Inilah Arti Walimatul Tasmiyah Dan Perbedaan Dengan Walimatul Aqiqah!


Untuk umat muslim, walimatul aqiqah bukanlah suatu hal yang asing atau pertama kali di dengar. Akan tetapi, untuk walimatul tasmiyah sepertinya tidak banyak diketahui. 

Baca Juga: Walimatul Hamli Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Walimatul Tasmiyah adalah sebuah acara yang dilakukan untuk memberikan sebuah nama kepada anak yang baru lahir. Lebih jelasnya perhatikan artikel ini hingga usai. 

Inilah Arti Walimatul Tasmiyah Dan Perbedaan Dengan Walimatul Aqiqah!

Apakah Walimatul Tasmiyah Sama Dengan Walimatul Aqiqah?

Perlu diketahui, baik aqiqah maupun tasmiyah sebenarnya dilakukan di hari yang sama, yakni pada hari ke-7 kelahiran anak. 

Hanya saja keduanya merupakan hal yang berbeda, akan tetapi saling berkaitan. Jadi, kesimpulannya ialah walimatul tasmiyah tidak sama dengan walimatul aqiqah, namun keduanya memiliki keterkaitan. 

Baca Juga: Walimatul Ursy Artinya Adalah? Berikut Pengertian dan Hukumnya!

Dalil Tentang Aqiqah Dan Tasmiyah

Adapun keterkaitan antara aqiqah dan tasmiyah jelas tergambar dalam sebuah hadits nabi Muhammad SAW. Berikut hadits tersebut:

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke 7, dicukur rambut kepadanya serta diberi nama.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah) 

Bagaimana jika orang tua masih belum bisa melaksanakan aqiqah anaknya pada hari ke-7? Pendapat lain mengatakan, aqiqah bisa dilakukan di hari ke-14 atau ke-21. 

Pendapat tersebut merujuk pada hadits :

“Aqiqah disembelih pada hari ke-7, ke-14 san ke -21.” (HR. AT Tirmidzi)

Baca Juga: Download Template Nota Toko Sembako Format Doc

Pengertian Walimatul Tasmiyah

Walimatul tasmiyah adalah sebuah acara yang mana didalamnya berisi ibadah yang dilakukan dengan cara memberikan nama anak yang baru saja lahir. 

Pemberian nama tersebut dapat dilakukan pada hari pertama ketika bayi lahir atau di hari ke-7 setelah kelahiran. 

Perlu diketahui, pemberian nama di hari ke-7 bersifat sunnah. Jadi tasmiyah ini akan dilangsungkan bersamaan dengan aqiqah. 

Pada hari ke-7 aqiqah akan dilangsungkan dengan cara memotong domba maupun kambing. Setelah memotong kambing atau domba, dilanjutkan dengan memotong rambut bayi. 

Baca Juga: Walimatul Ursy Artinya Adalah? Berikut Pengertian dan Hukumnya!

Pada acara ini pula pemberian nama atau walimatul tasmiyah akan dilangsungkan. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sunnah bersedekah emas seberat rambut yang dipotong. 

Ingat, bersedekah seberat rambut yang dipotong tersebut merupakan sunnah. Jadi, jika memang kondisi finansial tidak memungkinkan maka tidak perlu memaksa. 

Wajibkah Melakukan Walimatul Tasmiyah?

Berdasarkan pendapat para ulama kontemporer, melaksanakan walimatul tasmiyah adalah sebagai salah satu syarat untuk sahnya penyembelihan hewan aqiqah. 

Akan tetapi, bagi sebagian pandangan ulama lain juga mengatakan bahwa mengadakan walimatul tasmiyah merupakan sunnah muakkadah saja. 

Baca Juga: Template Undangan Walimatul Ursy Format Doc

Apa Yang Perlu Disiapkan Dalam Walimatul Tasmiyah?

Ketika ingin mengadakan walimatul tasmiyah, maka ada hal penting yang perlu disiapkan. Hal penting tersebut adalah hewan yang akan disembelih sebagai aqiqah. 

Ya, walimatul tasmiyah biasanya akan dilangsungkan bersamaan dengan pemotongan kambing. Maka dari itu, orang tua wajib untuk menyediakan kambing yang akan dipotong. 

Aturannya ialah satu ekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing untuk anak berjenis kelamin laki-laki. 

Kambing yang akan dipotong tentu harus memenuhi syarat seperti sudah cukup umurnya. 

Adapun pemotongan hewan tersebut ialah bertujuan guna menghilangkan sifat-sifat kebinatangan yang sebenarnya ada pada diri manusia. 

Baca Juga: Kalender Hijriyah Bulan Februari 2023 dan Jadwal Puasanya

Doa Yang Dibaca Pada Walimatul Tasmiyah

Ketika melangsungkan walimatul tasmiyah, ada doa yang biasanya dibaca. Doa tersebut adalah:

“Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.” 

Adapun arti dari doa tersebut ialah “Ya Allah, jagalah bayi tersebut dari kejelekan jin, manusia, ummu sibyan serta segala keburukan dan maksiat”.

Tentang Arti Walimatul Tasmiyah

Nah itulah pembahasan mengenai walimatul tasmiyah adalah acara pemberian nama bayi yang berkaitan dengan aqiqah.

Baca Juga: Kalender Bali September 2023 Lengkap

Mudah-mudahan informasi arti dari walimatul tasmiyah diatas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga pembahasan di atas dapat mencerahkan.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip