Sejarah di Balik Upacara Nyewu

Sejarah di Balik Upacara Nyewu

Mengenal Kisah Dibalik Upacara Nyewu

Upacara Nyewu - Kalimat nyewu memiliki makna seribu. Bisa diartikan bahwa upacara nyewu merupakan sebuah kegiatan pengajian atau tahlilan atas meninggalnya seseorang dalam kurun waktu seribu hari. 

Upacara nyewu yang berasal dari tanah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, memiliki tujuan untuk mengenang serta mendoakan roh seseorang yang telah meninggal agar diberikan tempat indah di dunia baru. 

Bagi masyarakat jawa upacara nyewu menjadi upacara penutup atau pungkasan untuk melepas dan mengikhlaskan arwah yang sudah dipanggil sang pencipta. 

Dengan demikian acara nyewu menjadi acara terakhir yang wajib dilakukan bagi masyarakat jawa.

Khususnya yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk mendoakan para sanak keluarga yang telah lebih dahulu meninggal dunia. 

Asal Usul Upacara Nyewu

Upacara nyewu diprakarsai ole budaya Hindu-Buddha. Bagi kepercayaan Hindu-Buddha acara nyewu ini memiliki tujuan untuk menghormati roh para leluhur yang telah tiada.

Karena mereka percaya bahwa roh yang telah meninggal bisa menjadi dewa terdekat dengan manusia. 
Kini tradisi nyewu telah dikombinasikan dengan ajaran islam oleh para wali songo. 


Dalam akulturasi ajaran Hindu-buddha dengan ajaran Islam, tentunya para Wali Songo berjuang keras untuk mengubah tradisi yang melekat dalam kehidupan masyarakat Jawa. 

Mulai dari makanan yang dijadikan sesajen diubah menjadi makanan yang bisa dimakan bersama saat kegiatan berlangsung. 

Para Wali Songo berusaha keras untuk menyebarkan agama Islam dengan menggunakan media kesenian, dan merubah tradisi tersebut sedikit demi sedikit. 

Perlahan masyarakat Jawa mulai menerima akulturasi yang dilakukan wali songo, lambat laun masyarakat Jawa mulai memeluk agama islam dan merubah niat dan tujuan Upacara Nyewu. 

Tujuan Dilakukannya Upacara Nyewu 

Masyarakat Jawa beranggapan upacara nyewu bertujuan untuk mengirimkan do’a agar roh sang mayit bisa tenang dan segala dosa maupun kesalahannya selama hidup bisa diampuni. 

Dalam kegiatan upacara nyewu para ahli waris kerabat mayit akan mengundang seorang kyai atau tokoh agama guna memimpin jalannya acara nyewu. 

Sang Kyai atau Tokoh agama akan memimpin membacakan tahlil dan tak lupa diiringi ayat suci Al Qur’an.

Disaat penutupan acara, sang kyai atau tokoh agama akan menyisipkan nama jenazah untuk diberikan do’a agar diberikan tempat terbaik disisi sang Khaliq. 

Tujuan Nyewu juga bermanfaat untuk keluarga yang ditinggalkan agar selalu mendapat keberkahan dan ketabahan atas kehilangan anggota keluarga. 

Tak lupa ketika upacara nyewu ditutup, perwakilan ahli waris menyampaikan permintaan mohon maaf atas segala kesalahan anggota keluarga yang telah meninggal.

Hal Identik dari Upacara Nyewu 

Pada adatnya, upacara Nyewu memiliki ciri khas yang sangat identik seperti menyembelih kambing, menyediakan pisang raja serta jajanan pasar sebagai pelengkap acara nyewu.

Namun menyembelih kambing tidak diwajibkan saat acara nyewu, karena beberapa masyarakat ada yang tidak mampu dalam membeli kambing untuk digunakan pada acara nyewu. 

Menurut masyarakat Jawa kambing bukanlah hal yang wajib saat acara nyewu, melainkan kue apem yang harus ada di setiap upacara Nyewu. 

Karena kue apem sebagai simbol dan bermakna meminta ampunan atas kesalahan yang telah diperbuat oleh mendiang selama kehidupannya di dunia, terhadap siapapun yang menerima kue apem pemberian ahli waris. 

Kini adat serta tradisi yang ada di Indonesia harus kita lestarikan dengan memperkenalkan tradisi tersebut ke anak cucu kita, agar nantinya tradisi ini tidak dilupakan. 

Jangan sampai generasi penerus bangsa lalai terhadap harta yang dimiliki Indonesia. 

Dengan melestarikan tradisi dan adat para leluhur menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beragam kaya akan warisan budaya. 

Itulah ulasan mengenai upacara nyewu yang biasa dilakukan masyarakat Jawa hingga sekarang.

Cukup sekian informasi ulasan mengenai Upacara Nyewu. Mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan dan dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • tata cara upacara nyewu
  • upacara nyewu (1000)
  • upacara adat nyewu dalam bahasa jawa
  • makalah tradisi nyewu
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com