Sejarah Singkat Hari Bank Dunia 1 April


×

Sejarah Singkat Perayaan Hari Bank Dunia 1 April

Bank merupakan salah satu perusahaan yang sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap manusia.

Bank juga sudah banyak memberikan kontribusinya terhadap pembangunan dan perkembangan suatu bangsa.

Tentunya dapat kita lihat dari program-program yang ditawarkan serta keinginan masyarakat dalam menyikapi hampir setiap program yang telah dipublikasikan oleh Bank tersebut.

Baca Juga: Berikut Ini Quotes Ucapan Selamat Hari Bank Dunia 1 April 2024

Perkembangan Bank yang selalu mengalami perubahan dari masa ke masa, tentu kita tidak boleh lupa dengan sejarahnya.

Lalu apa asal muasal didirikannya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan ini, simak sejarah hari Bank Dunia yang selalu diperingati pada tanggal 1 April.

Sejarah Terbentuknya Bank Dunia

Terbentuknya Bank Dunia ini merupakan cikal bakal dari adanya konferensi penting yang terjadi di Amerika, yang tepatnya berada di Bretton Woods, New Hampshire, United Nations Monetary and Financial Conference. 

Oleh sebab itu dibuatlah sebuah badan organisasi yang nantinya bakal memainkan peran vital dalam perekonomian dunia. 

World Bank mempunyai tugas utama yaitu memberikan dana moneter atau dana bantuan untuk perekonomian kepada Negara yang kurang sehat di Negara Negara berkembang.

Dalam hal ini, Negara yang pertama kali mendapatkan bantuan dari World Bank atau Bank Dunia adalah Perancis. 

Pada masa itu negeri yang kita kenal dengan menara Eiffelnya tersebut membutuhkan dana dengan nilai yang cukup tinggi yaitu 250 juta dollar AS yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur negara mereka yang hancur lebur setelah perang.

Saat ini World Bank telah mempunyai kantor cabang di 11 negara, sedangkan untuk anggotanya sendiri Bank Dunia mempunyai 184 anggota yang tersebar di hampir seluruh penjuru dunia.

Hari Bank Dunia
Hari Bank Dunia
Hari Bank Dunia Selalu diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahunnya – Terbentuknya Bank Dunia ini merupakan cikal bakal dari adanya konferensi penting yang terjadi di Amerika, yang tepatnya bera
Oleh Endik Eko

Tujuan Didirikannya Bank Dunia atau World Bank

Sementara itu tujuan didirikannya organisasi ini diharapkan mampu memberikan bantuan kepada negara yang membutuhkan seperti negara berkembang untuk merancang pembangunan ekonomi mereka. 

Bantuan dari bank dunia ini kemudian akan digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan seperti infrastruktur dan sistem perekonomian, sehingga dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup bagi warga negara mereka.

Lihat juga: Sejarah Singkat Hari Pers Sedunia 3 Mei

Bank Dunia atau World Bank bukan hanya memberikan bantuan berupa pemberian dana saja melainkan juga memberikan jasa konsultasi pada negara yang ingin memperbaiki perekonomiannya. 

Para pemberi konsultasi akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi kemiskinan dan memperbaiki standar kehidupan warga di negara terkait.

Bank Dunia atau World Bank bukannya sekadar berkomitmen dalam meminjamkan dan menginvestasikan uang, mereka juga mempunyai concern lebih pada beberapa bidang yang dianggap penting. 

Hal ini terbukti dari peranannya yakni Bank Dunia atau World Bank telah mencairkan dana tidak kurang dari USD 36,5 Triliun lebih khusus untuk membantu sektor di bidang pendidikan.

Kontribusi Indonesia Pada Bank Dunia

Bank Dunia dan Indonesia punya kaitan yang erat. Indonesia sendiri mempunyai segelintir orang yang berpengalaman dan merupakan salah satu tokoh yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih atau kontribusi dalam memperbaiki sistem perekonomian di negara Indonesia.

Salah satu menteri Negara Indonesia yang sudah mendapatkan tugas dalam mengatur keuangan di 74 negara yaitu Sri Mulyani. 

Beliau adalah salah satu warga negara Indonesia yang berhasil menggantikan posisi Juan Daboub dengan tugas negara yang diatur oleh beliau yaitu Amerika Selatan, Karibia, Asia Timur dan Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli

Sebab beliau adalah orang yang sangat berprestasi sekaligus berasal dari negara Indonesia.

Maka Presiden Joko Widodo memanggilnya untuk mendedikasikan dirinya dalam pembangunan dan perkembangan di negara Indonesia sebagai menteri keuangan RI agar tingkat atau pertumbuhan perekonomian yang berada di Indonesia menjadi lebih baik.

Semoga dengan Informasi Sejarah hari Bank Dunia 1 April di atas dapat memberikan wawasan terbaru untuk kita semua tentang sejarah dan manfaat dari Bank Dunia.

FAQ Sejarah Singkat Hari Bank Dunia 1 April

  1. Apa yang diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya?

    Pada tanggal 1 April setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Bank Dunia.

  2. Bagaimana terbentuknya Bank Dunia?

    Bank Dunia terbentuk dari konferensi penting yang terjadi di Amerika di Bretton Woods, New Hampshire, United Nations Monetary and Financial Conference.

  3. Apa tujuan Bank Dunia atau World Bank?

    Tujuan Bank Dunia adalah memberikan bantuan kepada negara yang membutuhkan, seperti negara berkembang, untuk merancang pembangunan ekonomi mereka.

  4. Apa kontribusi Indonesia pada Bank Dunia?

    Indonesia memiliki beberapa orang yang berpengalaman dan memberikan kontribusi signifikan pada Bank Dunia, seperti Sri Mulyani yang memimpin keuangan di beberapa negara.

  5. Apa saja bidang yang menjadi perhatian Bank Dunia selain memberikan bantuan keuangan?

    Bank Dunia juga memberikan jasa konsultasi untuk memperbaiki perekonomian negara, terutama dalam bidang pendidikan dan pembangunan infrastruktur.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • bank dunia adalah
  • bank dunia milik siapa
  • bank dunia indonesia
  • bank dunia dan imf
  • bank dunia milik rothschild
  • bank dunia pertumbuhan ekonomi indonesia
  • bank dunia investasi
  • bank dunia dimana
×

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Bank Dunia
Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional