6 Hari Baik Bercocok Tanam Lengkap Dengan Jenis Tanaman Yang Akan Ditanam!


Hari baik bercocok tanam – Bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan positif yang sangat menyenangkan sekaligus memberikan banyak sekali manfaat. 

Bercocok tanam tentu tak hanya dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai petani saja, semua orang bisa melakukan kegiatan ini. 

Baca Juga: Mitos atau Fakta Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun?

Kegiatan bercocok tanam juga tidak selalu harus di lahan yang luas, lahan terbatas seperti pekarangan rumah juga dapat anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan ini. 

Berbicara tentang bercocok tanam, tahukah anda? ternyata terdapat hari baik bercocok tanam. Penasaran? Simak berikut penjelasannya!

6 Hari Baik Bercocok Tanam Lengkap Dengan Jenis Tanaman Yang Akan Ditanam!

Berikut Ini 5 Hari Baik Bercocok Tanam Lengkap Dengan Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Ditanam 

Dalam kacamata Islam, semua hari adalah baik, namun jika dilihat dari pandangan Kejawen, terdapat hari baik dan hari sial untuk melakukan sesuatu termasuk bercocok tanam

Baca Juga: Hari Baik Pindah Rumah Menurut Berbagai Kepercayaan!

Berikut ini adalah daftar hari baik bercocok tanam lengkap dengan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam: 

  • Hari Minggu 

Hari baik bercocok tanam pertama menurut Primbon Jawa adalah Hari Minggu. Ya, hari minggu memang hari paling pas untuk bercocok tanam. 

Jenis tanaman yang cocok ditanam di hari Minggu yaitu tanaman yang dimanfaatkan batangnya seperti bambu, tebu, kayu dan tanaman lainnya. 

Baca Juga: Arti Mimpi Basah: Tanda Rindu Yang Menggebu Kepada Pasangan!

  • Hari Senin 

Selanjutnya yaitu Hari Senin. Di hari ini jenis tanam yang cocok untuk ditanam adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan daunnya. 

Beberapa jenis tanaman yang bisa di tanam di hari Senin seperti daun sirih, tembakau, pisang dan lainnya. 

  • Hari Selasa 

Hari baik bercocok tanam selanjutnya yaitu hari Selasa. Dalam Primbon Jawa, jenis tanaman yang dipercaya baik untuk bercocok tanam di hari Selasa yaitu tanaman yang dimanfaatkan bunganya. 

Dengan kata lain, tanaman yang cocok untuk ditanam adalah berbagai jenis bunga seperti bunga mawar, melati serta jenis bunga lainnya. 

Baca Juga: Kalender Jawa Maret 2023 Lengkap Hari Baik

  • Hari Rabu 

Hari Rabu juga menjadi salah satu hari baik bercocok tanam. Untuk jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di hari ini yaitu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan buahnya walaupun masih muda atau belum matang. 

  • Hari Kamis 

Jika di hari Rabu merupakan hari baik untuk menanam jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan buahnya walaupun masih muda, lain halnya di hari Kamis. 

Nah, hari ini sangat cocok untuk anda yang ingin menanam jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan buahnya ketika sudah matang. 

Beberapa jenis tanaman yang dimaksud seperti buah rambutan, pepaya, durian dan jenis buah lainnya. 

Baca Juga: Arti Kedutan Alis Kiri Menurut Islam, Primbon dan Medis!

  • Hari Jum’at

Menurut Primbon Jawa, Hari Jumat juga merupakan hari yang dianggap baik untuk bercocok tanam. 

Jenis tanaman yang bisa ditanam di hari Jum’at yaitu tanaman yang bisa dimanfaatkan akarnya. 

Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam seperti ubi, kentang singkong dan jenis umbi-umbian lainnya. 

Tentang Daftar Hari Baik Bercocok Tanam

Nah itulah hari baik bercocok tanam yang sebaiknya anda ketahui. Seperti telah disebutkan diatas jika semua hari adalah baik untuk bercocok tanam. 

Baca Juga: Kalender Bulan April 2023 Lengkap

Namun anda tentu saja perlu mengetahui jenis tanaman mana yang cocok untuk ditanam. 

Mudah-mudahan informasi daftar hari baik bercocok tanam di atas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat! 

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip