5 Tradisi dan Kebiasaan Orang Jawa Timur

5 Tradisi dan Kebiasaan Orang Jawa Timur

5 Tradisi dan Kebiasaan Orang Jawa Timur yang Harus Kamu Pahami

Tradisi Jawa Timur - Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam seni, budaya, tradisi, hingga kuliner. Setiap daerah yang terdapat di Indonesia memang mempunyai tradisi atau kebiasaan yang berbeda-beda sebagai ciri khas agar mudah dikenali oleh masyarakat yang lebih luas.  

Kebiasaan orang Jawa Timur yang terbilang unik juga cukup beragam. Bahkan mereka bisa tetap bersikap ramah dan rukun dengan orang-orang sesama suku jawa, walaupun mereka baru saling mengenal atau baru bertemu di luar pulau Jawa.

Tradisi dan kebiasaan yang dimiliki orang Jawa Timur juga masih tetap dilaksanakan secara turun-temurun oleh warga suku Jawa yang tinggal di berbagai provinsi lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang yang bersuku Jawa mampu melestarikan tradisi atau kebiasaan yang sudah pernah dilakukan oleh pendahulunya. 

Kebiasaan Orang Jawa Timur 

Di antara beberapa provinsi lain yang terdapat di Pulau Jawa, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang memiliki wilayah paling luas. Selain itu, Jawa Timur juga mempunyai jumlah penduduk dengan total terbanyak kedua setelah Jawa Barat. 


Oleh karenanya tak heran bila Jawa Timur mempunyai tradisi atau kebiasaan yang begitu banyak. Bahkan orang-orang bersuku Jawa yang tidak tinggal di Pulau Jawa pun masih tetap melakukan tradisi yang mereka percayai. 

Berikut ini beberapa kebiasaan orang Jawa Timur yang harus kamu ketahui.

1. Tradisi Jawa Timur Ganjuran

Tradisi ganjuran ini merupakan sebuah rangkaian acara yang terdapat atau yang dilakukan untuk sebuah acara pernikahan. Pada umumnya di negara Indonesia, pihak yang akan melamar wanita adalah calon mempelai pria. Akan tetapi pada ganjuran yang melamar pria adalah pihak wanita. Kebiasaan ini sering dilakukan di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti pada daerah Bojonegoro, Lamongan, Gresik, dan Tuban.

Informasi sejarah tentang Ganjuran silahkan klik disini

2. Tradisi Jawa Timur Festival Bandeng

Orang Jawa Timur memiliki kebiasaan melakukan festival sebelum Hari Raya Idulfitri. Biasanya festival ini digelar setiap tahun untuk menyambut ataupun memperingati berbagai hari besar Islam. 

Hal ini dilakukan sebagai salah satu budaya sekaligus upaya dari pemerintahan Sidoarjo guna melestarikan ikan bandeng. Hal tersebut dikarenakan Sidoarjo dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan bandeng yang cukup besar. 

Bahkan dahulu festival ini bukan hanya memamerkan keistimewaan ikan bandeng berukuran jumbo milik petani tambak. Akan tetapi juga terdapat kegiatan lelang ikan bandeng berukuran besar.

Informasi lebih lengkap mengenai Festival Bandeng silahkan klik disini.

3. Tradisi Jawa Timur Pingitan

Seperti yang sudah diketahui bahwa pingitan berasal dari kata pingit yang memiliki arti mengurung diri dalam rumah. Pada tahap pingitan ini calon pengantin wanita seperti belajar tentang kehidupan sampai tibalah hari menikah. 


Wanita yang dipingit ini akan belajar bekerja lebih gigih dalam rumah tangga, membantu ibu di dapur, dan berbagai hal lainnya yang masih berkaitan dengan urusan rumah tangga.

Dalam pernikahan, pingitan juga bertujuan untuk menjaga wanita yang hendak menikah agar terhindar dari marabahaya. Tujuan lainnya yakni untuk menjaga wanita agar tetap suci. 

Sebab kata orang Jawa kuno, orang yang hendak menikah itu berbau wangi dan rentan terhadap berbagai penyakit yang tidak tampak. Dengan arti lain yakni sesuatu yang dapat menimbulkan kecemasan dan bisa terkena halangan. 

Oleh karenanya kebiasaan pingitan ini dilakukan. Biasanya pingitan dilaksanakan dengan kisaran 1-2 bulan, atau paling singkat yaitu 7 hari sebelum hari pernikahan.

Informasi lebih lengkap tentang tradisi pingitan klik disini

4. Tradisi Jawa Timur Upacara Kasada

Kasada merupakan salah satu upacara yang terdapat di Provinsi Jawa Timur. Biasanya upacara Kasada atau Sukasada ini diadakan setiap hari ke-14 dalam kalender Jawa tepatnya pada bulan Kasada. 

Upacara ini merupakan hari raya suku Tengger yang dimaksudkan sebagai persembahan kepada Leluhur dan Sang Hyang Widhi.

Pada pelaksanaan upacara Kasada, warga yang ikut merayakan akan melemparkan berbagai jenis sesajen, seperti buah-buahan, sayuran, produk ternak, dan juga uang ke kawah Gunung Bromo. 

Orang Tengger sendiri adalah pemeluk agama Hindu lama yang melakukan ibadah di danyang, punden, dan poten. Poten itulah yang menjadi tempat dilakukannya upacara Kasada. Poten ini merupakan sebidang tanah di pasir di kaki Gunung Bromo. 

Upacara Kasada juga dipercaya dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk masyarakat suku Tengger. Bukan hanya sebagai hari peringatan pengorbanan Raden Kesuma, tapi juga sebagai sarana memohon keselamatan dan kesehatan.

Informasi lebih lengkap tentang tradisi kasada lihat disini

5. Tradisi Jawa Timur Bantengan

Kesenian bantengan di Jawa Timur ini konon berasal dari zaman Kerajaan Singosari. Pandangan ini diambil berdasarkan adanya fakta penemuan relief yang menggambarkan macan melawan banteng dan juga penari yang menggunakan topeng banteng. 

Relief ini masih bisa dilihat dengan mengunjungi Candi Jago, Malang, Jawa Timur. Tradisi ini masih dilakukan di kawasan pegunungan Bromo Tengger. Biasanya dua orang yang berperan sebagai banteng akan menari. 

Nantinya mereka akan kesurupan saat telah mencapai pertengahan tarian. Dengan begitu gerakan para pemain bantengan akan menjadi agresif dan tidak terkontrol lagi.

Tradisi dan kebiasaan orang Jawa Timur ini masih dilestarikan dan dilaksanakan hingga sekarang. Bahkan ada beberapa kebiasaan atau tradisi di Jawa Timur yang berbau mistis, seperti tradisi Bantengan.

Informasi lebih lengkap mengenai sejarah tradisi bantengan jawa timur klik disini

Nah itulah sedikit ulasan tentang kebiasaan orang jawa timur dengan tradisinya, yang sampai saat ini masih terus di lestarkan. Mudah-mudahan informasi Tradisi dan Kebiasaan Orang Jawa Timur di atas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • orang jawa timur keras
  • orang jawa timur kasar
  • orang jawa timur karakter
  • jodoh orang jawa timur
  • kebiasaan buruk orang jawa timur
  • tradisi orang jawa timur
  • orang terkaya jawa timur
  • kebiasaan orang jawa timur
  • sifat jelek orang jawa timur
  • ciri khas orang jawa timur
  • ciri fisik orang jawa timur
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com