Kumpulan Ucapan Selamat Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober


Ucapan Selamat Hari Penerbangan Nasional – 27 Oktober menjadi momen spesial bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Udara dan PT Dirgantara Indonesia. Pasalnya tepat di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Penerbangan Nasional. 

Hari peringatan ini memiliki sejarah panjang dimana salah satu yang sangat berkesan yaitu momen ketika bendera Merah Putih diterbangkan di udara dengan menggunakan pesawat Cureng. 

Cikal bakal penetapan Hari Penerbangan Nasional ini berawal pada tanggal 27 Oktober 1947 atau sehari menjelang peringatan Sumpah Pemuda ke-17 di Pangkalan Maguwo, Yogyakarta. 

Baca Juga: Sejarah Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

Ketika itu ada banyak kesibukan yang terjadi dimana seluruh teknisi sedang mempersiapkan hal istimewa untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda. Mereka mempersiapkan pesawat Cureng untuk menerbangkan Bendera Merah Putih di momen Sumpah Pemuda. 

Setelah berbagai persiapan dilakukan dengan matang, akhirnya sang saka Merah Putih mengudara di langit Pangkalan Maguwo yang disaksikan oleh seluruh anggota pangkalan yang berada di bawah. 

Ketika itu, pesawat cureng merah putih diterbangkan oleh Agustinus Adisutjipto yang merupakan satu-satunya penerbang asli Indonesia yang berada di pangkalan ini. 

Momen tersebut sangatlah berkesan dan sekaligus membangkitkan rasa nasionalisme di Hari Sumpah Pemuda. Setelah penerbangan tersebut, pesawat cureng menjadi salah satu kekuatan Pangkalan Udara Maguwo. 

Tak hanya berfungsi sebagai pesawat latih saja, pesawat ini juga tercatat sebagai pesawat pertama yang dipergunakan untuk latihan terjun payung. 

Pesawat cureng memiliki arti penting dalam upaya mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Misalnya seperti pada tanggal 29 Juli dimana pesawat ini digunakan untuk menyerang pendudukan Belanda di Ambarawa dan Salatiga. 

Bahkan tidak hanya di satu peristiwa saja, banyak peristiwa lain yang melibatkan pesawat terbang dan TNI Angkatan Udara. 

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

Kumpulan Ucapan Tentang Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober 

Dalam menyambut Hari Penerbangan Nasional biasanya PT Dirgantara Indonesia dan jajaran TNI Angkatan Udara akan melaksanakan berbagai kegiatan acara. 

Di hari H peringatan, berbagai ucapan pun disampaikan entah secara langsung maupun melalui media sosial. 

Dan berikut ini beberapa referensi ucapan tengah Hari Penerbangan Nasional yang cocok untuk dijadikan caption

Daftar Ucapan Selamat Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

1. Saat Anda terbang, Anda mendapatkan pemandangan dunia yang paling indah. Terima kasih kepada industri penerbangan yang telah berkontribusi bagi kita semua. Selamat Hari Penerbangan Nasional.

Baca Juga: Ucapan Selamat HUT PBB 24 Oktober 2022 

2. Dibutuhkan banyak pemahaman, pengetahuan, pengalaman dan kecerdasan untuk bisa terbang. Salam hangat di Hari Penerbangan Nasional 2021.

3. Rasanya sangat menyenangkan mengetahui bahwa jarak bukan lagi alasan untuk menjauh dari orang yang Anda cintai. Terima kasih banyak kepada penerbangan sipil karena telah membantu kami menjangkau orang-orang tersayang kami. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2021.

4. Jangan pernah berhenti. Jangan pernah menyerah. Terbang sejauh mungkin. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2021, biarkan langit menjadi batas Anda.

5. Bagi banyak orang, langit adalah titik kurungan. Bagi individu yang menyukai penerbangan, langit adalah rumah. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2021.

6. Terbang lebih dari permainan dan juga lebih dari panggilan, terbang adalah energi dan keinginan murni, yang mengisi seumur hidup. Nikmati hari ini dengan pergi keluar dan naik pesawat layang.

7. Disiplin, kesabaran, dan semangat adalah bahan terpenting yang dibutuhkan untuk terbang. Kami mengucapkan Selamat Hari Penerbangan Nasional untuk semua pilot yang bersemangat.

8. Terbang lebih dari sekadar olahraga, lebih dari sekadar pekerjaan. Terbang tidak lain adalah gairah yang memberi Anda semua kekuatan dan fokus untuk terbang.

9. Salam hangat di Hari Penerbangan Nasional 2021, ini adalah satu industri di mana tidak ada hal lain selain kesempurnaan yang dituntut setiap saat.

Kata-Kata Bijak Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

1. Selamat Hari Penerbangan Nasional tahun 2022, Semoga para pilot bisa menjalankan tugas sebaik mungkin, semoga setiap penerbangan di Indonesia selalu diberikan kelancaran dan keselamatan.

2. Dibutuhkan banyak pemahaman, pengetahuan, pengalaman, dan kecerdasan untuk bisa terbang. Salam hangat di Hari Penerbangan Nasional 2022.

3. Disiplin, kesabaran, dan semangat adalah hal terpenting yang dibutuhkan untuk terbang. Kami mengucapkan Selamat Hari Penerbangan Nasional untuk semua pilot yang bersemangat.

4. Terbang lebih dari sekadar olahraga, lebih dari sekadar pekerjaan. Terbang tidak lain adalah gairah yang memberimu semua kekuatan dan fokus untuk terbang. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2022.

5. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2022. Penerbangan adalah perjalanan jauh melalui pesawat, berdoalah pada Tuhan agar perjalanan bisa selamat sampai tujuan.

6. Selamat Hari Penerbangan Nasional. Semoga Indonesia semakin maju dan berkembang dari segi transportasi, terutama transportasi udara.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Dokter Nasional 24 Oktober

7. Salam hangat di Hari Penerbangan Nasional 2022, ini adalah satu industri tempat tidak ada hal lain selain kesempurnaan yang dituntut setiap saat.

8. Terbanglah sejauh mungkin namun tetap tempat kembali ternyaman adalah rumah. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2022!

9. Semoga para penumpang bisa tetap berhati-hati dan berdoa, agar penerbangan bisa selamat sampai tujuan. Selamat Hari Penerbangan Nasional tahun 2022.

10. Jangan pernah berhenti. Jangan pernah menyerah. Terbang sejauh mungkin. Selamat Hari Penerbangan Nasional 2022!

Tentang Ucapan Selamat Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober

Itulah kumpulan ucapan tentang Hari Penerbangan Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober setiap tahunnya. 

Baca Juga: Download Kalender 2023 Lengkap

Mudah-mudahan informasi ucapan selamat hari penerbangan nasional diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Penerbangan Nasional!

Artikel Terkait:

Tinggalkan komentar