Doa Akhir Tahun Kristen Protestan Penuh Harapan: Doa Kristen Menyambut Tahun Baru


Doa Akhir Tahun Kristen Protestan adalah waktu yang berharga bagi umat Kristen untuk merenungkan perjalanan iman mereka sepanjang tahun dan mempersembahkan syukur serta permohonan kepada Tuhan. 

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk melihat kembali perjalanan rohani kita, menghargai berkat-berkat yang telah kita terima, dan memohon kekuatan serta bimbinganNya untuk masa depan. 

Melalui doa akhir tahun, umat Kristiani Protestan dapat menyatukan hati dan pikiran dalam menyampaikan kebutuhan, keinginan, dan harapan mereka kepada Tuhan.

Baca Juga: Doa Katolik Menyambut Tahun Baru: Memohon Berkat dan Petunjuk

Melalui doa ini, kita mengakui ketergantungan kita pada Allah, mengakui kesalahan dan dosa kita, dan memohon pengampunan serta pemulihan-Nya. 

Doa akhir tahun juga menjadi momen untuk merayakan keberhasilan dan pertumbuhan rohani yang telah kita alami, serta memohon kekuatan dan keberkahan Tuhan dalam perjalanan iman kita yang terus berlanjut.

Doa Akhir Tahun Kristen Protestan Penuh Harapan: Doa Kristen Menyambut Tahun Baru

Contoh Doa Kristen Tahun Baru dan Harapan

Dibawah ini adalah contoh doa kristen untuk tahun baru dan harapan umat kristiani yang biasa digunakan:

Tuhan, terima kasih telah membantu kami melewati tahun yang sulit ini. Terimakasih karena Engkau telah membawa kami melewati ketidakpastian perairan yang dalam, melalui api pencobaan, dan melalui rasa sakit karena kehilangan yang berat.

Kami terus-menerus menyadari betapa kami membutuhkan rahmatMu, kekuatanMu dan kekuatanMu bekerja bahkan melalui hari-hari terberat. Bantu kami untuk tetap fokus padaMu, pada tahun baru ini.

Mohon maafkan kami karena telah memberikan terlalu banyak waktu dan perhatian pada hal lain, karena memandang orang lain sebelum datang kepadaMu terlebih dahulu.

Bantu kami untuk merenungkan kembali, tentang apa sebenarnya Natal itu. Terima kasih karena Yesus datang untuk memberikan kehidupan baru, kedamaian, harapan, dan kegembiraan. Terima kasih bahwa kekuatanMu menjadi sempurna dalam kelemahan kami.

Bantulah kami untuk mengingat bahwa anugerah Kristus, adalah harta terbesar kami, tidak hanya saat Natal, tetapi untuk sepanjang tahun.

Penuhi kami dengan kegembiraan dan kedamaian Jiwa Anda. Arahkan hati dan pikiran kami ke arahMu.

Terima kasih ya Yesus atas pengingatMu bahwa di musim perayaan dan musim kehancuran, Engkau masih bersama kami. Karena Engkau tidak pernah meninggalkan kami.

Terima kasih atas kehadiranMu dalam hidup kami, bahwa kami yakin hatiMu tertuju pada kami, mataMu tertuju pada kami, dan telingaMu terbuka untuk doa-doa kami. Terima kasih karena Engkau mengelilingi kami dengan bantuan seperti perisai, dan kami aman dalam perawatanMu.

Kami memilih untuk terus dekat denganMu hari ini, dan menjadikanMu sebagai yang utama dalam hati dan kehidupan kami. TanpaMu kami pasti akan gagal, tapi bersamamu ada harapan besar.

Terima kasih atas kekuatan penyembuhan Anda, terima kasih telah membawa kami ke musim baru ini di masa depan.

Kami menantikan semua yang masih Anda miliki. Dalam nama Yesus, Amin.

Bacaan Doa Ayat Alkitab Agama Kristen Tentang Pembaruan dan Harapan

Doa ucapan syukur dibawah ini menjadi doa dan harapan untuk tahun yang akan datang:

“Dan dia yang duduk di atas takhta berkata,” Lihatlah, saya membuat semua hal baru. “Juga dia berkata,” Tuliskan ini, karena kata-kata ini dapat dipercaya dan benar. ” Wahyu 21: 5

“Kasih setia Tuhan tidak pernah berhenti, belas kasihan-Nya tidak pernah berakhir; itu baru setiap pagi; besar kesetiaanmu.” Ratapan 3: 22-23

“Ingatlah bukan hal-hal yang lama, atau pertimbangkan hal-hal yang lama. Lihatlah, saya melakukan hal yang baru; sekarang hal itu muncul, apakah Anda tidak menyadarinya? Saya akan membuka jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang pasir.” Yesaya 43: 18-19

“Karena itu, siapa pun yang ada di dalam Kristus, dia adalah ciptaan baru. Yang lama telah berlalu; lihat, yang baru telah datang.” 2 Korintus 5:17

Baca Juga: Doa Masa Advent: Merayakan Pengharapan dan Persiapan dalam Tungguan

Bacaan Doa Berkat di Tahun Baru Untuk Agama Kristen

Berikut adalah doa penutup ibadah kristen yang biasa dilafalkan oleh umat katolik dan kristen:

Ya Yesus, terima kasih atas cinta dan berkatMu yang besar atas hidup kami. Terima kasih bahwa bantuanMu tidak ada habisnya, tetapi itu berlangsung seumur hidup kita.

Maafkan kami karena terkadang lupa bahwa Engkau sangat mengenal semua cara kami, bahwa Engkau tahu apa yang menjadi perhatian kami, dan Engkau melindungi dan menutupi kami seperti perisai.

Kami mohon agar kami berjalan dalam berkat dan kebaikan Anda hari ini. Bahwa wajahMu akan bersinar pada kami.

Bahwa Engkau akan membuka pintu yang benar untuk hidup kami dan untuk orang yang kami cintai, bahwa Engkau akan menutup pintu yang salah dan melindungi kami dari mereka yang perlu kami tinggalkan.

Tetapkan pekerjaan tangan kami dan wujudkan semua yang telah Engkau berikan untuk kami lakukan di hari-hari mendatang ini. Kami berdoa dan memohon agar Engkau membuat jalan kami terarah dan langkah kami teguh karena kebaikan dan cinta Anda.

Beri kami hati yang bijaksana untuk mendengar suaraMu, dan buat kami kuat dengan bantuan dan kasih karunia Anda yang besar. Dalam nama Yesus, Amin.

Kumpulan Doa Penguat Iman Tahun Baru Kristen Protestan

Berikut adalah doa penutup ibadah sebagai doa dan harapan yang biasa dilafalkan oleh umat kristen di Indonesia:

Tuhan, meskipun saya terbangun dengan masalah yang sama dengan yang saya alami kemarin, saya tahu ada kekuatan besar dalam pilihan saya. Jadi hari ini, ya Tuhan, sekali lagi, saya memilih untuk mendengarkan suaraMu di atas segalanya.

Maafkan saya karena tidak cukup mempercayai-Mu. Maafkan saya karena memutar roda saya dan mencoba mengerjakan semuanya sendiri. Bantu saya untuk benar-benar melepaskan apa yang Engkau minta untuk saya berikan kepadaMu dan untuk percaya bahwa Engkau sedang bekerja dengan cara yang tidak dapat saya lihat sepenuhnya. Bantu saya dalam ketidakpercayaanku. Amin.

Doa Tahun Baru Kebijaksanaan Kristen Singkat

Doa penutup ibadah berikut dapat anda jadikan sebagai doa ucapan syukur atau doa kristen menyambut tahun baru:

Tuhan, berikan aku hikmat dari kebenaranMu, penuhi aku dengan keinginan untuk setia mengikutiMu, lebih dari apapun.

Terima kasih karena Engkau jauh lebih besar dari apapun yang mungkin saya hadapi hari ini. Terima kasih bahwa kehadiranMu menyertai saya, dan kegembiraanMu tidak pernah bergantung pada keadaan, tetapi itu adalah kekuatan saya yang sejati dan abadi.

Saya meminta kedamaianMu untuk menuntun saya dan untuk rahmat dan kebaikanMu untuk menutupi hidup saya hari ini. Biarlah Roh dan kekuatanmu menghirup saya dan melalui saya lagi, segar dan baru. Amin.

Doa Tahun Baru Cinta dan Kasih Sayang

Ya Tuhan, terima kasih karena Engkau Tuhan Yesus yang pengasih dan pemurah. Terima kasih karena Engkau telah menawarkan kami pengampunan dan anugerah hidup baru dalam diriMu.

Terima kasih bahwa cintaMu sempurna, tidak pernah gagal, dan tidak ada yang dapat memisahkan kami dari cintaMu.

Kami berdoa agar hidup kami dipenuhi dan dipenuhi dengan kekuatan cinta dan kasih sayangMu, sehingga kami dapat membuat perbedaan di dunia ini dan memberikan kehormatan bagiMu

Kami meminta bantuanMu untuk mengingatkan kami bahwa hal yang paling penting bukanlah apa yang kami lakukan secara lahiriah, ini tidak didasarkan pada bakat atau hadiah apa pun, tetapi hal terpenting yang dapat kami lakukan dalam hidup ini adalah hanya untuk mencintaiMu.

Bantu kami untuk mencintai seperti yang Engkau cintai. Penuhi (saya, kami, keluarga, teman) dengan jiwaMu sehingga kami dapat memilih yang terbaik.

Kami juga tahu, bahwa meskipun kami lemah, Engkau dapat menguatkan di dalam diri kami. Terima kasih ya Yesus, Engkau telah melengkapi kami untuk menghadapi setiap hari dengan kekuatan cinta, pengampunan, dan rahmatMu.

Kami mengasihiMu, ya Yesus, dan kami membutuhkanMu hari ini, dan setiap hari. Dalam Nama Yesus, Amin.

Bacaan Doa Penutup Ibadah: Keselamatan Tahun Baru

Doa Kristen menyambut tahun baru dibawah dapat anda jadikan sebagai ungkapan syukur:

Semoga Tuhan membuat Tahun Baru saya bahagia…

Bukan dengan melindungi saya dari kesedihan dan rasa sakit, tetapi dengan memperkuat saya untuk menanggungnya jika itu datang.

Bukan dengan membuat jalan saya mudah, tetapi dengan membuat saya cukup kokoh untuk menapaki jalan mana pun.

Bukan dengan mengambil kesulitan dariku, tetapi dengan mengambil semua kepengecutan dan ketakutan dari hatiku saat aku menghadapi kesulitan.

Bukan dengan memberiku sinar matahari tak terputus, tapi dengan menjaga wajahku tetap cerah bahkan dalam bayang-bayang.

Bukan dengan membuat hidup saya selalu menyenangkan, tetapi dengan menunjukkan di mana manusia dan tujuan-Nya paling membutuhkan saya dan dengan membuat saya bersemangat untuk berada di sana dan untuk membantu… Tuhan, buat tahun saya bahagia. Amin.

Baca Juga: 100 Template Ucapan Tahun Baru Imlek 2024 Lengkap

Daftar Doa Penutup Akhir Tahun Kristen Protestan

Kumpulan Doa Penutup Ibadah Kristen – Dibawah ini adalah daftar contoh doa akhir tahun umat kristiani protestan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia:

Contoh Teks Doa Penutup Ibadah 1

Bapa, kami memperoleh kebahagiaan di tempat ini. Biarlah segala kemuliaan dan kehormatan kembali kepada-Mu, ya Allah Bapa, karena Engkau telah bersama kami sejak awal.

Kami meminta Engkau untuk mengisi hati kami dengan kedamaian. Bantu kami untuk berjalan dalam damai dengan berfokus pada-Mu. Terimakasih atas cinta dan pengampunan-Mu.

Penuh Makna Doa Penutup Ibadah 2

Semoga Tuhan damai sejahtera, Gembala Agung yaitu Yesus, Tuhan kita kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya.

Contoh Doa Penutup Ibadah 3

Kiranya Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau, Tuhan menyinari engkau dengan wajahNya dan memberi engkau kasih karunia. Tuhan menghadapkan wajahNya kepadamu dan memberikan damai sejahtera.

Contoh Kristen Doa Penutup Ibadah 4

Tuhan, Engkau melihat kami berkumpul di tempat ini dan menyembah-Mu. Bukan karena kami adalah orang-orang yang sempurna, tetapi karena Engkau adalah Tuhan yang luar biasa yang layak kami sembah.

Terimakasih telah menjadikan kami layak untuk berdiri di hadapan-Mu dan menyembah-Mu. Tuhan, saat kami menutup pertemuan ini, semoga ibadah kami diterima di hadapan-Mu hari ini.

Semoga kami dapat melanjutkan firman-Mu dan menggunakannya untuk kemuliaan nama suci-Mu.

Berikut Contoh Doa Penutup Ibadah 5

Ya Tuhan, tolonglah kami untuk tetap setia kepada-Mu dalam segala hal yang kami lakukan. Kami berdoa agar semua yang kami lakukan di tempat ini dapat memuliakan nama-Mu.

Jika ada sesuatu yang kami lakukan karena kepentingan kami sendiri, kami mohon ampun. Semoga kami melakukan apa-apa yang telah diajarkan kepada kami dan menjalani hidup sesuai dengan yang tertulis dalam kitab suci. Dalam nama Yesus, kami percaya dan berdoa, amin.

Manfaat dari Doa Akhir Tahun Kristen Protestan

  1. Refleksi dan Pertumbuhan Rohani: Doa akhir tahun Kristen Protestan memberikan kesempatan bagi umat Kristen untuk merenungkan perjalanan rohani mereka sepanjang tahun dan mengukur pertumbuhan mereka dalam iman. Melalui doa ini, kita dapat mengenali dan menghargai perubahan yang telah terjadi, mengidentifikasi area di mana kita dapat tumbuh lebih baik, serta mohon bimbingan Roh Kudus untuk terus tumbuh dan berkembang dalam iman kita.
  2. Membangun Hubungan yang Dekat dengan Tuhan: Doa akhir tahun adalah momen yang memungkinkan kita untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Melalui doa ini, kita mengungkapkan keintiman kita dengan Allah, mempersembahkan sukacita, kesedihan, keberhasilan, dan kegagalan kita kepada-Nya. Doa ini juga menjadi wadah untuk membangun kepercayaan dan kepatuhan yang lebih dalam, serta memperkokoh komitmen kita dalam menjalani kehidupan yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Tentang Doa Akhir Tahun Kristen Protestan

Dalam kesimpulan, Doa Penutup Ibadah Akhir Tahun Kristen Protestan adalah momen yang berharga dalam kehidupan umat Kristen untuk merenungkan perjalanan iman mereka dan mempersembahkan syukur serta permohonan kepada Tuhan.

Melalui doa ini, umat Kristen dapat mendapatkan manfaat berupa refleksi yang mendalam, pertumbuhan rohani yang berkelanjutan, dan hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan.

Marilah kita sambut akhir tahun dengan doa, merayakan perjalanan iman kita, dan memohon berkat serta bimbingan-Nya dalam perjalanan yang akan datang.

Orang-Orang Juga Mencari:

  • Apa itu doa syafaat kristen protestan?
  • Bagaimana doa makan agama kristen?
  • Apa doa sebelum membaca Alkitab?

Tinggalkan komentar