6 Tradisi Bali Yang Mendunia!


Bali merupakan salah satu pulau yang sangat populer di Indonesia dan banyak dikenal oleh wisatawan asing. Bahkan mendapatkan julukan sebagai pulau Dewata. 

Baca Juga: Tradisi Bali Menaruh Mayat di Bawah Pohon

Hal itu tentu bukan tanpa sebab, mengingat budaya dan tradisi Bali yang mendunia memiliki nilai estetika yang tinggi. Berikut kita akan bahas selengkapnya di bawah ini. 

6 Tradisi Bali Yang Mendunia!

Tradisi Bali Unik Yang Populer

Ada cukup banyak warisan tradisi dan budaya yang digemari oleh wisatawan mancanegara. 

Tentunya tradisi yang digemari tersebut memiliki kesan yang unik. Berikut beberapa daftar dari tradisi tersebut:

  1. Omed-Omedan 

Omed-omedan atau acara ciuman masal ini memang menjadi salah satu tradisi yang unik. 

Dimana tujuan dari dilakukannya upacara tersebut ialah agar penduduk memperoleh keberuntungan. 

Akan tetapi perlu diingat, ritual ini biasa dilakukan oleh masyarakat Banjar Kaja Sesetan untuk orang-orang yang belum menikah saja. 

Dalam artian, orang yang sudah menikah tentu tidak bisa mengikuti upacara tersebut. Biasanya kegiatan ini akan dilakukan sehari setelah perayaan Nyepi. 

Sebelum melakukan upacara ini para pemuda dan pemudi akan berkumpul di pura untuk sembahyang. Acara ini akan dipandu oleh pemuka adat atau sesepuh desa. 

Baca Juga: Sejarah Tradisi Omed Omedan di Bali dan Fakta Menariknya

  1. Makepung

Makepung atau balapan kerbau menjadi salah satu tradisi Bali yang mendunia. Hal itu dikarenakan acara yang sangat unik dan tidak bisa ditemui di tempat lain. 

Pada acara makepung ratusan pasang kerbau nantinya akan berlomba untuk mencapai Finish. Tentunya kerbau tersebut akan dikendalikan oleh seseorang yang disebut dengan joki. 

Biasanya makepung ini akan dimulai pada pagi hari, tepatnya pada pukul 07:30 WIT. Adapun durasi perlombaan ialah selama 5 jam. 

  1. Perang Pandan

Perang Pandan atau geret pandan juga disebut dengan tradisi Mekare-kare oleh masyarakat desa Tenganan. 

Seperti yang kita ketahui, tradisi ini memang rutin dilakukan di desa Tenganan. Adapun tujuan dari diadakannya tradisi tersebut ialah untuk menghindari hal buruk atau sebagai tolak bala. 

Pada ritual ini akan ada dua pemuda yang bertarung bersenjatakan daun pandan berduri dan membawa perisai. 

Satu sama lain akan saling menyerang dengan menggosokkan pandan tersebut ke punggung lawan. 

Tentunya hal tersebut akan memunculkan luka baret juga. Satu hal yang penting, pastikan untuk menonton dengan pakaian tradisional Bali mengingat acara ini cukup sakral. 

  1. Perayaan Nyepi

Hari raya Nyepi menjadi salah satu tradisi Bali yang mendunia. Tidak seperti perayaan pada umumnya yang dilakukan secara meriah, perayaan Nyepi dilakukan dengan sebaliknya. 

Dimana orang-orang akan menetap di dalam rumah selama 24 jam. Selain itu, toko, jalan, perkantoran sampai dengan bandara akan tutup. 

Suasana sepi ini akan berlangsung dari mulai pukul 6 pagi hingga 6 pagi keesokan harinya. 

Baca Juga: 100 Template Ucapan Selamat Hari Nyepi Tahun Saka 1945

  1. Pawai Ogoh-Ogoh

Ogoh-ogoh merupakan patung raksasa yang dibuat dari bahan ringan. Tujuan dibuat dari bahan ringan tentu agar mudah untuk diarak keliling desa. 

Nah pawai ogoh-ogoh ini menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Bali yang sangat populer. Mengingat setiap tahunnya ada banyak karakter ogoh-ogoh yang unik.

  1. Ngaben

Ngaben merupakan upacara adat yang cukup mendunia. Hal itu dikarenakan pengangkatan mayat dari rumah ke tempat kremasi menggunakan wadah atau tempat. 

Dalam hal ini wadah yang digunakan memiliki dua bentuk. Pertama bentuk pita kecil dengan hiasan serta ukuran yang indah. Kedua berbentuk binatang serupa lembu. 

Tradisi Bali Menaruh Mayat di Bawah Pohon
Tradisi Bali Menaruh Mayat di Bawah Pohon
Tradisi Bali Menaruh Mayat di Bawah Pohon – Bali merupakan tempat yang indah untuk dijadikan tujuan berlibur. Selain terdapat pantai, danau, gunung, kuliner yang lezat, ada pula hal menarik lainnya.
Oleh Endik Eko

Tentang Tradisi Bali Yang Mendunia

Ada cukup banyak tradisi Bali yang unik. Anda bisa menemukannya dengan jelas begitu berlibur ke Bali. 

Selain kebiasaan unik, ada cukup banyak kuliner yang lezat di provinsi tersebut. Demikianlah pembahasan mengenai tradisi Bali yang mendunia. 

Baca Juga: Referensi Lengkap Kalender Bali Juli 2023 Dan Upacaranya

Tentunya berbagai jenis tradisi yang populer memiliki keunikannya masing-masing.

Mudah-mudahan informasi tentang tradisi bali yang mendunia diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Tradisi Bali Menaruh Mayat di Bawah Pohon
Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni