Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sejarah Hari Tritura Untuk Menumbangkan Orde Lama

Sejarah Hari Tritura Untuk Menumbangkan Orde Lama

Sejarah Hari Penting Tritura 10 Januari

Sejarah Hari Tritura dan Perjuangan Mahasiswa Untuk Menumbangkan Orde Lama. Kejadian itu mencatatkan bahwa unjuk rasa nan terjadi pada tanggal 10 sampai 13 Januari di tahun 1966 tersebut terjadi sebab polemik yang pelik tidak lama setelah tragedi G30S PKI. Dimana pemerintah Order Lama yang dipimpin Presiden Soekarno dianggap gagal dalam menangani kasus G30S PKI tersebut. Akibatnya banyak protes yang terus mengalir melalui gerakan mahasiswa lalu tercatat di dalam sejarah sebagai Tritura atau Tiga Tuntutan Rakyat Indonesia.

Dimana Tiga Tuntutan Rakyat itu mewakili masalah dan menjadi pernyataan sikap tegas terhadap kinerja pemerintah Orde Lama. Yang mana isi dari Tritura tersebut adalah:

  • 1) Bubarkan PKI
  • 2) Rombak Kabinet Dwikora
  • 3) Turunkan Harga sembako.

Tuntutan Pertama

Untuk masalah yang pertama ini terkait pembubaran PKI, bermula dari lambatnya pemerintah dalam menangani tragedi berdarah G30S PKI yang dituduhkan terhadap partai pimpinan dari D.N Aidit itu.

Kurang lebih empat bulan setelah tragedi penculikan serta pembunuhan para petinggi Angkatan Darat tersebut, Soekarno masih bimbang untuk mengambil keputusan yang tegas. Padahal saat itu gelombang kegeraman masyarakat sudah semakin meluas.

Sebagian besar anggota yang berhaluan kiri di badan PPMI, misalnya seperti CGMI atau Consentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia, Germindo Gerakan Mahasiswa Indonesia dan juga Perhimi atau Perhimpunan Mahasiswa Indonesia turut meragukan bahwa PKI adalah dalang dari peristiwa G30S PKI karena memang pada saat itu belum terdapat bukti yang kuat.

Sedangkan untuk mahasiswa lain yang berhaluan kanan misalnya seperti HMI atau Himpunan Mahasiswa Islam, PMKR Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, dan juga PMII atau Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia menuntut keras supaya PKI segera diadili dan juga ditindak dengan tegas.

Seperti yang sudah dikutip dari Pemuda Pembangunan Masa Depan bahwa Rapat Presidium PPMI yang digelar di tanggal 10 sampai 23 Oktober 1965 tersebut guna menentukan sikap gerakan mahasiswa terhadap peristiwa G30S. Hal ini karena perbedaan pendapat bisa melahirkan wadah baru di dalam tubuh PPMI yaitu KAMI. KAMI yakin jika orang-orang PKI merupakan dalang dibalik peristiwa berdarah di 30 September tersebut. Untuk itu mereka menuntut tegas pemerintah agar segera membubarkan PKI.

Tuntutan Kedua

Tuntutan kedua adalah perombakan terhadap Kabinet Dwikora yang muncul karena pemerintah Soekarno dianggap tidak becus dalam mengendalikan kestabilan tentang sosial ekonomi yang saat itu sedang mengalami masalah penurunan secara drastis. Muhammad Umar Syadat Hasibuan juga mengatakan jika goncangan ini terjadi karena konfrontasi Indonesia bersamaan dengan Malaysia serta dalam usaha untuk merebut kembali wilayah Irian Barat.

Lihat juga: Sejarah Hari Dharma Samudera Setiap 15 Januari

Tuntutan Ketiga

Tuntutan ketiga adalah mahasiswa memaksa agar Presiden Soekarno menurunkan harga sembako. Hal ini karena harga barang-barang menjadi naik karena kesalahan fatal dari kebijakan ekonomi pemerintahan Indonesia.

Hal ini karena Presiden Soekarno mengeluarkan Peraturan Presiden No 27 terkait mengatur kembali mata uang rupiah. Dimana Peraturan Presiden ini adalah hasil inisiatif dari Kabinet Dwikora terkait mendevaluasi nilai mata uang rupiah dari Kurs yang semula Rp. 1000 menjadi Rp1. Dimana tindakan ini terpaksa diambil sebab di kebijakan fiskal uang telah mengalami peningkatan lima kali sebanyak Rp. 2982 miliar.

Soe Hok Gie yang merupakan aktivis mahasiswa UI mencatat bahwa tarif kendaraan umum mengalami kenaikan hingga 1000 persen, sementara harga beras naik hingga 500 persen. Nah itulah tiga tuntutan rakyat atau Tritura yang selalu diperingati setiap tanggal 13 Januari. 

Semoga aritikel hari besar nasional Hari Tritura bulan januari tanggal 10 di atas bisa membantumu dalam menyelesaikan tugas sekolah atau hanya sekedar mempelajari sejarahnya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari tritura
  • apa itu hari tritura
  • isi tritura
  • tritura terjadi pada tanggal
  • tritura singkatan dari
  • triturasi amalgam adalah
  • tuliskan isi tritura