Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 


Selamat Hari Pahlawan – Seperti yang kita tahu bahwa di tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan menjadi peristiwa yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia. 

Peristiwa tersebut terjadi di Kota Surabaya setelah Kemerdekaan Indonesia. 

Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 

Latar belakang penetapan Hari Pahlawan 10 November bermula saat tentara Inggris yang berada dibawah pimpinan Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern (AWS) Mallaby mendarat di Surabaya. 

Tentara Inggris mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945. Mereka mendapatkan tugas dari Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) untuk melucuti tentara Jepang serta menyelamatkan tawanan perang. 

Baca Juga: 10 November Sebagai Hari Peringatan Pahlawan

Kedatangan tentara disambut baik oleh Pemerintah serta masyarakat Indonesia. Bahkan pertemuan Brigjen AWS Mallaby dan perwakilan pemerintah RI menghasilkan sejumlah kesepakatan. 

Namun sayang, kesepakatan yang telah dibuat justru diingkari oleh Inggris. Satu peleton yang dikomandoi oleh Kapten Shaw menyerbu penjara Kalisosok untuk membebaskan tahanan Belanda. 

Pasukan tersebut akhirnya menduduki Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Pos Besar dan Gedung Bank Internasional. Hal ini tentu saja memicu amarah rakyat Surabaya dan menyerang pos sekutu. 

Kondisi semakin memanas ketika pesawat terbang milik Inggris menyebarkan pamflet yang berisi perintah agar rakyat Surabaya dan Jawa Timur menyerahkan senjata rampasan perang dari Jepang. 

Kontak senjata pertama terjadi pada tanggal 27 Oktober pukul 2 sore antara tentara Inggris dan Pemuda Surabaya. Pada tanggal 29 Oktober 1935, akhirnya terjadi gencatan senjata antara Indonesia serta Inggris dan kemudian keadaan mulai mereda. Namun ketika itu, bentrokan masih tetap terjadi di Surabaya tepatnya di Hotel Yamato. 

Belanda mengibarkan benderanya di puncak hotel Yamato yang membuat masyarakat Surabaya murka. Residen Soedirman bersama dengan Sidik dan Hariyono bertemu dengan Belanda di Hotel Yamato dimana mereka meminta agar sekutu menurunkan bendera. 

Belanda menolak permintaan tersebut dan mengancam dengan pistol dan menyebabkan perkelahian di lobi hotel. 

Puncak bentrokan terjadi saat terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945. Kematian Jenderal Mallaby memicu kemarahan tentara Inggris kepada Indonesia. 

Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang merupakan pengganti Jenderal Mallaby mengeluarkan ultimatum pada tanggal 10 November. 

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Ganefo 10 November

Ultimatum ini tidak ditaati oleh masyarakat Surabaya yang akibatnya terjadilah pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945 selama kurang lebih 3 minggu lamanya. Pertempuran di Surabaya ini mendapat julukan “Neraka” karena menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. 

Perang ini menimbulkan korban jiwa dimana sekitar 20 ribu rakyat Surabaya meninggal, 150 ribu orang terpaksa meninggalkan Kota Surabaya. Sementara itu, sekitar 1.600 tentara Inggris meninggal, hilang dan luka-luka serta puluhan alat perang rusak. 

Bung Tomo menjadi salah satu tokoh yang turut berperan dalam peristiwa pertempuran Surabaya. Beliau membakar semangat juang rakyat Surabaya melalui stasiun Radio. Sampai saat ini peristiwa tersebut disebut sebagai Hari Pahlawan yang diperingati setiap tahunnya. 

Berikut Kumpulan Kata-Kata Bijak Tentang Hari Pahlawan 10 November 

Tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dalam peringatannya, ada banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya yaitu membagikan ucapan Hari Pahlawan melalui media sosial.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak tentang Hari Pahlawan 10 November: 

Daftar Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November

1. “Selamat Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2022. Pahlawanku, teladanku.”

2. “Semangat berjuang, berkarya meneruskan perjuangan para pejuang negara kita. Selamat memperingati Hari Pahlawan 2022.”

3. “Selamat Hari Pahlawan Nasional. Jangan lupa untuk sisipkan doa kepada mereka yang telah gugur demi kemerdekaan negara.”

4. “Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022. Marilah kita bangkitkan rasa nasionalisme, makin mencintai tanah air dan bangga menjadi bangsa Indonesia.”

5. “Selamat Hari Pahlawan 10 November, semoga apa yang engkau perjuangkan untuk negeri dan bangsa ini dikabulkan Allah Swt.”

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Penemu Internasional 9 November

6. “Teruskan semangat dan cita-cita luhur para pahlawan, majukan Indonesia. Selamat Hari Pahlawan 2022.”

7. “Pada 10 November, rasanya kurang lengkap jika aku belum memberikan ucapan selamat Hari Pahlawan. Begitu besar perjuanganmu, para pahlawan!”

8. “Selamat Hari Pahlawan Nasional. Dengan mengenang jasa para pahlawan yang telah mendirikan NKRI diharapkan akan makin kuat nasionalisme kita sebagai WNI.”

9. “Selamat Hari Pahlawan 2022. Jadilah pahlawan-pahlawan masa kini dengan membangun dan mencintai Tanah Air dengan setulus hati.”

10. “Terima kasih pahlawanku, kami siap melanjutkan perjuanganmu. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022.”

Kata-Kata Bijak Hari Pahlawan 10 November

11. “Bangunlah segera kaum muda dan rakyat Indonesia, jangan terlambat. Nanti dianggap pahlawan kesiangan. Selamat Hari Pahlawan 2022.

12. “Perjuangan pahlawan Indonesia dalam merebut kemerdekaan tidak boleh dilupakan, semangat juang mereka harus tetap membara sampai saat ini. Selamat Hari Pahlawan.”

13. “Indonesia harus tetap tumbuh dan bangkit dalam membangun bangsa yang kuat. Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2022.”

14. “Tak perlu keluar darah, cukup keringat dan pikiran untuk menjadi bermanfaat. Selamat Hari Pahlawan Nasional 2022.”

15. “Terima kasih pahlawanku. Semangatmu selalu menggelora di dada kami. Selamat Hari Pahlawan 2022.”

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November

16. “Selamt Hari Pahlawan 2022. Kami siap berinovasi dalam melanjutkan perjuanganmu demi membanggakan sang ibu pertiwi.”

17. “Selamat Hari Pahlawan 2022. Mari bersama kita memperkuat persatuan untuk membangun negeri dengan semangat kepahlawanan.”

18. “Selamat Hari Pahlawan Nasional! Mari kita doakan para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan Indonesia hingga mencapai kemerdekaannya.”

19. “Selamat Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2022. Mari mengenang perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia “

20. “Selamat Hari Pahlawan. Perjuangan para pahlawan adalah inspirasi untuk terus berjuang dan berkarya memajukan bangsa.”

Kata Mutiara Hari Pahlawan 10 November

21. “Selamat Hari Pahlawan tahun 2022! Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita.”

22. “Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022! Mari kita tanamkan jiwa pahlawan dan semangat juang mereka dalam diri.”

23. “Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2022. Pahlawan adalah penyelamat bangsa dan generasi penerus kemerdekaan dengan menjadi sumber inspirasi yang akan selalu menguatkan.”

24. “Kita adalah bangsa pejuang. Kita punya darah patriot yang mengalir di badan kita, yang tidak mudah menyerah dan yang tidak mudah mengatakan ‘saya kalah’. Selamat Hari Pahlawan.”

25. “Terima kasih pahlawan, kami siap melanjutkan perjuanganmu. Semangatmu selalu menggelora di jiwa raga kami. Selamat Hari Pahlawan Nasional.”

Baca Juga: Quotes Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November

26. “Selamat Hari Pahlawan Nasional. Tanpa adanya semangat yang berkobar layaknya pahlawan perang di masa lampau, seberapa hebat dan canggihnya senjata yang kamu miliki saat ini, tidak akan pernah ada apa-apanya.”

27. “Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November. Hormat kami, lahir batin, mengenang jasa kalian, pahlawan kami.”

28. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Kalau tidak mengenal pahlawan, tidak ada tenaga untuk memperkuat persatuan dan mewarisi nilai perjuangan yang mereka berikan.”

29. “Kami akan senantiasa melanjutkan perjuanganmu, membawa Indonesia maju sebagai negara yang ditakutkan di kancah dunia. Selamat Hari Pahlawan.”

30. “Teruskan perjuangan dari para pahlawan. Sesungguhnya mereka melihat kita dari tempat yang jauh. Selamat Hari Pahlawan.”

Peringatan Untuk Sosial Media Hari Pahlawan 10 November

31. Selamat Hari Pahlawan. Teriring doa bagi para pahlawan yang senantiasa menjadi anutan kita, semoga arwah mereka beristirahat dengan damai di sisi Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa.”

32. “Selamat Hari Pahlawan 2022. Tidak harus mengangkat pedang untuk menjadi seorang pahlawan. Lewat pekanya sebuah hati, kita siap membangun peradaban.”

33. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Pahlawan tidak hanya mereka yang ikut terjun ke medan perang, tapi juga mereka yang tanpa pamrih membantu generasi muda dalam menggapai cita.”

34. “Jasa dari perjuangan para pahlawan begitu luar biasa bahkan juga tidak bisa digantikan dengan nominal harta berapa pun. Selamat Hari Pahlawan.”

35. “Dahulu para pahlawan berperang melawan penjajah demi negara, sekarang tugas kita untuk menjaga keutuhan negara kita tercinta, Indonesia. Selamat Hari Pahlawan 10 November.”

Baca Juga: Kalender Bulan November 2023 Lengkap

36. “Setelah merdeka saja para generasi muda juga wajib berjuang untuk meneruskan jasa dari para pahlawan yang lebih dulu ada. Selamat Hari Pahlawan.”

37. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan telah usai, tapi perjuangan untuk masa depan bangsa yang lebih baik masih terus berlanjut.

38. “Pahlawan adalah orang yang rela berkorban, meninggalkan zona nyaman demi suatu yang berguna di masa depan. Mari peringati jasa para pahlawan dengan bersatu padu menjaga warisannya. Selamat Hari Pahlawan.”

39. “Sebagai generasi penerus, semangat para pahlawan akan terus menyertai di setiap langkah perjuangan. Selamat Hari Pahlawan 10 November.”

40. “Selamat Hari Pahlawan. Jasamu tak akan pernah terlupakan. Terima kasih sudah selalu memperjuangkan Ibu Pertiwi sampai akhir hayat, semoga para generasi bangsa bisa mengikuti perjuangan kalian.”

Caption Selamat Hari Pahlawan 10 November

41. “Setiap 10 November kita selalu mengingat perjuangan para pahlawan untuk bangsa Indonesia. Mari kita jaga bangsa ini demi para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia maju dan sejahtera.”

42. “Selamat Hari Pahlawan. Semoga semangat perjuangan para pahlawan terus tertanam di dalam diri kita. Berjuang dan bergerak bersama untuk Indonesia maju.”

43. “Harus kita ingat bahwa perjuangan para pahlawan tidak boleh berhenti dan harus tetap dilanjutkan demi kebaikan bersama. Selamat Hari Pahlawan 2022.

44. “Semangat berjuang, berkarya meneruskan perjuangan para pejuang negara kita. Selamat memperingati Hari Pahlawan 2022.”

45. “Jika tak mampu menjadi mecusuar di lautan, jadilah lampu kecil di rumahmu. Selamat Hari Pahlawan 2022.

Baca Juga: Jasa Undangan Digital Harga Murah

46. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Marilah kita bangkitkan rasa nasionalisme, makin mencintai Tanah Air dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

47. “Selamat Hari Pahlawan. Mari kita sejenak mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.”

48. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Ayo lanjutkan perjuangan para pahlawan, jadikan Indonesia maju, damai dan berdaulat!”

49. “Selamat Hari Pahlawan. Marilah seluruh bangsa Indonesia untuk bermuhasabah mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa raga demi mewariskan bangsa yang merdeka dan berdaulat.”

50. “Mari bersama kita perkukuh persatuan untuk membangun negeri dengan semangat kepahlawanan, jadilah penyelamat bangsa. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022!”

Quotes Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November

51. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021. Mari kita sejenak mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dalam memperjuangkan dan mempertahankan NKRI.”

52. “Selamat Hari Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan Indonesia ini dapat dijadikan sebagai barometer seberapa kuat keyakinan terhadap nilai kejuangan dari proses kehidupan berbangsa dan bernegara.”

53. “Mari peringati Hari Pahlawan dengan menghormati jasa-jasannya, dan meneladani rasa cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk bangsa dan negara. Selamat memperingati Hari Pahlawan 2022.

54. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Semoga jasa-jasa para Pahlawan dapat di ingat dan diteruskan oleh penerus Bangsa Indonesia.”

55. “Selamat Hari Pahlawan Nasional 2022. Jasamu selalu kami kenang, pejuanganmu kami lanjutkan. Jadilah pahlawan masa kini yang berprestasi dan membanggakan.”

Tentang Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November

Itulah sekilas tentang sejarah singkat dan kumpulan kata-kata bijak tentang Hari Pahlawan. 

Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan ini yaitu sebagai bentuk penghormatan atas serta pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang di medan perang. 

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan November 2022

Mudah-mudahan informasi ucapan selamat Hari Pahlawan 10 November diatas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni