan bumi dan laut merupakan pergerakan utama cuaca serta iklim dunia.

Laut menjadi salah satu pergerakan utama ekonomi global yang membawa lebih dari 90% perdagangan dunia serta menopang 40% umat manusia dalam jarak ratusan kilometer dari pantai.

Melihat hal tersebut, Badan Meteorologi dan Hidrologi Nasional serta para peneliti secara teratur memantau lautan dan bagaimana perubahannya terutama mendukung pengelolaan pesisir dan keselamatan seluruh biota laut.

Lihat Juga: Sejarah Hari Penyelamatan Lingkungan dan Konflik Bersenjata

Setiap tahunnya, peringatan Hari Meteorologi Sedunia diperingati dengan tema yang berbeda-beda.

Beberapa kampanye juga dilakukan sebagai salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat dunia tentang pentingnya menghemat energi untuk kehidupan di masa kini dan masa depan.

Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai sejarah Hari Meteorologi Sedunia ini. Namun walaupun demikian tentu saja jelas bahwa peringatan ini menjadi bagian penting yang harus selalu menjadi perhatian masyarakat dunia khususnya instansi yang terkait.

Hari Meteorologi Sedunia
Hari Meteorologi Sedunia
Hari Meteorologi Sedunia Selalu diperingati setiap tanggal 23 maret setiap tahunnya – Hari Meteorologi Sedunia jatuh pada tanggal 23 Maret setiap tahunnya. Pada tanggal yang sama yaitu di tahun 1950,
Oleh Endik Eko

FAQ Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret

  1. Kapan Hari Meteorologi Sedunia diperingati?

    Hari Meteorologi Sedunia diperingati setiap tanggal 23 Maret setiap tahunnya.

  2. Apa yang terjadi pada tanggal 23 Maret terkait Meteorologi?

    Pada tanggal 23 Maret, Organisasi Meteorologi Sedunia (WMO) dibentuk.

  3. Apa tujuan dari peringatan Hari Meteorologi Sedunia?

    Tujuan peringatan Hari Meteorologi Sedunia adalah untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat dunia untuk lebih menghemat alam, seperti energi, air, dan lainnya.

  4. Apa kaitan antara meteorologi dengan lingkungan hidup?

    Meteorologi berkaitan dengan fenomena atmosfer dan prosesnya serta berperan dalam perkiraan cuaca, dengan tujuan untuk mendukung pengelolaan pesisir dan keselamatan biota laut.

  5. Apakah informasi sejarah Hari Meteorologi Sedunia tersedia secara luas?

    Meskipun tidak banyak informasi yang tersedia, peringatan Hari Meteorologi Sedunia tetap menjadi bagian penting yang harus mendapat perhatian.

  6. Mengapa penting untuk memahami sejarah dan konsep meteorologi?

    Memahami sejarah dan konsep meteorologi penting untuk meningkatkan pemahaman mengenai fenomena alam dan lingkungan.

  7. Apakah peringatan Hari Meteorologi Sedunia memiliki tema yang berbeda setiap tahun?

    Ya, peringatan Hari Meteorologi Sedunia memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya.

  8. Apa yang dapat dilakukan sebagai cara memperingati Hari Meteorologi Sedunia?

    Beberapa kampanye dilakukan sebagai cara untuk menyadarkan masyarakat dunia tentang pentingnya menghemat energi untuk kehidupan masa kini dan masa depan.

Tentang Sejarah Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret

Itulah sekilas tentang sejarah 23 Maret, Hari Meteorologi Sedunia yang sebaiknya anda ketahui.

Walaupun bukan merupakan hari libur Nasional namun peringatan ini sangatlah penting mengingat hal tersebut sangatlah berkaitan dengan kehidupan.

Lihat Juga: Sejarah Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni

Dengan mengetahui sejarah di atas maka sedikit banyaknya anda sudah tahu bagaimana sejarah dan apa itu meteorologi.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari meteorologi sedunia 2021-2024
  • tema peringatan hari meteorologi sedunia 2024
  • pertubuhan meteorologi sedunia
  • selamat hari meteorologi sedunia
  • quotes ucapan hari meteorologi sedunia 2024
  • cara memperingati hari meteorologi sedunia 2024

Tinggalkan komentar


Hari Meteorologi Sedunia