Sejarah Bank CIMB Niaga Tbk

Sejarah Bank CIMB Niaga Tbk

Sejarah PT Bank CIMB Niaga Tbk

Sejarah Bank CIMB Niaga – PT Bank CIMB Niaga Tbk merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Bank swasta yang berdiri pada tahun 1955 ini merupakan bank pembayar KSEI terbesar dari nilai transaksi.

CIMB Niaga juga merupakan bank yang menyediakan kredit kepemilikan rumah terbesar nomor tiga di Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Bank BCA Sebagai Bank Terbesar di Indonesia

Untuk mengetahui bagaimana perjalanan CIMB Niaga hingga sebesar ini, mari simak ulasan singkat berikut ini.

Sejarah Berdirinya Bank CIMB Niaga

Pada tanggal 26 September 1955 CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga. Seiring berjalannya waktu Bank Niaga semakin berkembang dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Pada tahun 1987, Bank Niaga meluncurkan layanan baru yang menjadi pembeda dengan bank-bank lain di Indonesia, yaitu dengan perdana munculnya layanan mesin ATM.

Agar lebih berkembang, pada tahun 1989 di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, Bank Niaga memutuskan menjadi bank terbuka. Lalu, pada tahun 1991 Bank Niaga semakin canggih dengan memperkenalkan layanan perbankan online kepada para nasabahnya.

Lihat Juga: Sejarah Singkat Berdirinya PT Bank Nationalnobu Tbk

Pada tahun 1990-an terjadilah krisis moneter di dunia, yang menyebabkan Bank Niaga juga terkena dampaknya. Tragedi ini membuat saham mayoritas Bank Niaga sempat berada di bawah kekuasaan pemerintah.

Pada bulan November tahun 2002, mayoritas saham yang diambil alih oleh pemerintah diakuisisi oleh Commerce Asset-Holding Berhad (CAHB) atau saat ini disebut CIMB GROUP Holdings Berhad (CIMB Group Holdings).

Akhirnya pada tahun 2007, kepemilikan saham sepenuhnya berada ditangan CIMB Group.

Sejarah CIMB Niaga Bergabung Dengan Lippo Bank

Pada bulan Mei 2008, Bank Niaga berubah namanya menjadi CIMB Niaga. Pada bulan November di tahun yang sama. Lippo Bank bergabung secara resmi kedalam CIMB Niaga.

Lippo Bank sendiri merupakan bank yang diakuisisi oleh Khazanah, pemilik CIMB Group pada tahun 2005. Kemudian untuk mengembangkan bisnisnya, CIMB Group memutuskan untuk menggabungkan dua bank sekaligus.

Lihat Juga: Sejarah Bank Danamon Indonesia Tbk

Dengan penggabungan Lippo Bank ke dalam Cimb Niaga membuat CIMB Niaga menjadi bank terbesar nomor 5 berdasarkan aset, pendanaan, kredit dan banyaknya jaringan cabang.

Dengan motto “kejar mimpi”, CIMB Niaga akan membantu masyarakat mewujudkan mimpi-mimpi mereka melalui berbagai layanan perbankan yang yang telah dimiliki oleh CIMB niaga.

Itulah sejarah singkat bank CIMB Niaga yang sebaiknya kamu perlu ketahui, mudah-mudahan dengan informasi bank diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting