Mitos Rumah Tusuk Sate, Benarkah Lebih Rawan Tertimpa Nasib Buruk? 


Walaupun saat ini kehidupan manusia sudah didominasi oleh kebiasaan modern, namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih percaya tentang mitos. 

Salah satu mitos yang sampai saat ini masih banyak diperdebatkan adalah mitos rumah tusuk sate

Baca Juga: Ini Dia 6 Mitos Hadiah Bikin Langgeng Pernikahan

Banyak masyarakat yang menganggap jika rumah tusuk sate dianggap sebagai pembawa sial, namun banyak juga yang berpendapat justru rumah ini memiliki banyak keuntungan terutama untuk membuka usaha. 

Mitos Rumah Tusuk Sate, Benarkah Lebih Rawan Tertimpa Nasib Buruk? 

Lalu, Apa Sebenarnya Maksud Dari Rumah Tusuk Sate? 

Rumah tusuk sate merupakan sebuah rumah yang berada di ujung persimpangan atau ujung jalan yang lurus serta tidak berbelok. 

Banyak ahli Feng Shui yang menyebutkan jika istilah sudut tajam tersebut diartikan sebagai panah beracun. 

Banyak yang percaya jika anda memiliki tubuh yang sensitif terhadap perubahan energi, maka kemungkinan anda bisa merasakan adanya energi yang menusuk tajam yang masuk ke dalam rumah.

Namun jika anda tidak terlalu sensitif, kemungkinan hal yang bisa anda rasakan yaitu rasa cepat lelah. 

Baca Juga: Perlu Kamu Tahu Ini 5 Mitos Larangan Pernikahan Adat Jawa

Namun jika dilihat secara logika dengan melihat posisi rumah yang berada di ujung persimpangan jalan, risiko yang akan terjadi jika anda memilih rumah tusuk sate akan cukup besar. 

Salah satu risiko yang mungkin akan terjadi yaitu kemungkinan adanya kendaraan yang bisa saja menabrak rumah anda. 

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan dan diperhatikan pada rumah tusuk sate, baik itu dari aspek kesehatan ataupun keamanan untuk penghuninya.  

Ciri-Ciri Rumah Tusuk Sate

Dari dulu sampai dengan sekarang, sebagian masyarakat Indonesia sudah mengenal tipe rumah tusuk sate. 

Namun ternyata tidak sedikit yang masih asing dengan tipe rumah ini sehingga berikut ciri-ciri rumah tusuk sate yang sebaiknya anda ketahui: 

  • Rumah terletak di ujung tengah pertigaan.
  • Biasanya dikelilingi oleh jalan besar yang dilewati pengendara. 
  • Umumnya ukuran bangunan rumah sama dengan rumah lain yang ada disekitarnya.
  • Bisa dijadikan sebagai alternatif lokasi pemasangan baliho atau iklan. 

Baca Juga: Arti Mimpi Jatuh Saat Tidur Menurut Berbagai Kepercayaan! 

Bagaimana Dengan Mitos Rumah Tusuk Sate? 

Rumah tusuk sate merupakan hunian yang dipenuhi dengan berbagai mitos. Misalnya dalam tradisi Jawa, rumah tusuk sate dianggap sebagai lokasi yang membawa sial. 

Ya, masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang percaya tentang mitos. Nah mitos sendiri merupakan cerita yang dibuat berdasarkan kepercayaan yang ada dalam masyarakat serta seringkali digunakan guna menjelaskan hal yang sulit untuk dijelaskan. 

Tidak semua mitos bisa dibuktikan dengan logika, namun tentu semua memiliki latar belakang yang bisa dijelaskan secara ilmiah. 

Berikut ini beberapa mitos rumah tusuk sate yang beredar di masyarakat: 

  1. Penghuni Rumah Menjadi Kurang Harmonis 

Mitos rumah tusuk sate yang pertama yaitu penghuni rumah menjadi kurang harmonis. Banyak yang percaya jika orang yang menghuni rumah tusuk sate akan sering bertengkar sehingga menyebabkan hubungan antar anggota keluarga menjadi renggang. 

Salah satu penyebab kurang harmonis ini disebabkan karena hawa panas yang terus muncul di rumah. 

Padahal, jika dilihat secara ilmiah, hawa panas yang muncul ini dikarenakan posisi rumah yang berhadapan langsung dengan persimpangan jalan sehingga cahaya matahari langsung masuk ke dalam. 

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari Dongeng Sedunia 20 Maret

  1. Anggota Keluarga Akan Rentan Terjangkit Penyakit 

Mitos selanjutnya yang beredar di masyarakat yaitu keluarga yang tinggal di rumah tusuk sate akan rentan sekali terjangkit penyakit. 

Mitos satu ini sangat erat kaitannya dengan lokasi dari rumah tusuk sate. Akses jalan yang terbuka lebar serta aliran angin dan cahaya matahari yang langsung masuk ke dalam rumah menjadi salah satu penyebab mitos ini. 

  1. Penghuni Rumah Tusuk Sate Cukup Rawan Tertimpa Nasib Buruk 

Mitos rumah tusuk sate selanjutnya yaitu penghuni rumah lebih rawan tertimpa nasib buruk. Segala bentuk rezeki serta pekerjaan akan sangat sulit didapat. Akibatnya, ekonomi keluarga akan semakin memburuk dan terganggu. 

  1. Rawan Terjadi Kecelakaan 

Mitos rumah tusuk sate terakhir yaitu kecelakaan akan lebih mudah menghampiri penghuni rumah tusuk sate. 

Namun jika ditelaah lagi, rumah tusuk sate yang berada persis di hadapan jalan memang memiliki risiko tinggi terjadinya kecelakaan salah satunya seperti kendaraan menabrak rumah. 

Baca Juga: Sebelum Potong Kuku Lihat Dulu Hari Baik Potong Kuku Menurut Islam Yang Sebaiknya Diketahui! 

Tentang Arti Mitos Rumah Tusuk Sate

Nah itulah beberapa mitos rumah tusuk sate yang beredar di masyarakat. Namun terlepas dari mitos-mitos di atas, ternyata rumah tusuk sate juga dipercaya cocok untuk dijadikan sebagai tempat usaha, lho! 

Mudah-mudahan informasi arti mitos rumah tusuk sate diatas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni