Posisi Shooting Guard Dalam Bola Basket, Tugas & Karakteristiknya


Posisi Shooting Guard dalam permainan bola basket memegang peran vital untuk memenangkan pertandingan.

Alasannya adalah, orang yang berada di posisi ini biasanya menjadi penentu kemenangan apabila selisih angka terpaut sedikit di menit-menit akhir.

Lalu sebenarnya apa tanggung jawab posisi Shooting Guard dalam permainan bola basket? Dan adakah karakteristik tertentu yang harus dimiliki agar bisa menempati posisi ini? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Posisi Point Guard Dalam Bola Basket: Tanggung Jawab dan Karakteristiknya

Apa Itu Shooting Guard?

Shooting Guard (SG) adalah salah satu posisi dalam bola basket yang fokus pada serangan dan mencetak poin.

Meskipun namanya mengarah pada kemampuan menembak, seorang Shooting Guard juga harus memiliki keahlian dalam mengatur serangan dan memberikan umpan kepada rekan satu timnya.

Posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan menembak yang baik serta gerakan fleksibel saat bermain baik di luar atau di dalam lapangan.

Tugas dan Tanggung Jawab Posisi Shooting Guard

Meskipun Shooting Guard sering dianggap sebagai tulang punggung serangan utama, tanggung jawab posisi ini tidak hanya terbatas pada mencetak poin saja.

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama dari posisi Shooting Guard:

1. Mencetak Poin

Salah satu tugas utama seorang Shooting Guard adalah mencetak poin.

Mereka biasanya menjadi pemain yang diandalkan untuk menghasilkan skor, baik itu dengan tembakan dari jarak jauh, tembakan mid-range, maupun dengan serangan ke dalam (paint).

2. Membantu Mengatur Serangan

Shooting Guard juga harus sering membantu dalam mengatur serangan tim.

Misalnya dalam membawa bola di lapangan jika diperlukan, memberikan umpan kepada rekan satu timnya, dan membantu dalam mengatur pola serangan agar menciptakan peluang tembakan yang lebih baik.

3. Membuka Ruang

Seorang Shooting Guard harus memiliki kemampuan untuk membuka ruang di lapangan.

Misalnya dalam melakukan pergerakan tanpa bola, menggunakan pick-and-roll dengan rekan satu timnya, dan menarik perhatian pertahanan lawan untuk menciptakan kesempatan tembakan bagi rekan satu timnya.

4. Bertahan dengan Baik

Meskipun fokus utama Shooting Guard adalah pada serangan, mereka juga bertanggung jawab dalam pertahanan.

Mereka harus mampu menjaga pemain lawan di posisi Shooting Guard dan berkontribusi dalam menjaga keseimbangan pertahanan tim.

5. Rebound

Meskipun tidak selalu menjadi tanggung jawab utamanya, Shooting Guard juga diharapkan untuk membantu dalam merebut bola pantul dari papan rebound.

6. Menjaga Pemain Lawan

Seorang Shooting Guard harus mampu melakukan penjagaan yang baik terhadap pemain lawan yang berada di posisi Shooting Guard atau Shooting Forward.

Seperti menutup gerakan pemain lawan, mencegah tembakan, dan membuat tekanan bagi lawan.

Karakteristik Posisi Shooting Guard

Posisi Shooting Guard dalam permainan bola basket memiliki beberapa karakteristik khas yang membedakannya dari posisi lain di lapangan.

Berikut adalah beberapa karakteristik tersebut:

Baca Juga: Penjelasan Free Throw Dalam Olahraga Basket

1. Akurasi Tembakan Baik

Salah satu karakteristik paling mencolok dari seorang Shooting Guard adalah kemampuannya dalam menembak.

Mereka biasanya memiliki akurasi yang tinggi dalam tembakan dari jarak jauh (three point) maupun tembakan mid range.

2. Cepat dan Tangkas

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang Shooting Guard biasanya merupakan salah satu pemain paling cepat di timnya.

Mereka harus cepat dan tangkas untuk bisa bergerak cepat di lapangan, melewati pertahanan lawan, dan menciptakan peluang tembakan bagi diri sendiri atau rekan satu timnya.

3. Dapat Diandalkan Dalam Mengatur Serangan

Meskipun peran utama dalam mengatur serangan biasanya dipegang oleh Point Guard, Shooting Guard juga harus memiliki keterampilan dalam mengatur serangan.

Mereka harus dapat membaca permainan dengan cepat, membuat keputusan yang baik, dan memberikan umpan yang akurat kepada rekan satu timnya.

4. Memiliki Dribbling yang Baik

Seorang Shooting Guard harus memiliki keterampilan dribbling yang baik untuk dapat mengontrol bola dengan lancar di lapangan.

Kemampuan ini bisa mereka gunakan untuk menghindari tekanan dari pertahanan lawan, menciptakan ruang untuk tembakan, dan membuat penetrasi ke dalam pertahanan lawan (paint).

Kesimpulan Tentang Posisi Shooting Guard Dalam Bola Basket

Dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa posisi Shooting Guard dalam permainan bola basket harus diisi oleh seseorang yang lincah, cepat, memiliki akurasi tembakan yang baik.

Baca Juga: Mengenal Posisi Power Forward Dalam Bola Basket Serta Tugasnya

Hal ini dikarenakan posisi ini merupakan tumpuan tim dalam mencetak angka saat bertanding.

Mudah-mudahan informasi tentang Posisi Shooting Guard Dalam Bola Basket diatas dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar