Sejarah Hari Alzheimer Sedunia 21 September

Sejarah Hari Alzheimer Sedunia 21 September

Inilah Sejarah Dibalik 21 September, Hari Alzheimer Sedunia

Alzheimer Day atau Hari Alzheimer Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 21 September dalam setiap tahunnya. Hari peringatan ini diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit Alzheimer.

Ya, penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit yang dampaknya dapat mempengaruhi otak yang mengontrol pikiran, Bahasa, serta memori. Sehingga secara signifikan dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Tentang Hari Alzheimer Sedunia Yang Cocok Dijadikan Caption!

Lalu, bagaimana sebenarnya dibalik penetapan Hari Alzheimer Sedunia, 21 September? Simak sejarahnya berikut ini!

Berikut Sejarah Hari Alzheimer Sedunia Dibalik 21 September Yang Tidak Banyak Diketahui!

Hari Alzheimer Sedunia atau World Alzheimer’s Day selalu diperingati setiap tanggal 21 September. Peringatan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1994.

Tujuan memperingati Hari Alzheimer Sedunia ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap Alzheimer. Sekaligus demensia yang kini tidak hanya menyerang kalangan orang yang sudah lanjut usia melainkan kalangan muda.

Banyak sekali orang tidak begitu tahu tentang penyakit Alzheimer. Dikarenakan itulah, gejala-gejala awal penyakit ini pun jarang sekali disadari oleh kebanyakan orang.

Penyakit Alzheimer merupakan suatu kondisi hilangnya intelektual dan kemampuan bersosialisasi yang cukup parah yang bisa mempengaruhi aktivitas harian.

Lihat juga: Sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor 22 September

Depresi serta perubahaan perilaku merupakan salah satu gejala awal penyakit Alzheimer sebelum penderita mengalami berbagai masalah lainnya seperti hilang ingatan dan kepikunan.

Beberapa hal yang akan dialami oleh penderita Alzheimer yaitu kesulitan dalam berpikir dan mengerti, disorientasi, hilang ingatan, kebingungan, delusi, mudah marah, depresi, apatis, halusinasi dan lainnya. Resiko mengidap Alzheimer terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya hal ini bermula pada usia 65 tahun.

Penyakit Alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat saat ini telah ditemukan lebih dari 4 juta orang usia lanjut yang menderita penyakit Alzheimer.

Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga 4 kali lipat pada tahun 2050. Hal ini berkaitan dengan lebih tingginya harapan hidup pada masyarakat di negara maju, sehingga populasi penduduk lanjut usia juga akan bertambah. Sedangkan di Indonesia diperkirakan sedikitnya ada 5 juta penderita penyakit Alzheimer di tahun 2015.

Gejala-gejala Penyakit Alzheimer Yang Sebaiknya Diketahui

Mengingat penyakit ini sangatlah perlu diwaspadai, berikut ini gejala-gejala penyakit Alzheimer yang benar-benar perlu menjadi perhatian dunia dan masyarakat:

  • Gangguan memori yang mempengaruhi keterampilan pekerjaan, seperti lupa meletakkan kunci mobil, mengambil uang, lupa kardus obat yang biasa diminum, lupa mencampurkan gula dalam minuman hingga masih banyak lagi.
  • Kesulitan melakukan tugas yang biasanya dilakukan misalnya seperti tidak mampu melakukan perkara dasar seperti mengurus diri sendiri.
  • Kesulitan bicara serta berbahasa.
  • Disorientasi waktu, tempat serta orang misalnya seperti keliru dengan keadaan sekitar rumah, tidak tahu akan membeli barang apa ketika berada di toko, tidak mengenali rekan dan lainnya.
  • Kesulitan mengambil keputusan yang tepat.
  • Kesulitan berpikir abstrak misalnya seperti melihat bayangan yang menakutkan dan bisikan halus.
  • Salah meletakkan barang.
  • Perubahaan perilaku dan mood misalnya menjadi agresif, cepat marah serta kehilangan minat untuk berinteraksi dan hobi yang pernah diminati.
  • Perubahan kepribadian.
  • Hilangnya minat inisiatif.

Secara umum, orang yang didiagnosa penyakit ini meninggal dunia disebabkan oleh radang paru-paru atau pneumonia, karena saat sakit dia tidak dapat melakukan sembarang aktivitas.

Baca Juga: Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Nah itulah sekilas tentang Sejarah Hari Alzheimer Sedunia 21 September,  yang benar-benar perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari alzheimer sedunia 2021
  • tema peringatan hari alzheimer 2021
  • apa itu alzheimer
  • sejarah hari alzheimer
  • gejala alzheimer
  • penyebab penyakit alzheimer
  • alzheimer adalah gangguan syaraf

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Landscape Indonesia Kalender Hijriyah 2023 Arti Mimpi Kata Bijak Itachi Uchiha Kalender Jawa 2023 Kalender 2023 Quotes Video Stories Meme Stories Hari Ini