Mengenal Macam-Macam Passing dalam Permainan Basket


Teknik passing dalam permainan basket ternyata banyak sekali macamnya. Setiap teknik memiliki kegunaan dan keunggulan masing-masing.

Misalnya saja untuk menjaga tempo permainan, membuka ruang serang, maupun dengan tujuan mencetak poin.

Lalu tahukah kalian apa saja macam-macam passing dalam permainan basket yang umum digunakan? Jika belum, simak penjelasan berikut untuk menemukan jawabannya.

Macam-Macam Passing Dalam Basket

Dibawah ini akan kami jelaskan berbagai macam jenis passing dalam permainan bola basket yang sering digunakan pada saat pertandingan, diantaranya:

1. Chest Pass (Umpan Dada)

Chest pass adalah salah satu teknik passing yang paling umum digunakan dalam permainan basket.

Pemain menggunakan kedua tangan untuk melempar bola dari dada dan melemparkannya ke arah rekan satu timnya.

Chest pass biasanya digunakan dalam situasi di mana pemain berada dalam jarak dekat satu sama lain dan ingin mengirimkan bola dengan cepat serta akurat.

Keuntungan utama dari chest pass adalah kecepatan dan ketepatannya.

Dengan melempar bola dari dada, pemain dapat dengan cepat mengirimkan bola ke rekan satu timnya tanpa banyak gerakan tambahan, sehingga serangan yang dilakukan lebih efisien.

2. Bounce Pass (Umpan Pantul)

Bounce pass dilakukan dengan mengirimkan bola ke arah rekan satu tim dengan memantulkan bola ke lantai di.

Bounce pass sering digunakan dalam situasi di mana ada pertahanan yang ketat atau jarak antara pemain terlalu jauh untuk chest pass.

Bounce pass membuat bola sulit dijangkau oleh pemain lawan, dan membuat rekan satu tim dengan mudah menerima bola setelah memantul.

Bounce pass juga efektif dalam melewati pemain lawan yang berdiri tegak, karena bola akan sulit dijangkau dan dapat melewati pertahanan dengan lebih mudah.

Namun, bounce pass juga memiliki risiko lebih tinggi untuk diintersep oleh pemain lawan jika tidak dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Pengertian Dribbling Dalam Bola Basket

3. Overhead Pass (Umpan Atas Kepala)

Overhead pass adalah teknik passing di mana pemain mengangkat bola di atas kepala dan melemparkannya ke arah rekan satu timnya.

Teknik ini sering digunakan dalam situasi di mana ada pemain lawan yang menutupi jalur passing langsung atau ketika pemain ingin mengirimkan bola ke rekan satu tim yang berada di jarak yang lebih jauh.

Keunggulan utama dari overhead pass adalah jangkauannya yang lebih luas dan untuk melampaui pertahanan yang ketat.

Dengan mengangkat bola di atas kepala, pemain dapat dengan mudah melewati pertahanan lawan yang berdiri di antara mereka dan rekan satu timnya.

4. Behind-the-Back Pass (Umpan dari Belakang)

Behind-the-back pass adalah teknik passing bola ke arah rekan satu tim dengan melemparkan bola di belakang punggung.

Teknik ini umumnya digunakan dalam situasi di mana ada pemain lawan yang menutupi jalur passing langsung atau untuk menciptakan kejutan dalam serangan.

Keuntungan dari behind-the-back pass adalah kejutan dan kesulitan untuk diprediksi oleh pemain lawan.

Dengan melemparkan bola di belakang punggung, pemain dapat membingungkan pertahanan lawan dan menciptakan peluang tembakan yang tidak terduga.

5. Alley-Oop Pass (Umpan Ke Dunk)

Alley-oop pass adalah teknik passing yang digunakan untuk menciptakan peluang tembakan langsung setelah bola dilemparkan ke udara dekat ring, dan rekan satu tim melompat untuk menangkapnya agar mencetak poin dengan tembakan lay-up atau dunk.

Teknik ini sering digunakan untuk menciptakan momen spektakuler di lapangan dan meningkatkan semangat tim.

Alley-oop pass memerlukan kerjasama dan sinkronisasi yang baik antara pemain yang melempar bola dan pemain yang menerima umpan.

Ketika dilakukan dengan benar, alley-oop pass dapat menjadi senjata yang ampuh dalam mencetak poin dan memotivasi tim untuk bermain lebih baik.

Kesimpulan Tentang Macam-Macam Passing dalam Permainan Basket

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknik passing dalam permainan basket ada berbagai macam.

Baca Juga: Apa Itu Posisi Small Forward Dalam Permainan Basket? Ini Dia Penjelasannya!

Dan kegunaan dari masing-masing teknik berbeda satu sama lainnya, ada yang digunakan untuk operan jarak dekat, jarak jauh, bahkan untuk menipu lawan.

Mudah-mudahan informasi tentang Macam-Macam Passing dalam Permainan Basket diatas dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar