Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret

Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret

Beginilah Sejarah 9 Maret, Hari Musik Nasional, Tujuan Dan Fakta Menariknya!

Setelah memperingati Hari Perempuan Internasional, Indonesia kembali memperingati Hari Musik Nasional esok harinya tepatnya pada tanggal 9 Maret.

Ya, setiap tanggal 9 Maret menjadi momen yang spesial untuk para pecinta musik. Hal tersebut tentu saja dikarenakan di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Musik Nasional.


Lalu, bagaimana sejarah 9 Maret, Hari Musik Nasional? Simak berikut ulasannya!

Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa musik merupakan salah satu bagian yang sangat penting serta tidak bisa dilepaskan dari kehidupan.

Keberadaan musik bisa menjadi pelipur lara disaat duka, suka dan menjadi penyemangat.

Karena hal tersebut maka tidak heran jika terdapat hari penting yang dikhususkan untuk memperingati peran pentingnya yaitu Hari Musik Nasional.

Hari Musik Nasional telah diresmikan dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 ketika Indonesia dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono.


Penetapan Hari Musik Indonesia ini merupakan salah satu usulan dari organisasi Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) pada tahun 2003, namun walaupun demikian hari peringatan ini baru diresmikan tahun 2013.

Penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional yaitu bertepatan dengan hari lahirnya W.R. Supratman.

W.R Supratman merupakan seorang pria peranakan Belanda-Indonesia yang bernama Willem van Eldik yang menikahi kakak perempuannya yaitu Roekijem.

Karir musik W.R Supratman tidak lepas dari peran van Eldick dimana ketika W.R Supratman berusia 17 tahun, beliau mendapatkan hadiah berupa biola.

Bersama dengan van Eldick, Supratman mendirikan sebuah band bergenre jazz bernama Black And White.

Kepiawaian W.R Supratman dalam bermusik dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah lagu perjuangan salah satunya seperti Indonesia Raya yang ditetapkan sebagai Lagu Kebangsaan Republik Indonesia.

Penetapan Hari Musik Nasional juga bukan tanpa tujuan dimana salah satu tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan kepercayaan diri serta membangkitkan motivasi para musisi Indonesia.


Dengan adanya hari khusus untuk musisi serta semua orang yang berkecimpung di dunia musik bisa diharapkan terus menghasilkan karya musik yang indah di tingkat Nasional maupun Internasional.

Dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 dijelaskan bahwa musik merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur kemanusiaan sekaligus berperan untuk memajukan pembangunan Nasional.

Perdebatan Mengenai Hari Musik Nasional

Walaupun penetapan tanggal 9 Maret, Hari Musik Nasional telah diresmikan, namun perjalanannya tidak berjalan mulus.

Penetapan tanggal 9 ini menjadi salah satu perdebatannya. Seperti telah disebutkan diatas bahwa pemilihan tanggal 9 bertepatan dengan hari lahirnya W.R. Supratman.

Namun banyak catatan sejarah yang menyebutkan bahwa W.R Supratman lahir 10 hari setelahnya.

Setelah melewati berbagai perdebatan akhirnya para peneliti serta pembuat film dokumenter ”Saksi-Saksi Hidup Kelahiran Bayi Wage”, Dwi Raharja melakukan penelusuran yang meyakini bahwa kelahiran W.R Supratman lahir pada tanggal 19 Maret.

Penelusuran tersebut dikuatkan dengan pihak keluarga meminta agar pemerintah menggunakan 19 Maret 1903 sebagai hari lahir pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya.


Walaupun telah menemukan titik terang namun 9 Maret masih ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Itulah sekilas tentang sejarah 9 Maret, Hari Musik Nasional yang sebaiknya anda ketahui.

Dari ulasan diatas tentu sedikit banyaknya anda sudah tahu bagaimana sejarah awal mula penetapan Hari Musik Nasional yang kini selalu diperingati setiap tahunnya.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret di atas dapat menambah wawasan kita semua.

Semoga bermanfaat dan selamat hari musik nasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari musik nasional diperingati setiap tanggal 9 maret
  • hari musik nasional 2022
  • tema peringatan hari musik 2022
  • sejarah hari musik indonesia
  • pencetus hari musik nasional indonesia
  • hari musik nasional merupakan
  • 9 maret hari musik nasional
  • ucapan selamat hari musik nasional 2022
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting