Sejarah Hari Rotary Club 23 Februari

Sejarah Hari Rotary Club 23 Februari

Inilah Sejarah 23 Februari, Hari Rotary Club Yang Wajib Diketahui!

23 Februari, Hari Rotary Club – Hari Rotary Club selalu diperingati setiap tanggal 23 Februari setiap tahunnya.

Namun sayang banyak sekali yang belum mengetahui tentang peringatan ini sehingga hanya sebagian orang saja yang merayakannya.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah Hari Rotary Club? Simak berikut ulasannya!

Berikut Ini Sejarah Hari Rotary Club  23 Februari Yang Sebaiknya Diketahui!

Hari Rotary Club merupakan hari peringatan untuk memperingati terciptanya salah satu organisasi kemanusiaan nirlaba di dunia yaitu Rotary International.

Lihat Juga: Sejarah Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember

Rotary Internasional merupakan sebuah organisasi besar yang bertujuan untuk menjadi platform untuk para kaum profesional untuk melayani masyarakat dunia secara sukarela sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Rotary International adalah induk lebih dari 35 ribu klub rotary serta 1,2 juta anggota di seluruh dunia.

Pendirian organisasi ini berawal dari pemikiran seorang pengacara asal Chicago bernama Paul Harris yang meyakini bahwa dunia ini harus menjadi sebaik-baiknya tempat tinggal.

Atas dasar pemikirannya tersebut akhir pada tanggal 23 Februari 1905, dia mendirikan Rotary Club of Chicago.

Ide awal dari pendirian organisasi tersebut hanyalah sebuah organisasi sipil untuk para profesional dari berbagai bidang yang hendak bertukar ide serta menjalin persahabatan bermakna seumur hidup.

Seiring dengan berjalannya waktu ternyata jangkauan visi Rotary kian meluas.

Tidak hanya sekedar bergerak dalam pelayanan masyarakat saja, organisasi ini juga menyasar bidang kemanusiaan sehingga pertumbuhannya semakin melesat.

Banyak sekali cabang-cabang baru misalnya seperti Encyclopedia Britannica yang berdiri di seluruh AS, Kanada dan Inggris.

Selang kurang lebih 16 tahun dari pendiriannya, keberadaan Rotary tersebar di enam benua. Nama organisasi ini berubah nama menjadi Rotary Internasional dengan jumlah anggota mencapai 1,2 juta Rotarian.

Lihat Juga: Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional 26 Juni

Pada tahun 1911, ketika konvensi Rotary II berlangsung di Portland, Oregon, keputusan penting diambil oleh para peserta yaitu menetapkan sebuah motto organisasi.

Dari konvensi tersebut lahirnya “Service Above Self” serta “One Profits Most Who Serves Best” yang menyangga perjalanan Rotary hingga saat ini.

Kini kiprah Rotary dapat dirangkum ke dalam enam aspek, yaitu:

  • Mempromosikan perdamaian dunia.
  • Menyediakan sanitasi yang layak.
  • Memerangi penyakit.
  • Mempermudah akses kesehatan bagi ibu dan anak.
  • Mendukung pemerataan pendidikan.
  • Berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Dari enam misi yang ada, organisasi ini memang paling dikenal lewat dua gerakan yaitu upaya perdamaian global serta pemberantasan polio.

Dalam hal perdamaian global, kontribusi organisasi ini bisa dilacak ketika meletusnya Perang Dunia II.

Ketika itu Rotary menjadi salah satu organisasi yang gencar mengkampanyekan pentingnya pembentukan PBB melalui artikel yang tayang di The Rotarian.

Tak hanya itu saja, Rotary juga turut aktif membantu khalayak untuk memahami apa saja yang dibahas negara global dalam konferensi di Dumbarton Oaks, Washington, Amerika Serikat.

Lihat juga: Sejarah Peristiwa Serangan Umum 1 Maret

Lebih menakjubkannya lagi pada bulan April hingga Juni 1945, Rotary menjadi salah satu dari 42 organisasi yang diundang untuk hadir di pertemuan San Francisco sebagai konsultan.

Setelah PBB Terbentuk, Rotary membentuk sebuah buklet yang bertajuk “From Here On!”.

Dalam bukletnya terdapat salinan teks Piagam PBB yang ditujukan untuk memantik diskusi anggota Rotary ihwal perkembangan global setelahnya.

September 1979, menjadi titik awal sepak terjang Rotary dalam memeringangi Polio.

Ketika itu anggota Rotary cabang Filipina memberikan vaksin polio oral ke sejumlah anak di pusat kesehatan Guadalupe Viejo.

Gebrakan ini tentu membuahkan hasil dimana kasus polio semakin berkurang.

Sementara di Indonesia eksistensi Rotary di Indonesia memiliki sejarah panjang sekaligus berliku.

Lihat Juga: Sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional 17 Oktober

Rotary di Indonesia pertama kali ada pada tahun 1927 di Yogyakarta yang kemudian diikuti pendirian cabang di Surabaya pada tahun 1928 dan Batavia pada tahun 1930.

Itulah sekilas tentang sejarah organisasi besar di dunia Rotary Club. Atas kiprahnya tersebut maka pada tanggal 23 Februari selalu diperingati sebagai Hari Rotary Club.

Hadirnya Rotary di Indonesia juga tentu saja tidak berjalan mulus. Banyak sekali lika liku dan kontroversi yang pastinya cukup pantas untuk kita ketahui.

Mudah-mudahan Sejarah hari Rotary Club 23 Februari diatas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari rotary club
  • peringatan hari rotary club tahun 2022
  • tema hari rotary club 2022
  • logo rotary club terbaru
  • quotes ucapan selamat hari rotary club 2022
  • penggagas hari rotary club
  • negara anggota rotary club di dunia

Lihat Juga: Sejarah Hari Kepanduan Sedunia 22 Februari

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja