Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret Yang Perlu Kamu Tahu


Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret dan Makna Peringatannya!

Sehari setelah peringatan Hari Hutan Sedunia, dunia kembali memperingati Hari Air Sedunia.

Tujuan dari peringatan ini juga tentu saja sangat jelas yaitu untuk menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya air untuk kehidupan.

Baca Juga: 70 Ucapan Selamat Hari Air Sedunia 22 Maret 2024

Tak hanya itu saja, peringatan penting ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemerintah tentang permasalahan krisis air yang harus segera menemukan solusi.

Lalu, bagaimana sejarah 22 Maret, Hari Air Sedunia? Berikut ulasannya!

Berikut Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret Yang Penting Diketahui!

Cikal bakal dari penetapan peringatan Hari Air Sedunia ini yaitu pada tahun 1992 yang bertepatan dengan tahun dimana diadakannya Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan yang berlangsung di Rio De Janeiro.

Di tahun yang sama juga, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi sebuah resolusi yang menyatakan bahwa tanggal 22 Maret sebagai Hari Air Sedunia.

Setelah resolusi tersebut, pada tahun 1993 Hari Air Sedunia pertama kali diperingati. Penetapan Hari Air Sedunia ini tentu saja bukanlah tanpa alasan.

Lihat Juga: Sejarah Hari Hutan Sedunia 21 Maret

Seperti yang kita ketahui bahwa sekitar 2,2 miliar manusia di dunia ini membutuhkan akses terhadap air bersih yang cukup.

Namun sayang, dari masa ke masa air semakin berada di bawah ancaman ekstrim.

Beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu karena adanya pertumbuhan populasi, memburuknya perubahan iklim dan meningkatnya permintaan air dari pertanian dan industri.

Kepedulian terhadap permasalahan air diharapkan terus berkembang dengan adanya peringatan ini.

Tak hanya itu saja, Perserikatan Bangsa-Bangsa juga sangat percaya bahwa air serta sanitasi merupakan kunci untuk pengentasan kemiskinan, kelestarian lingkungan, serta pertumbuhan ekonomi.

Hari Air Sedunia
Hari Air Sedunia
Hari Air Sedunia Selalu diperingati setiap tanggal 22 maret setiap tahunnya – Cikal bakal dari penetapan peringatan Hari Air Sedunia ini yaitu pada tahun 1992 yang bertepatan dengan tahun dimana diada
Oleh Endik Eko

Tema Hari Air Sedunia Tahun 2024

Tema Hari Air Sedunia pada tahun 2024 adalah tentang pentingnya arti air bagi manusia, nilai sebenarnya serta bagaimana kita bisa melindungi sumber daya vital ini dengan lebih baik.

Lihat Juga: Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia 2 Februari

Tentu lebih dari sekedar harganya saja, air juga memiliki nilai yang sangat besar dan kompleks entah itu untuk rumah tangga, kesehatan, ekonomi, pendidikan dan keutuhan alam.

Jika nilai-nilai tersebut diabaikan, maka akan beresiko terjadi kesalahan dalam mengelola sumber daya yang terbatas.

Berdasarkan sumber terpercaya, kini terdapat 1 dari 3 orang yang hidup tanpa bisa memenuhi pasokan air minum dengan baik.

Diperkirakan pada tahun 2050, kemungkinan akan ada 5,7 miliar orang yang tinggal di daerah kekurangan air, sedikitnya selama kurang lebih satu bulan atau lamanya selama satu tahun.

Cuaca yang ekstrim telah menyebabkan lebih dari 90% bencana besar. Tak hanya itu saja, diperkirakan juga pada tahun 2040 permintaan energi global diproyeksikan akan meningkat lebih dari 25% serta permintaan air juga diperkirakan akan meningkat sebesar 50%.

