Sejarah Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember

Sejarah Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember

Sejarah 7 Desember, Hari Penerbangan Sipil Internasional

Hari Penerbangan Sipil Internasional selalu diperingati setiap tanggal 7 Desember setiap tahunnya.

Peringatan tersebut pertama kali ditetapkan pada tahun 1994 sebagai bagian dari kegiatan International Civil Aviation Organization (ICAO).

Untuk informasi lebih lengkapnya, simak berikut ini sejarah 7 Desember, Hari Penerbangan Sipil Internasional Yang Sebaiknya Diketahui!

Berikut Sejarah Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Seperti yang kita ketahui bahwa penerbangan sipil menjadi hal yang sangat penting untuk dunia saat ini.

Disebutkan diatas bahwa Hari Penerbangan Sipil Internasional pertama kali ditetapkan pada tahun 1994 yang menjadi bagian dari ICAO.

Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional memang erat kaitannya dengan inisiatif yang dihasilkan dari konvensi ICAO tentang Penerbangan Sipil Internasional.

Tujuan dari peringatan ini yaitu untuk membantu membangkitkan serta memperkuat kesadaran dunia Internasional akan pentingnya penerbangan sipil Internasional bagi perkembangan sosial dan ekonomi negara.

Setiap 5 tahun, Dewan ICAO menetapkan tema ulang tahun khusus untuk Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Nah hingga tahun 2023, Dewan ICAO telah memutuskan untuk mengusung tema yaitu “Advancing Innovation for Global Aviation Development”.

Walaupun ICAO telah menyelenggarakan Hari Penerbangan Sipil Internasional pada tahun 1944, namun PBB baru mengakui dan meresmikannya Hari Penerbangan Sipil Internasional pada tanggal 7 Desember di tahun 1996.

Pengakuan tersebut ditunjukkan dengan diadopsinya resolusi A/RES/51/33.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mendorong pemerintah, organisasi regional, nasional hingga internasional untuk mengambil langkah-langkah tepat dalam merayakan Hari Penerbangan Sipil Internasional.


Tujuannya tentu tetap sama yaitu untuk menyadari akan pentingnya penerbangan terutama untuk perjalanan udara internasional terhadap perkembangan ekonomi dan sosial dunia.

Seperti telah disebutkan diatas bahwa penerbangan sipil menjadi hal yang sangat penting.

Dengan adanya penerbangan sipil, mobilitas dari satu negara ke negara lain tentu saja akan semakin cepat dan mudah.

Karena perannya yang sangatlah penting ini maka sudah sepatutnya kita memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional yang diperingati setiap tanggal 7 Desember.

Fakta-Fakta Tentang Hari Penerbangan Sipil Internasional

Dibalik sejarah penetapan tanggal 7 Desember, Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Perlu anda tahu juga bahwa ada banyak sekali fakta-fakta tentang hari peringatan ini. berikut ini fakta-fakta menariknya:
  • Menurut data, pada tahun 2015 terdapat armada penerbangan sipil dunia terdiri dari 27.351 pesawat.
  • Terdapat 500.000 dari satu juta orang yang terbang dengan pesawat setiap saat.
  • Maskapai penerbangan di dunia mengambil 3,55 miliar orang dengan total 4,1 triliun mil penumpang pada tahun 2015.
  • Makanan maskapai penerbangan pertama disajikan dalam sebuah penerbangan Handley-Page dari London ke Paris. Makanan tersebut adalah kotak makan siang yang telah dikemas sebelumnya dengan harga masing-masing tiga shilling.
  • Penerbangan maskapai komersial pertama dilakukan pada tanggal 1 Januari 1914. Penerbangan tersebut melintasi Florida Bay dari St. Petersburg ke Tampa.
  • Heathrow merupakan bandara tersibuk keenam di dunia berdasarkan data penumpang pada tahun 2015. Bandar ini dikalahkan oleh Atalanta, Dubai, Tokyo, Beijing dan Chicago.
  • Kata “Airport” telah digunakan pada tahun 1780 yang pada saat itu bermakna jendela kapal ventilasi di kapal.
  • Sebuah jet Boeing 747 memiliki berat rata-rata 67 kali gajah Afrika.
  • Triumph Internasional telah meluncurkan Frequent Flyer Bra karena logam di bra konvensional telah memicu detektor bandara di tahun 2001.
Itulah sekilas tentang fakta-fakta dan sejarah 7 Desember, Hari Penerbangan Sipil Internasional yang sebaiknya anda ketahui.

Hari peringatan ini tentu sangatlah penting terlebih lagi jika anda selalu menggunakan transportasi tersebut untuk berbagai kepentingan.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember diatas dapat menambah wawasan kita semua.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari penerbangan sipil internasional
  • peringatan hari penerbangan sipil 2021
  • sejarah hari penerbangan sipil internasional
  • organisasi penerbangan sipil internasional
  • peraturan penerbangan sipil internasional
  • logo dan tema hari penerbangan sipil tahun 2021
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting