Ucapan Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 22 Mei

Ucapan Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 22 Mei

Daftar Ucapan Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 22 Mei

Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar ucapan Hari Keanekaragaman Hayati yang selalu diperingati setiap tanggal 22 Mei setiap tahunnya.

Sebelumnya mari kita lihat sejarah singkat Hari Keanekaragaman Hayati dan latar belakang diperingati setiap tanggal 22 Mei di bawah ini:

Sejarah Singkat Hari Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati – Hayati merupakan sebuah kumpulan makhluk hidup baik dari gen, spesies, maupun ekosistem yang menempati suatu wilayah tertentu.

Hari Keanekaragaman Hayati atau yang biasa disebut Kehati adalah sebuah peringatan dimana tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas untuk lebih mencintai serta menjaga keanekaragaman hayati yang terdapat di bumi.

Dengan demikian, kehidupan hayati bumi dapat terjaga dan populasinya tidak akan punah sehingga kenikmatan alam dapat terus dirasakan hingga generasi selanjutnya. Keberadaan Keanekaragaman Hayati tentunya memiliki dampak positif bagi alam.

Tak hanya alam yang diuntungkan, namun manusia juga dapat memanfaatkan hayati untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Keberadaan hayati menjadi penyeimbang kehidupan yang apabila hayati pupus maka kehidupan bumi terutama manusia juga akan hancur secara perlahan.

Hari Keanekaragaman Hayati secara Internasional saat ini diperingati pada tanggal 22 Mei setiap tahunnya. Sebelum dirayakan pada 22 Mei, Hari Keanekaragaman Hayati sempat diperingati pada setiap 29 Desember.

Peringatan yang sempat dilakukan pada tanggal 29 Desember disandarkan melalui sebuah keputusan tentang penetapan komite kedua Majelis Umum organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1993 silam.

Kemudian pada tahun 2000 peringatan Hari Keanekaragaman Hayati diganti dan diresmikan hingga saat ini pada tanggal 22 Mei, karena pada saat itu terdapat sebuah kesepakatan dimana teks kesepakatan mengenai keanekaragaman secara sah diluncurkan.

[ilrc postid=”1429″ template=”template-1″]

Seperti yang kita ketahui, keberadaan hayati sangat penting bagi alam. Maka dari itu sudah tugas kita sebagai manusia sekaligus khalifah atau pemimpin dunia untuk menjaga alam.

Tentu saja agar ciptaan sang maha kuasa tidak rusak sehingga manfaat alam bisa dinikmati oleh seluruh penduduk dunia.

Manusia yang hidup pada era modern tentunya semakin berkepribadian acuh dan tidak memperdulikan kondisi alam. Kesadaran masyarakat globalisasi perlu digalakkan agar warga dunia dapat menjaga alam bersama-sama.

Berikut cara cerdas yang dapat diterapkan untuk melestarikan kehidupan hayati, yaitu:

  • Menggalakkan program reboisasi terhadap hutan yang mulai gundul akibat sifat rakus manusia yang ingin memperkaya diri sendiri,
  • Menjaga alam sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi bencana banjir sehingga biota makhluk hidup dapat terjaga dengan baik,
  • Membuat hukuman tegas bagi siapapun yang berani merusak tatanan alam, dan
  • Selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan
Baca juga:  Ucapan Selamat Hari Bidan Internasional 5 Mei

Dengan melakukan beberapa point diatas maka sudah dapat dipastikan kita berusaha menjaga alam agar tetap asri. Kita dapat memperingatinya dengan cara berkirim ucapan Hari Keanekaragaman Hayati

Daftar Ucapan Selamat Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 22 Mei

Nah, bagi kamu yang sedang mencari kata-kata Mutiara untuk Hari Keanekaragaman Hayati, bisa cek di bawah ini:

1. Keanekaragaman hayati adalah sumber daya kami yang paling berharga tetapi paling tidak dihargai. (Edward O. Wilson Dalam ‘Unmined Riches’, The Diversity of Life (1992)

2. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022, Jadilah bagian dari solusi dari upaya menjaga kelestarian keanekaragaman hayati.

3. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022, bumi dan segala keanekaragaman hayati di dalamnya butuh kepedulian dari kita. Mari jaga dan rawat keanekaragaman hayati di sekitar kita.

4. Orang-orang masih tidak mengerti bahwa ikan hidup lebih berharga daripada ikan mati, dan bahwa teknik penangkapan ikan yang merusak membawa bola perusak ke keanekaragaman hayati.” (Sylvia A. Earle)

5. Penebangan hutan purba dan bencana lainnya, yang dipicu oleh tuntutan pertumbuhan populasi manusia, merupakan ancaman utama terhadap keanekaragaman hayati di mana-mana. (Edward O. Wilson)

6. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022, Mari berpartisipasi dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati dengan hal-hal sederhana. Seperti kurangi konsumsi daging, kurangi sisa makanan, membeli makanan lokal, dsb.

7. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022. Jaga alam di sekitar kita, agar alam juga bisa bersahabat dengan kita.

8. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022. Jika kita tidak bisa menjadi solusi untuk pelestarian keanekaragaman hayati, setidaknya kita tidak menjadi pembuat masalah dengan merusaknya.

9. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022. Menjaga kelestarian keanekaragaman hayati sama artinya dengan menjaga kelangsungan hidup manusia.

10. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati 2022. Mari jaga keanekaragaman hayati di sekitar kita, demi kelangsungan hidup bersama.

Kata-Kata Mutiara Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2022

“Keanekaragaman hayati adalah sumber daya kami yang paling berharga tetapi paling tidak dihargai.” -kata mutiara Edward O. Wilson Dalam ‘Unmined Riches’, The Diversity of Life (1992), 281

“Saya selalu bermimpi bahwa manusia adalah orang asing di planet ini.” -kata mutiara Eric Hoffer Seperti dikutip dalam Jon, Michael dan Deborah Fripp, Speaking of Science (2000), 167, mengutip “dalam percakapan dengan Bill Millers.”

“Saya ingat bahwa rasa ingin tahu yang kuat tentang dunia botani berasal dari perjalanan kano keluarga di mana kami hanya akan hanyut melalui sungai dan lahan basah yang basah, tanpa tujuan apapun kecuali untuk melihat sesuatu. Saya belajar bahwa rasa ingin tahu bisa menjadi pengejaran. Dan tanaman di sana sangat berbeda dengan yang pernah saya lihat, tanaman kantong semar, matahari terbenam, lumut Sphagnum berwarna cerah, saya tidak bisa tidak bertanya-tanya mengapa dunia begitu penuh dengan makhluk yang berbeda (beragam) dan seperti apa kehidupan mereka.” -kata mutiara Robin W. Kimmerer Dari wawancara dengan Stephanie Muise (19 Mei 2015) yang diterbitkan di situs web Northland College.

“Micro Wilderness ada di beberapa tanah … Seumur hidup dapat dihabiskan dalam perjalanan Magellan di sekitar batang pohon tunggal.” -cgkata mutiara Edward O. Wilson Dari ‘Keanekaragaman hayati, Biofilia’, Naturalist (1994, 2019), 364

“Lebih dari 90 persen hutan di Ekuador barat telah dihancurkan selama empat dekade terakhir. Hilangnya diperkirakan telah memadamkan atau menghancurkan lebih dari setengah spesies tanaman dan hewan di daerah tersebut. Banyak daerah lain yang memiliki keanekaragaman hayati dunia mengalami serangan serupa.” -kata bijak Edward O. Wilson Dalam The Diversity of Life (1992), 265.

“Spesies alami adalah perpustakaan tempat insinyur genetika dapat bekerja. Insinyur genetika tidak membuat gen baru, mereka mengatur ulang gen yang sudah ada.” -kata bijak Thomas E. Lovejoy dalam pesan sebagai Wakil Presiden Eksekutif Dana Margasatwa Dunia, menyatakan perlunya melestarikan keanekaragaman hayati, bahkan tumbuhan dan hewan yang tidak segera digunakan, sebagai gudang gen unik untuk kemungkinan aplikasi bioteknologi di masa depan. Dikutip dalam Jamie Murphy dan Andrea Dorfman, `The Quiet Apocalypse, ‘Time (13 Okt 1986), 128, No. 15, 80.

“Satu gram lumut dari lantai hutan, sepotong seukuran muffin, akan menampung 150.000 protozoa, 132.000 tardigrades, 3.000 springtail, 800 rotifer, 500 nematoda, 400 tungau, dan 200 larva lalat. Angka-angka ini memberitahu kita sesuatu tentang kuantitas kehidupan yang luar biasa dalam segenggam lumut.” -kata bijak Robin W. Kimmerer Dalam ‘In the Forest of the Water Bear’, Mengumpulkan Lumut: Sejarah Alam dan Budaya Lumut (2003), 55

“Orang-orang masih tidak mengerti bahwa ikan hidup lebih berharga daripada ikan mati, dan bahwa teknik penangkapan ikan yang merusak membawa bola perusak ke keanekaragaman hayati.” -cgkata.blogspot.com bijak Sylvia A. Earle Pada ‘Bisakah Kita Berhenti Membunuh Lautan Kita Sekarang?’, Huffington Post (14 Agu 2013)

“Relatif sedikit manfaat yang mengalir kepada orang-orang yang tinggal paling dekat dengan lebih dari 3.000 kawasan lindung yang telah didirikan di negara-negara tropis selama 50 tahun terakhir. Karena alasan ini, pelestarian keanekaragaman hayati sering dianggap sebagai sesuatu yang diminta oleh orang miskin untuk memenuhi keinginan orang kaya yang hidup dalam kenyamanan ribuan mil jauhnya. ” -Kutipan kata Peter H. Raven

“Para ilmuwan sendiri dengan mudah mengakui bahwa mereka tidak sepenuhnya memahami konsekuensi dari berbagai serangan kita terhadap jalinan atmosfir atmosfer, air, tanah dan kehidupan dalam semua keanekaragaman hayati. Tetapi hal-hal juga bisa berubah menjadi lebih buruk daripada tebakan terbaik ilmiah saat ini. Dalam urusan militer, kebijakan telah lama didasarkan pada diktum bahwa kita harus siap menghadapi kasus terburuk. Mengapa harus begitu berbeda ketika keamanannya adalah untuk planet ini dan masa depan jangka panjang kita?” -kata mutiara Charles, Prince of Wales

“Mau tau bagaimana peran keanekaragaman hayati Indonesia dalam menunjang sumber makanan dan kesehatan kita sehari-hari?” -kata mutiara Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Dunia Tahun 2019

“Zona pesisir mungkin merupakan bagian terpenting dari planet kita. Hilangnya keanekaragaman hayati mungkin berakibat jauh melampaui ketakutan terburuk kita. ” -kata mutiara G. Carleton Ray Dalam ‘Keragaman Ekologis dan Zona Pesisir dan Lautan’, dikumpulkan di E. O. Wilson (ed.), Biodiversity (1988), 48

“Penebangan hutan purba dan bencana lainnya, yang dipicu oleh tuntutan pertumbuhan populasi manusia, merupakan ancaman utama terhadap keanekaragaman hayati di mana-mana.” -kata mutiara Edward O. Wilson

“Saya ucapkan selamat kepada para pemangku hutan adat yang baru saja ditetapkan statusnya. Mari kita rawat alam dengan baik demi generasi sekarang dan generasi Indonesia masa depan,” -kata mutiara Joko Widodo pada acara Peresmian Pengakuan Hutan Adat, Jumat, 30 Desember 2016.

“Serbuan emas di Madre de Dios, Peru, melebihi efek gabungan dari semua penyebab hilangnya hutan lainnya di wilayah ini, termasuk dari pembalakan, peternakan dan pertanian. Ini sangat penting karena kita berbicara tentang hotspot keanekaragaman hayati global. Flora dan fauna yang luar biasa di kawasan ini hilang karena demam emas. – Greg Asner

Harapan di Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 22 Mei

Dengan ucapan selamat Hari Keanekaragaman Hayati diatas, kita dapat mengingat serta menghargai alam yang telah memberikan suplai kehidupan bagi manusia.

Baca juga:  100 Template Ucapan Selamat Hari Bumi 22 April

Mudah-mudahan dapat menjadi referensi untuk kita semua dalam memahami serta menghargai Hari Keanekaragaman Hayati.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 22 Mei!

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

Tinggalkan komentar