Sejarah Hari ASI Sedunia 1 Agustus


Sejarah Hari ASI Sedunia 1 Agustus

Sejarah Hari ASI Sedunia 1 Agustus

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi karena didalamnya terkandung banyak sekali asupan yang sangat diperlukan oleh si kecil seperti kandungan protein, vitamin, lemak dan karbohidrat.

Pemberian Air Susu Ibu yang cukup memberi manfaat yang sangat baik, utamanya bagi pencernaan dan pertumbuhan serta kesehatannya.

Baca Juga: 100 Quotes Ucapan Selamat Hari ASI Sedunia 1 Agustus

Bahkan karena berartinya pemberian ASI, terciptalah hari spesial untuk memperingati kegiatan tersebut yakni Hari ASI Sedunia yang diperingati setiap tahunnya tanggal 1 Agustus.

Terciptanya Sejarah Hari ASI sedunia 1 Agustus tidak lain tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada si kecil semenjak baru lahir sampai berusia 6 bulan.

Pekan ASI Sedunia atau bisa juga kamu sebut Hari ASI Sedunia hingga saat ini telah dirayakan oleh lebih dari 170 Negara di belahan dunia.

Sejarah Ditetapkan 1 Agustus Sebagai Hari ASI Sedunia

Pada tahun 1990 dua lembaga raksasa yaitu World Health Organization (WHO) dan UNICEF menerbitkan deklarasi yang disebut dengan Deklarasi Innocenti.

Deklarasi tersebut tak lain mempunyai misi membangun kesadaran publik tentang betapa bernilainya peranan pemberian Air Susu Ibu (ASI) yang tepat pada bayi.

Tepat saat itu pula, mereka menetapkan waktu pekan ASI Sedunia yaitu jatuh pada 1 pekan pertama yakni dari Tanggal 1 sampai 7 Bulan Agustus setiap tahunnya.

Lihat juga: Sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia 2 April

Pencetus Hari ASI Sedunia

Semua berawal dari himbauan WHO tentang betapa berartinya pemberian ASI Eksklusif.

ASI Eksklusif ialah pemberian Air Susu Ibu pada bayi sejak baru lahir sampai berumur 6 bulan dari pasca dilahirkan tanpa memberikan cairan lainnya selain ASI semisal susu formula, bubur dan tambahan makanan lainnya.

Keutamaan memberi asupan ASI yang tepat memiliki manfaat yang melimpah daripada susu botolan atau susu formula, lalu apa saja keutamaan ASI ?

Manfaat dan Keutamaan Air Susu Ibu (ASI)

1. Lebih aman dan higienis

Jika dibandingkan dengan susu botolan tentu jelas ASI lebih terjamin dari segi keamanan dan kebersihannya.

Seperti yang kamu ketahui susu formula diproduksi di pabrik serta menjalani proses yang cukup panjang untuk siap di distribusikan, hal tersebut membuatnya rentan terkena bakteri.

Menggunakan susu formula bukan berarti tidak baik bagi kesehatan bayi, namun apabila ASI bunda tidak memiliki masalah serta mencukupi kebutuhan si kecil, alangkah baiknya bunda tidak menyia – nyiakannya.

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Hari Kepanduan Sedunia 22 Februari

Namun apabila terpaksa menggunakan susu formula karena kekurangan cairan ASI misalnya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk pemilihan susu formula yang tepat buat si buah hati.

2. Memperkuat Ikatan Antara Si Kecil dan Ibunda

Kedekatan hubungan antara bayi dan bunda mempunyai dampak positif, utamanya kelak dalam pembentukan karakter.

Menurut penelitian, menyusui secara langsung dapat membangun ke akrab-an.

Hal tersebut bukan tanpa sebab tak lain karena saat menyusui sang ibu tanpa disadari bunda akan menunjukkan kasih sayangnya sembari melalui belaian, usapan serta dalam bentuk kasih sayang lain yang belum bunda sadari.

3. Menghemat pengeluaran

Keutamaan mendasar jika menggunakan ASI ialah bunda dapat lebih menghemat pengeluaran.

Tentu menjadi kebanggaan sendiri bagi bunda yang mempunyai ASI deras serta mencukupi kebutuhan si kecil.

Bayangkan saja berapakah uang yang akan bunda keluarkan untuk belanja susu formula.

Baca Juga: Gambar Twibbon Hari ASI Sedunia 1 Agustus

4. Mencegah Malnutrisi dan Diare

Bayi baru lahir lebih rentan tertular penyakit, hal tersebut tak lain karena kekebalan tubuh si kecil belum sesempurna orang dewasa.

Disamping itu pencernaan bayi sangat sensitif oleh karena itu pemberian ASI mampu mencegah resiko serta terjadinya malnutrisi dan diare.

Tentang Sejarah Hari Asi Sedunia 1 Agustus

Sejarah Hari ASI Sedunia 1 Agustus tercipta karena betapa pentingnya Air Susu Ibu untuk kebutuhan bayi.

Karena didalamnya terdapat manfaat yang sangat banyak seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Namun masih banyak sekali para bunda yang lebih memilih menggunakan susu formula, itu semua kembali pada pribadi masing-masing.

Baca Juga: Kata-Kata Mutiara Hari Susu Sedunia 1 Juni

Perlu digaris bawahi penggunaan susu formula bukan berarti tidak baik, namun sebelum menggunakannya alangkah baiknya jika bunda berkonsultasi terlebih dahulu untuk pemilihan jenis susu formula yang baik untuk si kecil.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari susu sedunia di indonesia
  • perayaan hari susu sedunia
  • hari penyusuan susu ibu sedunia
  • selamat hari susu sedunia
  • ucapan hari susu ibu sedunia

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Ikuti Telegram Chanel kami?
chanel telegram enkosa kalender online

Tinggalkan komentar