7 Keistimewaan Puasa Senin Kamis dan Sejarahnya


Keistimewaan Puasa Senin Kamis dan Sejarahnya

7 Keistimewaan Puasa Senin Kamis dan Sejarahnya

Keistimewaan Puasa Senin Kamis – Puasa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dalam setiap tahunnya, yakni di bulan Ramadhan. 

Akan tetapi ada beberapa orang yang juga berpuasa di luar bulan tersebut, tepatnya di hari senin dan kamis. Sebagian orang biasanya menyebut puasa sunnah senin kamis.

Lihat Juga: Tanggalan Jawa Juli 2022

Puasa di hari senin dan kamis menurut umat islam adalah sunnah, karena hal tersebut adalah sesuatu yang sering dikerjakan oleh Rasulullah SAW. 

Disamping itu menurut umat muslim barangsiapa yang berpuasa di 2 hari tersebut akan mendapat keistimewaan tertentu, yah itu semua benar karena juga terdapat dalam beberapa hadits shahih.

Pertanyaannya apa saja sih keistimewaan puasa senin kamis?

Menarik memang untuk dibahas, oleh karena itu jangan beranjak kemana-mana, yuk langsung saja kita bahas. Hitung-hitung buat nambah pengetahuan.

Lihat Juga: Download Kalender Jadwal Puasa Tahun 2021 Lengkap

Sejarah dan Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Sejarah puasa senin kamis terdapat dalam sebuah hadits yang menceritakan percakapan Rasulullah dengan para sahabat.

Kala itu Sahabat bertanya “Ya Rasulullah kenapa engkau puasa di hari Senin. Rasulullah SAW kemudian bersabda “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan”.

Berikut adalah keistimewaan Puasa Hari Senin Kamis:

1. Hari dibukanya pintu surga

Keistimewaan berpuasa di hari senin kamis yang pertama, karena di kedua hari tersebut Allah SWT sedang membuka pintu surga. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits shahih.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Pada hadis tersebut dijelaskan bahwasanya Pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis.

Lihat juga: Kalender Islam Juli 2021

Setiap hamba yang tidak melakukan perbuatan syirik kepada Allah segala dosanya akan diampuni di hari tersebut dan terkecuali hamba yang sedang bermusuhan di antara saudaranya.

2. Hari diangkatnya amal

Keistimewaan lainnya juga karena hari kamis adalah dimana hari segala amal perbuatan selama satu minggu diangkat oleh Allah SWT. 

Oleh karena itu Baginda Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berpuasa.

3. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

Berpuasa di hari senin adalah sunnah bagi umat muslim, karena di hari tersebut merupakan hari kelahiran Rasulullah SAW.

Lihat juga: 5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

4. Mengendalikan Hawa Nafsu

Faedah lainnya dari puasa senin kamis adalah sebagai pengendali hawa nafsu. 

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW  “Wahai para pemuda! Barang siapa di antara kalian mampu menikah, maka hendaklah segera menikah, dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, sesungguhnya ia bisa menjadi penawar nafsu”

Jadi untuk kamu yang ngerasa belum mampu untuk menikah, puasa sunnah senin kamis bisa menjadi solusi ya gaes!

5. Dijauhkan Dari Api Neraka

Tidak hanya itu, orang yang melaksanakan puasa sunnah senin kamis juga dijauhkan dari api neraka. Itu semua benar karena juga terdapat dalam hadits shahih yang berbunyi :

Lihat Juga: Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Menurut Kalender Jawa

“Barang siapa yang berpuasa satu hari di sisi Allah, Allah akan jauhkan ia dari api neraka sejarak 70 tahun.” (H.R Imam Muslim)

6. Mencegah Perilaku Buruk

Jika seseorang sedang berpuasa, baik puasa ramadhan maupun sunnah senin kamis maka orang tersebut dilarang melakukan hal yang tidak baik seperti membicarakan keburukan orang lain.

Namun tanpa kita sadari, ternyata  saat itu seseorang yang berpuasa secara otomatis melatih diri untuk senantiasa meninggalkan kebiasaan buruk.

Lihat Juga: 6 Mitos Hadiah Bikin Langgeng Pernikahan

7. Menyehatkan Tubuh

Selain mendapat keistimewaan yang akan kita dapatkan kelak di akhirat, ternyata menurut beberapa penelitian medis, puasa dapat menjaga kesehatan tubuh, karena disaat orang sedang berpuasa metabolisme tubuh manusia meningkat.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai 7 keistimewaan puasa senin kamis semoga menjadi motivasi untuk senantiasa meningkatkan keimanan. Jangan lupa share ya.

Lihat Juga: Download Jadwal Imsakiyah 2023 Lengkap Format PDF

Pencarian yang paling banyak dicari

  • puasa senin kamis hukumnya sunnah
  • puasa senin kamis untuk apa
  • puasa senin kamis manfaatnya
  • puasa senin kamis di bulan syawal
  • doa niat puasa senin kamis
  • doa buka puasa senin kamis

Baca Juga” 6 Upacara Keagamaan di Bali dan Penjelasannya

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kaylea

Suka sejarah dan sering menghabiskan waktu dengan membaca Buku. Kaylea sangat mengerti mengenai sejarah dan adat istiadat dan hobi bereksperimen resep Mpasi. Dia juga admin dari grup Facebook Resep Mpasi, cek Grup FB | Profil FB

Tinggalkan komentar