Sejarah Hari Bidan Internasional 5 Mei

Sejarah Hari Bidan Internasional 5 Mei

Sejarah Hari Bidan Internasional 5 Mei Yang Belum Banyak Diketahui

Sejarah Hari Bidan Internasional - Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui oleh Negara  dan telah lulus dari pendidikan  kebidanan, serta memenuhi kualifikasi untuk terdaftar dan mendaftar dalam mendapatkan izin praktik kebidanan . Definisi ini ditetapkan melalui kongres ICM (Konfederasi Bidan Internasional) ke-27 yang diadakan pada Juli 2005 di Brisbane Australia.

Selain merawat ibu setelah melahirkan, bidan juga berperan penting dalam mengontrol kesehatan janin selama masih dalam kandungan. Bidan harus secara aktif dapat memberikan pengetahuan tentang kesehatan kehamilan dan janin kepada ibu hamil. Hingga saat ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus bekerja sama dengan asosiasi Bidan Indonesia & Internasional,  khususnya Bidan Desa, untuk menurunkan angka kematian saat melahirkan. 

Bidan kini dianggap sebagai srikandi kesehatan seluruh umat. Ketika Anda memutuskan untuk menjadi bidan artinya Anda sudah harus siap mengabdikan diri sepenuhnya untuk masyarakat tanpa pandang kelas dan kasta secara ekonomi, kedudukan dan lain-lain. Karena setiap manusia memiliki hak yang sama, termasuk hak mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan yang layak.

Yang perlu diketahui tentang Day of the Midwife

Hari Bidan secara internasional dikenal sebagai International Day of the Midwife. Hari Bidan Sedunia diperingati setiap 5 Mei. Tanggal tersebut diakui secara internasional sebagai cara untuk menyoroti dan fokus pada pekerjaan bidang kebidanan. 5 Mei telah diakui dan dirayakan secara global oleh lebih dari 50 negara di dunia.


Hari Bidan Internasional dicetuskan oleh Negara Australia dan dibahas oleh asosiasi kebidanan internasional pada tahun 1987 di Kongres Bidan Internasional. Ide tersebut bertujuan untuk menghormati atas eksistensi bidan dalam proses membantu kelahiran seluruh Ibu di Dunia. prakarsa ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa lolos dari PBB. Hingga akhirnya pada tahun 1992 resmi diluncurkan.

Alasan penting kenapa kita merayakan Hari Bidan Sedunia adalah kurangnya jumlah bidan di seluruh dunia, dimana profesi bidan sangat penting sebagai penyelamat jutaan nyawa setiap tahunnya. Bidan memberikan perawatan medis kritis kepada Ibu di seluruh dunia ketika melalui proses kelahiran, sekaligus garda terdepan membela hak-hak perempuan.

Hari Bidan Internasional menjadi kesempatan bagi setiap bidan di dunia untuk mendapatkan apresiasi atas pentingnya profesi yang ia jalani. Sekaligus momen yang tepat untuk membuat koneksi baru di dalam maupun di luar kebidanan, dan untuk memperluas pengetahuan tentang apa yang perlu dilakukan kepada dunia.

Di era digital dan internet yang serba cepat, banyak cara untuk merayakan atau memperingati Hari Bidan Sedunia. Membuat kampanye melalui media sosial merupakan salah satu cara mengenang dan mengapresiasi apa yang selama ini dilakukan bidan. Selain itu Anda juga bisa mengadakan kegiatan sosial secara langsung kepada masyarakat yang kurang mampu.

Misalnya bagi Anda saat ini menduduki profesi bidan, Anda dapat melakukan pemeriksaan gratis dalam rangka merayakan Hari Bidan Sedunia dan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terkabulnya cita-cita menjadi seorang Bidan sekaligus sebagai masnusia yang bermanfaat yang berprofesi sebagai bidan.

Kemudian, bagi Anda yang memiliki profesi selain bidan, Anda juga dapat merayakan hari peringatan tersebut dengan mengirimkan ucapan-ucapan selamat hari bidan melalui sosial media.

Apapun profesi dan kedudukan Anda,  jangan sungkan turut serta dalam merayakan peringatan hari-hari penting di Dunia, apalagi peringatan hari yang mengandung pelayanan jasa kesehatan.  Sehat adalah harta yang paling berharga untuk setiap individu. 

Nah itulah sedikit cerita tentang sejarah singkat Hari Bidan Internasional yang perlu kita ketahui. Agar kita dapat menghormati jasa-jasa mereka sebaiknya kita juga perlu memberikan ucapan-ucapan berharga sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasanya. 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai bidan, Anda dapat melihat hari peringatan ini sebagai bentuk ungkapan terimakasih atas jasa-jasa yang telah Anda berikan kepada masyarakat. Juga sebagai bentuk intropeksi diri atas pelayanan yang selama ini telah Anda berikan kepada masyarakat.

Semoga informasi Sejarah Hari Bidan Internasional di atas dapat menjadi referensi dan menambah wawasan kita semua terhadap sejarah hari penting hari bidan internasional. Semoga Bermanfaat! 

Pencarian yang paling banyai dicari

  • hari bidan internasional 2021
  • ucapan hari bidan internasional
  • arti hari bidan internasional
  • kata kata hari bidan internasional
  • tema hari bidan sedunia 2021
  • kumpulan gambar selamat hari bidan sedunia
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com