Sejarah Singkat Hari Kartini 21 April

Sejarah Singkat Hari Kartini 21 April

Sejarah Hari Kartini 21 April Singkat & Jelas

Sejarah Hari Kartini - Setiap tanggal 21 April setiap tahunnya, sebagai perempuan dipastikan Anda melakukan berbagai hal yang biasanya tidak dilakukan. Salah satunya yang paling sering dilakukan setiap tanggal tersebut tiba adalah menggunakan kebaya. Beberapa dari Anda tentunya mengetahui alasan harus menggunakan pakaian Kebaya. 

Benar sekali, hal ini dilakukan oleh semua kaum perempuan untuk menghormati Raden Ajeng Kartini atau yang Anda kenal dengan R.A.Kartini. Pahlawan yang melakukan berbagai hal untuk emansipasi wanita ini tentunya sangat besar jasanya dan patut Anda kenang. 

Akan tetapi, pertanyaan yang akan Anda ajukan saat ini tentunya adalah alasan mengenai tanggalnya. Jelas saja, tidak semua mengetahui alasan mengapa hari Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21.


Oleh karena itu, kami akan memberitahukannya kepada Anda. Hal ini terjadi dikarenakan tanggal 21 April merupakan hari dimulainya sejarah pada saat itu. Benar sekali, sejarah hari kartini 21 April dilaksanakan karena hari tersebut merupakan hari kelahirannya. Lebih tepatnya pada tanggal 21 April 1879. 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Sejarah Hari Kartini? Maka, simak bersama kami dan ketahui hal ini, ya! 

Sejarah Hari Kartini 21 April

Kartini merupakan gadis yang dilahirkan dari pasangan kelas atas, mengingat ayahnya adalah bangsawan sekaligus bupati dari Jepara. Kartini adalah salah satu gadis yang pada masa tersebut diizinkan untuk masuk dalam dunia pendidikan. 

Oleh karena itu, Anda akan menemukan Raden Ajeng Kartini menempuh pendidikan dasarnya pada ELS. Namun, hal ini tidak berlangsung untuk waktu lama.

Sebab, R.A.Kartini berhenti dalam pendidikan awalnya pada umur 12 tahun. Hal itu terpaksa terjadi mengingat beliau harus menjalani masa pingitan. Kartini yang dikurung dalam rumah tentunya tidak tinggal diam. 

Semangat belajarnya yang membara membuat ia menuliskan surat dan bertukar kabar dengan temannya yang berasal dari Belanda. Melakukan hal ini bukanlah hal yang sulit mengingat ia menguasai bahasa Belanda dengan sangat baik. 


Sejarah hari kartini 21 April juga akan membuat Anda mengetahui bahwa pada umur belia inilah Kartini mulai tertarik dengan emansipasi wanita. Hal ini dikarenakan ia melihat kebebasan bagi perempuan eropa untuk melakukan berbagai hal. 

Bagian ini membuat Kartini ingin membiarkan masyarakat pribumi turut mengetahui rasa kebebasan ini. Hal ini berjalan mulus pula mengingat suami Kartini mengizinkan dirinya melakukan perubahan besar ini. 

Akan tetapi, perjuangan R.A.Kartini untuk membuat wanita memiliki derajat yang sama tidak bertahan lama. Hal ini dikarenakan setahun setelah menikah, tepatnya pada umur 25 tahun, pahlawan wanita ini menghembuskan nafas terakhirnya. 

Hal ini terjadi setelah Kartini berhasil melahirkan buah hatinya dengan Adipati Ario Singgih. Meski demikian, jasa besar yang telah dilakukan Kartini untuk membangkitkan semangat kaum hawa tidak dapat dilupakan begitu. 

Beliau adalah sosok yang membuat setiap wanita memiliki keberanian untuk terus menempuh pendidikan. Menjadi satu derajat dengan lelaki dan membuktikan bahwa perempuan juga memiliki hak kebebasan. 

Untuk itu, ada baiknya kita mengetahui sejarah hari kartini 21 April dengan lebih baik. Sehingga, Anda dapat lebih memaknai hari ini sebagai salah satu hari yang penting sekaligus bersejarah. 

Cukup sekian informasi mengenai Sejarah Hari Kartini 21 April, semoga dengan mengetahu sejarah hari kartini ini dapat membuat Anda lebih semangat menunjukkan ke dunia bahwa wanita bisa, dan bisa segala-galanya. Terimakasih

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari kartini singkat
  • sejarah hari kartini 21 april
  • sejarah dan makna hari kartini
  • sejrah ditetapkannya hari kartini
  • hari kartini tanggal berapa
  • hari kartini diperingati setiap tanggal 21 april
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com