Lihat Juga: Sejarah Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia 17 Juni

Menjaga pasokan air bersih tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Maka dengan adanya Hari Air Sedunia ini diharapkan bisa membuat semua orang lebih sadar lagi akan pentingnya air untuk kehidupan.

Bahkan tak hanya untuk manusia saja, seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini membutuhkan air.

FAQ Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret

  1. Kapan Hari Hutan Sedunia ditetapkan?

    Hari Hutan Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam resolusi PBB 67/200 pada tanggal 21 Desember 2012.

  2. Apa tujuan dari Hari Hutan Sedunia?

    Hari Hutan Sedunia ditetapkan untuk menyadarkan seluruh masyarakat dunia akan pentingnya menjaga kelestarian hutan untuk keberlangsungan seluruh makhluk hidup di bumi.

  3. Apa latar belakang diadakannya Hari Hutan Sedunia?

    Latar belakang diadakannya Hari Hutan Sedunia adalah karena setiap tahunnya lebih dari 13 juta hektar wilayah hutan hilang, serta hutan memiliki peran penting dalam perubahan iklim.

  4. Organisasi apa yang pertama kali mengusulkan Hari Hutan Sedunia?

    Organisasi yang pertama kali mengusulkan diadakannya Hari Hutan Sedunia adalah Organisasi Pangan dan Pertanian.

  5. Bagaimana kegiatan untuk memperingati Hari Hutan Sedunia dilakukan di Indonesia?

    Banyak aktivis lingkungan di Indonesia merayakan Hari Hutan Sedunia dengan melakukan kampanye tentang pentingnya penanaman pohon, hingga melakukan donasi dan penanaman pohon.

  6. Mengapa Hari Hutan Sedunia penting?

    Hari Hutan Sedunia penting karena hutan memiliki peran vital dalam kehidupan makhluk hidup, seperti menyediakan tempat berlindung, menyumbang oksigen, menjaga keseimbangan iklim, dan menyediakan sumber obat-obatan alami tanpa efek samping.

  7. Berapa perayaan Hari Hutan Sedunia yang telah diselenggarakan sebelum diresmikan?

    Sebelum diresmikan, beberapa perayaan Hari Hutan Sedunia telah diselenggarakan di negara seperti Bali, Poznan, Copenhagen, Cancun, dan Doha.

  8. Apa harapan dari peringatan Hari Hutan Sedunia?

    Dengan adanya Hari Hutan Sedunia, diharapkan masyarakat dunia semakin sadar akan pentingnya hutan untuk kehidupan setiap makhluk di bumi.

  9. Apa makna peringatan Hari Hutan Sedunia?

    Peringatan Hari Hutan Sedunia bertujuan untuk saling berbagi visi dan misi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hutan dan pohon, serta strategi yang harus dilakukan untuk menjaga kelestariannya.

  10. Apakah ada tema berbeda setiap tahun dalam perayaan Hari Hutan Sedunia?

    Ya, perayaan Hari Hutan Sedunia diadakan dengan tema yang berbeda setiap tahun di seluruh negara.

Tentang Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret

Itulah sekilas tentang sejarah 22 Maret, Hari Air Sedunia yang penting untuk anda ketahui. Melalui momen ini diharapkan seluruh masyarakat dunia lebih tahu lagi dan sadar betapa pentingnya peran air untuk kehidupan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Air Sedunia, salah satu yang paling bermanfaat yaitu menanam pohon dan menjaga kelestarian hutan.

Kegiatan ini menjadi sangat penting dan berguna untuk tetap menjaga pasokan air bersih.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Krida Pertanian 21 Juni

Mudah-mudahan informasi diatas tentang Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari air sedunia diperingati setiap tanggal 22 maret
  • hari air sedunia 2024
  • hari air sedunia 2024
  • sejarah hari air sedunia
  • contoh peringatan hari air sedunia dari berbagai negara
  • tema hari air sedunia 2024
  • quotes ucapan selamat hari air sedunia

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Air Sedunia
Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional