Sejarah Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina 29 November

Sejarah Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina 29 November

Sejarah 29 November, Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina

Hari Solidaritas Untuk Rakyat Palestina – Hampir kurang lebih tujuh dekade berlalu ketika pertama kali PBB mengambil alih mandat dari Inggris Raya untuk menyelesaikan sebuah konflik sektarian di Palestina. 

Namun sayang, hingga saat ini ternyata belum juga ada pemecahan masalah terbaik untuk kedua pihak yaitu warga keturunan serta Arab. 

Tepat 74 tahun lalu di hari ini, 29 November 1947 terdapat sidang Majelis Umum PBB yang mengadopsi resolusi 181 tentang pembagian Palestina. 


Rencana memecah Palestina menjadi wilayah Arah dan Yahudi dengan Yerusalem sebagai pusatnya disetujui oleh 33 majelis dengan 10 majelis tidak bersuara dan 13 menolak. 

Rencana tersebut sebenarnya mendapatkan tantangan keras dari oposisi Arab. Namun Perserikatan Bangsa-Bangsa tetap mengajukan suara atas resolusi 181. 

Dengan adanya resolusi tersebut, sebagian besar dari wilayah Yerusalem serta Betlehem berada di bawah naungan Internasional.

Sementara pihak mendapatkan bagian di pesisir Tel Aviv dan Arab mendapatkan 45% dari sekitar. 

Namun sayang, kelompok Yahudi makin hari semakin serakah. Meskipun mereka sudah memiliki sebagian besar wilayah yang dimandatkan oleh Inggris, namun mereka terus memperluas wilayahnya yang akhirnya semakin menggerus pemukiman Palestina. 

Sejak Israel mengokupasi Palestina pada tahun 1967, Palestina mendapatkan dukungan moral dari komunitas Internasional. 


Terdapat dua kelompok dalam PBB yaitu kelompok pertama yang setuju membantu kaum Arab Palestina untuk melawan Yahudi. Semetara kelompok kedua, kelompok yang bergeming serta diam-diam membantu Israel. 

Dikarenakan permasalahan yang tidak kunjung kunjung, pada tanggal 29 november 1979 usai PBB menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina. 

Hari peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dunia pada sebuah kenyataan bahwa permasalahan Palestina masih belum terselesaikan. 

Hampir seluruh rakyat hingga saat ini belum terpenuhi hak-hak asasi kemanusiaannya. 

Peringatan Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina 29 November

Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina secara sederhana dapat memberikan kesempatan untuk para komunitas Internasional untuk mengarahkan perhatiannya pada permasalahan Palestina. 

Seperti disebutkan diatas bahwa hampir seluruh rakyat Palestina belum memperoleh hak-hak untuk menentukan sendiri nasib bangsanya sendiri dan hak untuk kembali ke rumah. 

Peringatan Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina diperingati setiap tahun oleh pemerintah serta masyarakat dunia. 

Beberapa kegiatan tersebut antara lain penerbitan pesan khusus solidaritas kepada Palestina, penyebaran informasi dunia, pemutaran film hingga pertemuan antar organisasi dunia. 

Tak hanya negara-negara luar negeri saja, Indonesia selalu mendukung Hari Solidaritas Bagi Rakyat Palestina setiap tahunnya. 

Perayaan peringatan Hari Solidaritas Bagi Rakyat Palestina juga tentu saja beragam, salah satunya seperti galang dana untuk membantu rakyat Palestina. 


Nah itulah sekilas tentang sejarah 29 November, Hari Solidaritas Bagi Rakyat Palestina yang sebaiknya diketahui. 

Dari hari peringatan tersebut tentu saja bisa mengingatkan kita bahwa perdamaian dan hak asasi manusia menjadi hal yang sangat penting, dan harus dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina 29 November diatas dapat menambah wawasan kita semua.


Pencarian yang paling banyak dicari

Baca juga:  Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober
  • hari solidaritas palestina 29 november
  • hari solidaritas palestina indonesia
  • aksi solidaritas palestina
  • solidaritas indonesia untuk palestina
  • peringatan hari solidaritas rakyat palestina 
  • gambar solidaritas palestina
  • tema hari solidaritas palestina 2021

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar