Mengenal Istilah Traveling Dalam Permainan Basket


Banyak sekali istilah dalam permainan bola basket, salah satunya adalah traveling.

Istilah ini sebenarnya ditujukan untuk menggambarkan situasi dimana telah terjadi pelanggaran saat pertandingan berlangsung.

Lalu tahukah kamu apa itu pelanggaran traveling dalam permainan basket dan aturan yang berlaku tentang pelanggaran ini? Jika belum berikut penjelasannya.

Baca Juga: Penjelasan Fast Break Dalam Permainan Basket

Apa Itu Istilah Traveling dalam Permainan Basket?

Traveling merupakan salah satu jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang terjadi ketika seorang pemain melanggar aturan terkait langkah kaki.

Aturan tersebut menetapkan batasan jumlah langkah yang boleh dilakukan oleh seorang pemain saat membawa bola.

Jika seorang pemain terbukti melakukan traveling, yang berarti melanggar aturan dengan membawa bola dan bergerak melebihi batas yang ditentukan, maka pelanggaran akan diberikan kepada pemain tersebut.

Menurut peraturan FIBA tahun 2018 yang telah direvisi, tidak akan dihitung langkah kaki tambahan ketika seorang pemain menerima bola dari rekan satu timnya.

Ini berarti, pemain diberikan kelonggaran untuk mengatur posisi mereka setelah menerima bola tanpa khawatir tentang jumlah langkah yang diambil.

Dengan demikian, konsep dasar dari pelanggaran traveling adalah adanya penambahan langkah kaki oleh seorang pemain saat mereka sedang memegang bola di lapangan.

Aturan ini diterapkan untuk memastikan fair play dan keadilan dalam permainan basket, serta untuk mencegah pemain mendapatkan keuntungan tidak sah dengan bergerak melebihi batas yang ditentukan.

Aturan Traveling

Aturan traveling dalam permainan basket berbeda-beda tergantung pada level permainan, baik itu amatir maupun profesional.

Namun, aturan dasar traveling yang diterapkan oleh FIBA (Federation Internationale de Basketball) dan NBA (National Basketball Association) memiliki kesamaan, seperti:

1. Langkah

Aturan dasar traveling mengatur jumlah langkah yang diperbolehkan untuk pemain membawa bola.

Seorang pemain diperbolehkan melakukan dua langkah setelah berhenti dribbling.

Jika seorang pemain melanggar aturan ini dengan melakukan lebih dari dua langkah, maka akan dianggap melakukan traveling.

Baca Juga: Arti Rebound Dalam Permainan Bola Basket

2. Pergerakan Kaki

Selain langkah, aturan traveling juga mengatur pergerakan kaki pemain saat menerima bola.

Seorang pemain tidak diperbolehkan untuk melakukan pergerakan kaki kecuali jika dia sedang dribbling, menjalankan lay up, atau melakukan pivot dengan satu kaki yang menetap di tanah.

Jika seorang pemain melakukan pergerakan kaki lebih dari sekali tanpa dribbling atau pivot, itu dianggap sebagai traveling.

3. Bola Keluar dari Jangkauan

Jika seorang pemain kehilangan kendali atas bola dan bola keluar dari jangkauannya, kemudian dia mengambilnya kembali, hal ini juga dianggap sebagai traveling.

Pemain tidak diperbolehkan untuk mengambil bola kembali setelah kehilangan kendali atasnya, kecuali jika ada intervensi dari pemain lawan.

Dampak Pelanggaran Traveling

Traveling dapat memiliki dampak penentu dalam jalannya pertandingan.

Jika seorang pemain melakukan traveling, maka akan menghadirkan keuntungan bagi tim lawan.

Biasanya, pelanggaran traveling akan dihukum dengan pemberian bola kepada tim lawan dari titik di mana traveling terjadi.

Hal ini dapat mengubah dinamika permainan dan memberikan kesempatan bagi tim lawan untuk mencetak poin.

Selain itu, pelanggaran traveling juga dapat mempengaruhi momentum dan motivasi tim.

Ketika seorang pemain melakukan traveling, maka tidak hanya mengakibatkan kehilangan peluang untuk mencetak poin, tetapi juga dapat mengganggu fokus dan konsentrasi tim secara keseluruhan.

Kesimpulan Tentang Istilah Traveling Dalam Permainan Basket

Pada kesimpulannya istilah traveling dalam permainan bola basket merupakan sebuah pelanggaran yang terjadi terkait aturan langkah kaki yang ditetapkan oleh FIBA dan NBA.

Baca Juga: Mengenal Aturan Pergantian Pemain Dalam Sepak Bola dan Fungsinya

Kemudian hukuman dari traveling adalah pemberian bola pada lawan tepat dimana pelanggaran tersebut terjadi.

Mudah-mudahan informasi tentang Istilah Traveling Dalam Permainan Basket diatas dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar