Doa Malam Natal: Menghormati Momongan Yang Dilahirkan


Doa Malam Natal merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan Natal bagi umat Kristiani di seluruh dunia. 

Malam Natal adalah saat dimana umat Kristen merayakan kelahiran Yesus Kristus, Anak Allah yang menjadi Penyelamat dunia. 

Melalui doa, umat Kristen mempersembahkan syukur, penghormatan, dan permohonan kepada Tuhan, serta merenungkan makna mendalam di balik kelahiran-Nya. 

Doa Malam Natal menjadi momen yang berharga bagi umat Kristen untuk memusatkan perhatian pada kasih karunia Tuhan yang melimpah, yang telah dinyatakan dalam kelahiran Tuhan Yesus.

Di saat-saat yang khusus ini, umat Kristen merenungkan tentang misteri dan keajaiban kelahiran Yesus Kristus. 

Baca Juga: 100 Ucapan Selamat Hari Natal 25 Desember

Doa Malam Natal memungkinkan kita untuk mengalami kehadiran rohani Kristus dalam hidup kita, serta membawa kita ke dalam realitas pengorbanan-Nya bagi umat manusia. 

Dari doa, kita mengungkapkan rasa syukur atas anugerah kasih karunia yang luar biasa ini. 

Doa Malam Natal juga mengajarkan kita untuk menghormati dan menghargai momongan yang dilahirkan, yang datang ke dunia ini sebagai cahaya yang terang dalam kegelapan, membawa damai sejahtera dan harapan bagi setiap orang yang percaya.

Doa Malam Natal: Menghormati Momongan Yang Dilahirkan

Manfaat dari Doa Malam Natal

  1. Mengingatkan Kita akan Kasih Karunia Allah: Doa Malam Natal mengingatkan kita akan kasih karunia Allah yang tak terbatas yang dikendalikan oleh kelahiran Yesus Kristus. Di malam yang khusus ini, kita diingatkan akan pengorbanan-Nya sebagai penebus dosa dan harapan abadi bagi umat manusia. Doa membantu kita menghargai kasih Allah yang dicurahkan kepada kita melalui kelahiran-Nya, serta mengingatkan kita untuk mempersembahkan syukur dan penghormatan kita kepada-Nya.
  2. Menghadirkan Damai Sejahtera dan Harapan: Doa Malam Natal mengakui kehadiran Kristus sebagai sumber damai sejahtera dan harapan dalam hidup kita. Melalui doa ini, umat Kristen memohon agar damai sejahtera dan harapan yang dibawa oleh kelahiran Yesus Kristus tersebar di seluruh dunia. Doa membawa penghiburan bagi yang sedang berduka, pengharapan bagi yang putus asa, dan kekuatan bagi yang lemah. Dalam doa ini, kita menghadirkan kebutuhan dan keinginan kita kepada Tuhan, meminta bimbingan-Nya di setiap langkah kita.

Doa Malam Natal Lengkap Sebagai Referensi

Dibawah ini adalah kumpulan doa malam natal yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk beribadat dan berdoa:

1. Bapa yang penuh kasih, tolonglah kami untuk mengingat kelahiran Yesus supaya kami dapat mengambil bagian dalam kidung para malaikat, sukacita para gembala dan puji-pujian orang-orang bijak. Tutuplah pintu kebencian dan bukalah pintu kasih di seluruh dunia. 

Biarlah kebaikan hadir melalui setiap pemberian dan keinginan-keinginan yang baik melalui setiap sapaan. Bebaskanlah kami dari yang jahat melalui berkat yang dibawa oleh Kristus. Ajarilah kami untuk bersukacita dengan hati yang bersih. Amin.

2. Bapa kami di surga, semoga pagi Natal membuat kami berbahagia karena menjadi anak-anakMu dan malam Natal menyertai tidur kami dengan pikiran-pikiran yang penuh ucapan syukur. Ampuni kami atas dosa-dosa kami. Ajari kami untuk bisa mengampuni dan semoga kami juga bisa diampuni. Demi Yesus Kristus Tuhan kami. Amin!

3. Tuhan Yesus, betapa senangnya kami karena sebentar lagi kami akan merayakan hari kelahiranMu. Di banyak gereja-Mu Tuhan, mulai terlihat berbagai kesibukan dalam mempersiapkan ibadah dan perayaan Natal. Hati kami bersukacita dan dengan penuh semangat kami pun turut ambil bagian dalam pelayanan mempersiapkan peringatan akan hari kelahiran-Mu. Amin.

4. Ya Tuhan Yesus, kami mohon Engkau menolong kami semua yang terlibat dalam persiapan ibadah dan perayaan Natal agar kami boleh saling bekerja sama dengan baik satu dengan yang lainnya, dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya. Yang paling penting adalah kami ingat bahwa ini semua untuk kemuliaan nama-Mu, untuk menyenangkan hati-Mu dan bukan untuk kebanggaan ataupun kepuasan kami. Amin.

5. Ya Bapa, Tuhan kami, ingatkan kami juga Tuhan di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini agar kami mampu menahan diri menggelar perayaan besar-besaran yang dapat menimbulkan kecemburuan sosial ataupun batu sandungan. Sebab yang terpenting bukanlah meriahnya pesta dan acara, namun makna kelahiran-Mu jauh lebih penting. Makna kelahiran-Mu itulah yang harus kami sampaikan agar menjadi berkat bagi sesama. Kami mohon pimpinan-Mu Tuhan di dalam segala persiapan yang kami lakukan ini. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

6. Ampuni kami Tuhan. Kami adalah orang-orang yang mengembara, berlutut di hadapan-Mu. Kami yang berdoa dan meminta kepada-Mu saat kami membutuhkanMu. Ketika kami senang kami berpaling dari pada-Mu. Kami meninggalkan-Mu. Maafkan kami dan dekatkan kami kepada-Mu. Semoga kami pantas menyambut Natal. Ajari kami dan jadikan kami pengikutMu. Ajari kami berjalan di dalam jalan-Mu. Amin.

7. Engkau memberikan segalanya untuk dunia ini. Dalam kegelapan kandang itu, cinta lahir hari itu, cinta murni yang begitu kental tercurah untuk semua. Kami adalah orang-orang yang tidak layak memanggil nama-Mu. Menerima kasih karunia yang begitu tulus. Kami tidak layak menerima apa pun dari-Mu karena hidup yang kami jalani. Maafkan kami karena tak mampu menunjukkan rasa tidak terima kasih atas semua yang Engkau lakukan. Sucikan hati kami untuk merayakan kelahiranMu. Amin.

8. Bapa yang penuh kasih, bantu kami mengingat kelahiran Yesus agar kami dapat berbagi dalam nyanyian para malaikat, sukacita para gembala, dan pemujaan orang-orang Majus. Tutup pintu kebencian dan buka pintu cinta di seluruh negeri ini. Biarkan kebaikan datang dengan keinginan baik dalam setiap ucapan. Bebaskan kami dari kejahatan dengan berkat yang dibawa oleh Kristus. Ajarkan kami untuk bergembira dengan hati yang jernih. Amin.

9. Engkau sangat mengasihi dunia ini sehingga mau memberikan Anakmu yang tunggal untuk membebaskan manusia dari kuasa dosa dan maut. Bantu kami sampai kepada-Mu dan tuntun kami menuju kebebasan sejati. Kami meminta melalui Tuhan kami Yesus Kristus, Anakmu yang hidup dan memerintah bersama-Mu dan Roh Kudus untuk selama-lamanya. Amin.

10. Bapa, kami merencanakan kelahiran Anak-Mu. Ia dilahirkan dari Perawan Maria dan hidup di antara manusia. Semoga kami menerima pengampunan dan belas kasihan. Melalui Tuhan Kita Yesus Kristus, PutraMu yang hidup dan memerintah bersama Bapa dan Roh Kudus untuk selama-lamanya. Amin.

11. Ya Yesus, Bapa kami yang berada di surga. Di malam Natal ini kami mengucap syukur kepada-Mu. Semoga damai dan sukacita Natal selalu hadir dalam hidup kami.

Amin.

12. Pujian kami kepada Tuhan, Ya Kristus Sang Juru Selamat yang hidup. Tidak berhenti Engkau memberikan berkat bahagia untuk kami. Termasuk pada setiap kesedihan, keputusasaan, dan kebimbangan kami, Engkau selalu memberi harapan, penyertaan dan pertolongan setiap waktu. 

Termasuk pada malam ini, kami mengucap syukur yang begitu besar kepada-Mu karena membiarkan kami dapat menyatakan kuasa-Mu di tengah-tengah dunia lewat kuasa pra natal pohon terang ini. Lihat kami, anak-Mu yang tulus mempersembahkan pujian dan sembahan kepada-Mu malam ini. Amin.

13. Ya Yesus, Bapa kami yang berada di surga, terima kasih karena telah lahir bagi kami. Semoga kami selalu tidak pernah lupa bersyukur kepada-Mu.

Berkahilah kehidupan kami selaku anak-anakMu. berilah selalu pengharapan, kekuatan, kebijaksanaan, serta semangat untuk menjalankan tugas serta tanggung jawab kami baik dalam studi, pekerjaan, maupun pergaulan dengan sesama manusia. Jadikanlah kami pendengar yang baik, pelaksana yang cekatan, dan karuniakan kepada kami umur yang panjang agar selalu dapat membalas jerih payah orang tua serta orang-orang yang terus mendukung kami di kala sulit. Amin.

14. Tuhan, berkatilah malam Natal ini agar menjadi malam natal yang penuh kegembiraan, penuh sukacita. Jauhkan orang-orang dari kesedihannya, berilah terang pada hati setiap orang. Bimbinglah bangsa dan negara kami agar menjadi lebih baik kedepannya. 

Bapa yang baik, tidak lupa kami berdoa untuk keselamatan hingga akhir perayaan Natal dan seterusnya. Masih banyak yang ingin kami sampaikan namun Engkau pasti lebih tahu pergumulan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus yang kuasa, kami berdoa. Amin.

15. Terpujilah Engkau Raja di atas segala raja. Engkau bertahta di hati kami. Kami bersyukur kelahiran-Mu, yang memberi pengharapan di tengah dunia yang gelap ini. Oleh karena Engkau mau datang merendahkan diri-Mu sendiri, menjadi sama seperti kami manusia, agar kami diselamatkan. Segala puji, hormat, dan syukur hanya kami naikkan bagiMu Tuhan. Amin

16. Bapa, persiapkan hatiku untuk menerima kedatangan Putra-Mu. Bantu aku untuk mendengar suaraMu dan bertobat dari dosa-dosaku sehingga saya dapat dengan jelas melihat jalan kebenaran untuk berkata, berbuat dalam proses kehidupan yang akan Engkau berikan. Amin.

17. Bapa, kami merencanakan kelahiran Anakmu. Ia dilahirkan dari Perawan Maria dan hidup di antara manusia. Semoga kami menerima pengampunan dan belas kasihan melalui Tuhan kami Yesus Kristus, Putra-Mu.

18. Tuhan Yesus, kami mengucap syukur kepada-Mu di malam Natal ini. Kami memohon, biarlah semua orang bersukacita di malam Natal ini karena penyelamat mereka dilahirkan. Biarlah para tawanan bersukacita, karena Penebus mereka dilahirkan. Biarlah orang bebas bersukacita karena Pembebasan mereka dilahirkan. 

19. Bapa yang penuh kasih, bantu kami mengingat kelahiran Yesus agar kami dapat berbagi sukacita dengan sesama kami. Tutup pintu kebencian dan buka pintu cinta di seluruh dunia. Biarkan kebaikan datang dengan keinginan baik dalam setiap ucapan. Bebaskan kami dari kejahatan dengan berkat yang dibawa oleh Kristus dan ajarkan kami untuk bergembira dengan hati yang jernih.

20. Allah Bapa, engkau sangat mengasihi dunia sehingga mau memberikan Anak Tunggal-Mu untuk membebaskan manusia dari kuasa dosa dan maut. Bantu kami yang menunggu kedatangannya dan menuntun kami menuju kebebasan sejati. Kami memohon ini melalui Tuhan kita Yesus Kristus, Anakmu yang hidup dan memerintah bersama kamu dan Roh Kudus, satu Tuhan, untuk selama-lamanya.

Baca Juga: 300 Ucapan Selamat Hari Tahun Baru 1 Januari 2024

21. Ya Allah Bapa kami yang ada di dalam surga. Di Hari Natal yang kudus ini, aku mengingat akan segala kebaikanMu, dalam hidupku di sepanjang tahun ini. Terima kasih Tuhan untuk pimpinan dan pemeliharaan Mu, kasih-Mu yang tidak berkesudahan sejak dari kekekalan sampai pada kekekalan. Betapa luar biasa kasih-Mu ya Bapa sehingga Engkau telah mengaruniakan Putera-Mu yang tunggal lahir ke dalam dunia ini untuk menebus dosa-dosaku. Haleluya, Amin.

22. Allah Bapa di surga, kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia dengan lahir ditengah-tengah kami. Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi. Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami, dan cahaya keselamatan-Mu bersinar di tengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami.

23. Ya Bapa kami, curahkanlah rahmat-Mu, agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu ditengah-tengah mereka. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

24. Bapa kami, Yesus Kristus yang berada di kerajaan Sorga, terima kasih Tuhan atas berkat hari ini. Engkau telah memberikan kesempatan untuk kami merayakan malam Natal, saling berkumpul menguatkan dan saling mendoakan satu sama lain. 

Ya Bapa, melalui doa ini kami ingin terus memohon agar Engkau selalu memberkati keluarga kami. Semoga kami semakin saling mengasihi satu sama lain.

Kami juga berdoa untuk bangsa dan negara kami. Ya Tuhan, kiranya Engkau selalu membantu bangsa ini agar terbebas dari segala macam bencana, malapetaka, pertikaian antar suku dan agama, hingga satukan kami semua dalam kasih suci-Mu. Amin

25. Allah Bapa di surga, kami mengucap syukur kepadaMu di malam Natal ini. Kami memohon kepada-Mu, tutup pintu kebencian dan buka pintu cinta di seluruh dunia. Biarkan kebaikan datang dengan keinginan baik dalam setiap ucapan. Bebaskan kami dari kejahatan dengan berkat yang dibawa oleh Kristus dan ajarkan kami untuk bergembira dengan hati yang jernih. Amin.

26. Segala puji syukur dan hormat kami sampaikan kepada-Mu Tuhan. Begitu banyak berkat dan sukacita yang Engkau limpahkan kepada kami. Sungguh Engkau Maha baik Yesus. Ajari kami untuk berterima kasih, terkhusus hari ini kami bersukacita dalam keluarga besar dapat merayakan hari kelahiranMu.

Bayi Yesus yang lahir adalah juruselamat dunia, yang membawa keselamatan dan menyucikan kami manusia menjadi putih. Kiranya Tuhan layakkan kami untuk datang ke hadirat-Mu. Maha baik Engkau ya Allah. Tuhan Yesus, jadikan kami sehati sepikir di dalam satu kasih keluarga, satu jiwa, dan satu tujuan dalam memuliakan nama-Mu.

Biarlah kami tetap menjadi satu kesatuan keluarga di dalam namaMu, melayaniMu dengan sukacita yang dari pada-Mu. Tolong Tuhan Yesus peringatkan kami agar tetap menjaga kasih yang boleh Tuhan tanamkan dalam diri kami agar tetap bersinar dan berbuah di dalam kehidupan.

Malam ini kami berdoa agar semakin menjadi lebih baik dan bertumbuh serta biarlah kami benar-benar menjadi pelayan yang takut akan Tuhan. Demikian juga kami bersatu hati memohon kepada-Mu, agar kiranya Engkau berkenan memberi kesehatan kepada seluruh anggota keluarga ini, agar kami bisa lebih bersukacita lagi di dalam merayakan Hari kelahiranMu.

Tuhan Yesus kami menyadari bahwa kami adalah manusia yang penuh dosa. Oleh karena itu, hapuskanlah dosa kami ya Tuhan agar berkat Tuhan tidak terhalang karena dosa-dosa kami. Inilah kami Tuhan, keluarga besar yang datang dan menyampaikan doa permohonan. Di dalam nama Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

27. Allah Bapa, biarlah semua orang bebas bersukacita karena Sang Pembebas mereka telah dilahirkan. Biarkan semua umat-Mu bersukacita karena Yesus Kristus dilahirkan. Amin.

28. Allah Bapa di surga, kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia dengan lahir di tengah-tengah kami. Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi. Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami dan cahaya keselamatan-Mu bersinar di tengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami. Amin.

29. Ya Bapa, curahkanlah rahmat-Mu agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu di tengah-tengah mereka. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

30. Allah Bapa di surga, kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia lahir di tengah-tengah kami. Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya Ilahi yang abadi.

Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami dan cahaya keselamatan-Mu bersinar di tengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami.

Curahkanlah rahmat-Mu, agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama, dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu ditengah-tengah mereka. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Doa Malam Natal Penuh Makna

1. Bapa kami, Yesus Kristus yang berada di kerajaan Sorga, terima kasih Tuhan atas berkat hari ini.

Engkau telah memberikan kesempatan untuk kami merayakan malam Natal, saling berkumpul menguatkan dan saling mendoakan satu sama lain.

Ya Bapa, melalui doa ini kami ingin terus memohon agar Engkau selalu memberkati keluarga kami.

Semoga kami semakin saling mengasihi satu sama lain.

Kami juga berdoa untuk bangsa dan negara kami.

Ya Tuhan, kiranya Engkau selalu membantu bangsa ini agar terbebas dari segala macam bencana, malapetaka.

Pertikaian antar suku dan agama, hingga satukan kami semua dalam kasih suci-Mu. Amin.

2. Segala puji syukur dan hormat kami sampaikan kepada-Mu Tuhan.

Begitu banyak berkat dan sukacita yang Engkau limpahkan kepada kami.

Sungguh Engkau Maha baik Yesus.

Ajari kami untuk berterima kasih, terkhusus hari ini kami bersukacita dalam keluarga besar dapat merayakan hari kelahiranMu.

Bayi Yesus yang lahir adalah juruselamat dunia, yang membawa keselamatan dan menyucikan kami manusia menjadi putih.

Kiranya Tuhan layakkan kami untuk datang ke hadirat-Mu. Maha baik Engkau ya Allah.

Tuhan Yesus, jadikan kami sehati sepikir di dalam satu kasih keluarga, satu jiwa, dan satu tujuan dalam memuliakan nama-Mu.

Biarlah kami tetap menjadi satu kesatuan keluarga di dalam namaMu, melayaniMu dengan sukacita yang dari pada-Mu.

Tolong Tuhan Yesus peringatkan kami agar tetap menjaga kasih yang boleh Tuhan tanamkan dalam diri kami agar tetap bersinar dan berbuah di dalam kehidupan.

Malam ini kami berdoa agar semakin menjadi lebih baik dan bertumbuh serta biarlah kami benar-benar menjadi pelayan yang takut akan Tuhan.

Demikian juga kami bersatu hati memohon kepada-Mu, agar kiranya Engkau berkenan memberi kesehatan kepada seluruh anggota keluarga ini.

Agar kami bisa lebih bersukacita lagi di dalam merayakan Hari kelahiranMu.

Tuhan Yesus kami menyadari bahwa kami adalah manusia yang penuh dosa.

Oleh karena itu, hapuskanlah dosa kami ya Tuhan agar berkat Tuhan tidak terhalang karena dosa-dosa kami.

Inilah kami Tuhan, keluarga besar yang datang dan menyampaikan doa permohonan.

Di dalam nama Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun Kristen: Merayakan Penutupan dan Permulaan

3. Bapa yang terkasih, Doa malam Natal ini untuk mengingat kelahiran Kristus.

Tolonglah kami turut bernyanyi bersama para malaikat, bersukacita bersama para gembala dan turut menyembah bersama para majus.

Kiranya pintu terbuka di seluruh penjuru dunia untuk menerima damai sejahteraMU.

Biarlah kebaikan hati tersalur dalam setiap pemberian, dan niat baik menyertai setiap ucapan Natal kami.

Ajarlah kami agar bersukacita dengan hati yang bersih, dimanapun, dalam segala keadaan dan situasi apapun.

Kiranya damai Natal selalu meliputi hati mengingat kami telah menjadi anak-anakMU, kesediaan untuk mengampuni dan diampuni semata-mata untuk memuliakan Allah di tempat yang Mahatinggi.

Terima kasih karena masih dapat memasuki hari Natal esok hari dalam anugerah, kebaikan, berkat yang berlimpah atas pemeliharaanMU.

Dalam nama Yesus Kristus, Putra Allah, kami berdoa dan mengucap syukur, amen.

4. Allah Bapa Kami di surga, Kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia dengan lahir ditengah-tengah kami.

Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi.

Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami, dan cahaya keselamatan-Mu bersinar di tengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami.

Curahkanlah rahmat-Mu, agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama.

Dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu ditengah-tengah mereka.

Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

5. Bapa yang Mengasihi, bantu kami mengingat kelahiran Yesus, agar kami dapat berbagi dalam nyanyian para malaikat, sukacita para gembala, dan pemujaan orang-orang majus.

Tutup pintu kebencian dan buka pintu cinta di seluruh dunia.

Biarkan kebaikan datang dengan keinginan baik dalam setiap ucapan.

Bebaskan kami dari kejahatan dengan berkat yang dibawa oleh Kristus, dan ajarkan kami untuk bergembira dengan hati yang jernih.

Semoga pagi Natal membuat kita bahagia menjadi anak-anakMu, dan malam natal membawa pikiran-pikiran yang bersyukur, memaafkan dan mengampuni, demi Yesus. Amin.

Tentang Doa Malam Natal Bagi Umat Kristiani

Dalam kesimpulan, Doa Malam Natal adalah momen yang penuh makna bagi umat Kristen untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus dan menghormati momongan yang dilahirkan. 

Melalui doa ini, kita menghargai kasih karunia Allah yang tak terbatas serta mengalami damai sejahtera dan harapan yang dibawa oleh Kristus dalam hidup kita. 

Baca Juga: Doa Natal Singkat: Menghampiri Kandang Sang Juruselamat

Doa Malam Natal mengingatkan kita akan keajaiban kelahiran Yesus dan mengarahkan kita untuk mempersembahkan syukur, penghormatan, dan permohonan kita kepada-Nya.

Mudah-mudahan informasi referensi doa malam natal di atas dapat menjadi referensi anda dalam beribadah dan berdoa. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Endik Eko

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya klik disini.

Ikuti Telegram Chanel kami?
chanel telegram enkosa kalender online

Tinggalkan komentar