Arti Rebound Dalam Permainan Bola Basket


Rebound adalah salah satu konsep dalam permainan bola basket yang mengacu pada tindakan merebut bola pantul dari sebuah tembakan gagal.

Istilah ini sering digunakan untuk memperoleh kembali kontrol bola bebas.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang arti rebound dalam permainan basket.

Serta pentingnya dalam sebuah pertandingan, maka wajib simak penjelasan kami berikut.

Baca Juga: Mengenal Istilah Traveling Dalam Permainan Basket

Apa Itu Rebound Dalam Permainan Bola Basket?

Dalam permainan bola basket, rebound terjadi ketika seorang pemain berhasil merebut bola bebas setelah tembakan gagal yang dilakukan oleh tim lawan atau rekan satu timnya sendiri.

Tembakan gagal bisa berasal dari tembakan lapangan atau tembakan bebas.

Ketika bola memantul dari papan, pemain yang berhasil merebut bola tersebut dianggap telah melakukan rebound.

Rebound memiliki arti penting dalam permainan basket karena mempengaruhi aliran permainan dan memberikan kesempatan baru kepada tim untuk mencetak poin atau mempertahankan posisi pertahanan.

Pemain yang efektif dalam merebut rebound dapat memberikan kontribusi yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan tim meraih kemenangan.

Pentingnya Rebound dalam Permainan

Rebound memiliki peran penting dalam permainan bola basket karena beberapa alasan.

Berikut beberapa alasan tersebut, diantaranya:

1. Kontrol Bola

Rebound memberikan tim kontrol atas bola, yang dapat mereka gunakan untuk melanjutkan serangan atau mengatur ulang strategi serangan di area pertahanan.

2. Menciptakan Peluang

Merebut rebound memberikan peluang bagi tim untuk mencetak poin dengan tembakan baru atau untuk mempertahankan serangan.

3. Mengakhiri Serangan Lawan

Defensive rebound membantu tim untuk menghentikan serangan lawan, mencegah mereka mencetak poin tambahan, dan memberikan kesempatan kepada tim untuk merebut kendali atas permainan.

4. Mendominasi Pertandingan

Pemain yang efektif dalam merebut rebound menunjukkan dominasi di lapangan dan memberikan kontribusi penting dalam meraih kemenangan tim saat pertandingan.

Jenis Rebound dalam Permainan Basket

Ada dua jenis rebound dalam permainan bola basket yaitu offensive rebound dan defensive rebound.

Berikut penjelasan dari masing-masing rebound tersebut:

1. Offensive Rebound (Rebound Serangan)

Offensive rebound terjadi ketika seorang pemain merebut bola dari papan rebound setelah tembakan lapangan yang gagal oleh rekan satu timnya.

Ini berarti bahwa tim yang melepaskan tembakan awalnya mempertahankan kontrol atas bola dan mendapat kesempatan kedua untuk mencetak poin dengan tembakan baru.

Baca Juga: Macam-macam Shooting Dalam Permainan Basket yang Perlu Kamu Ketahui

Offensive rebound sering kali menjadi kunci untuk memperpanjang serangan tim, memberikan kesempatan bagi tim untuk mendapatkan poin tambahan, dan menekan pertahanan lawan.

Pemain yang unggul dalam offensive rebound seringkali memiliki keunggulan dalam mencetak poin kedua dan menjaga aliran permainan timnya.

2. Defensive Rebound (Rebound Pertahanan)

Defensive rebound terjadi ketika seorang pemain merebut bola dari papan rebound setelah tembakan lapangan yang gagal oleh tim lawan.

Ini merupakan langkah penting dalam menghentikan serangan lawan dan memberikan tim kontrol atas bola.

Setelah mendapatkan defensive rebound, tim dapat memulai serangan sendiri atau melanjutkan serangan yang ada.

Pemain yang efektif dalam merebut defensive rebound memiliki peran penting dalam menjaga pertahanan timnya dan membatasi peluang poin bagi lawan.

Kesimpulan Tentang Arti Rebound Dalam Permainan Bola Basket

Jadi dapat disimpulkan bahwa rebound merupakan istilah yang digunakan untuk mendapatkan bola bebas akibat dari tembakan lawan atau rekan satu tim yang gagal.

Baca Juga: Mengenal Posisi Power Forward Dalam Bola Basket Serta Tugasnya

Tim yang sering memenangkan rebound, maka bisa dikatakan adalah tim yang akan lebih sering dalam melakukan serangan karena penguasaan bolanya bisa dikatakan lebih baik.

Mudah-mudahan informasi tentang Arti Rebound Dalam Permainan Bola Basket diatas dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar