Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia 2 Februari

Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia 2 Februari

Sejarah 2 Februari, Hari Lahan Basah Sedunia Penting Untuk Diketahui

Setiap tanggal 2 Februari, seluruh negara di dunia memperingati Hari Lahan Basah Sedunia.

Hari peringatan ini ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global dan seluruh instansi pemerintahan di dunia tentang peran penting lahan basah bagi kehidupan.

Walaupun perannya sangatlah penting, namun sayang tidak banyak yang tahu mengenai sejarah dari hari penting ini.

Untuk anda yang belum tahu bagaimana sejarahnya, simak berikut sejarah 2 Februari Hari Lahan Basah Sedunia.

Inilah Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia 2 Februari Yang Sebaiknya Diketahui!

Setiap tanggal 2 Februari, dunia memperingati Hari Lahan Basah Sedunia.

Hari peringatan ini berhubungan erat dengan tindak lanjut dari konvensi Internasional di Ramsar, Iran yang sudah disepakati oleh sejumlah negara.

Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia diharapkan bisa mengingat kembali tujuan utama dari konvensi Ramsar.

Nah tujuan utama dari konvensi Ramsar sendiri yaitu untuk menghentikan perambahan serta perusakan lahan basah yang terjadi sekarang dan masa yang akan datang.

Hal tersebut dikarenakan lahan basah sendiri merupakan ekosistem yang sangat rapuh dan sensitif.

Untuk itu maka keberadaannya sangat bergantung pada cara pemanfaatan serta usaha pelestarian.

Peristiwa Konvensi Ramsar

Konvensi Ramsar merupakan sebuah perjanjian Internasional di bidang lingkungan hidup pertama yang menetapkan peraturan mengenai konservasi jenis ekosistem tertentu yaitu ekosistem lahan basah.

Konvensi Ramsar atau Conventions on Wetlands of International Importance Especially as Waterfowl Habitat terdiri dari 12 pasal serta ditandatangani oleh 35 negara yang terdiri dari 21 negara dari Eropa serta 13 dari negara berkembang.

Pada awalnya konvensi Ramsar ini hanya fokus pada masalah burung air serta burung migran. Namun dalam perkembangannya lahan basah ternyata dinilai lebih penting.

Atas kesadaran tersebut maka berkembang juga kesadaran pada keutuhan keanekaragaman hayati serta aspek pemanfaatan lahan basah secara bijaksana.

Menurut konvensi Ramsar, lahan basah memiliki arti yang cukup luas yaitu daerah rawa, perairan, payau, lahan gambut baik itu alami maupun buatan/tetap atau sementara/air tergenang atau mengalir/payau, tawar atau asin dan termasuk kedalam wilayah perairan laut yang kedalamannya lebih dari 6 meter ketika surut.

Konvensi Ramsar semakin mengukuhkan tujuannya mengenai pentingnya menjaga ekosistem lahan basah.

Lahan basah menyediakan pangan, mengatur arah aliran air, menyimpan karbon serta menyimpan energi yang sangat penting untuk keanekaragaman hayati.

Manfaat untuk manusia juga tentu saja sangatlah penting terutama untuk kelangsungan hidup di masa sekarang dan masa depan.

Konvensi Ramsar telah hadir selama empat dekade dan dari waktu ke waktu semakin berkembang yang memfokuskan agendanya pada perlindungan dan pemanfaatan lahan basah secara bijak.


Indonesia sendiri masuk menjadi anggota Ramsar pada tahun 1991 dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 48 Tahun 1991 yang merupakan Ratifikasi Ramsar Indonesia.

Setelah konvensi Ramsar tersebut akhirnya pada tahun 1996, ditetapkanlah Hari Lahan Basah Sedunia yang diperingati tanggal 2 Februari.

Tahun 1997 merupakan tahun pertama diperingatinya Hari Lahan Basah Sedunia di seluruh negara anggota Konvensi Ramsar.

Selain bertujuan untuk menghentikan perambahan serta perusakan lahan basah, Hari Lahan Basah Sedunia juga diperingati sebagai upaya untuk menjamin pelestarian ekosistem lahan bahas.

Peringatan hari penting ini diperingati dengan berbagai agenda mulai dari seminar, perlombaan dan lainnya.

Itulah sekilas tentang sejarah 2 Februari, Hari Lahan Basah Sedunia.

Walaupun tidak banyak yang menyadarinya namun setelah melihat ulasan di atas tentu sedikit banyaknya anda tahu bahwa hari peringatan ini sangatlah penting.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia diatas dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Lahan Basah Sedunia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari lahan basah sedunia
  • peringatan hari lahan basah sedunia
  • tema hari lahan basah sedunia 2022
  • logo hari lahan basah sedunia 2022
  • quotes ucapan selamat hari lahan basah sedunia
  • apa itu hari lahan basah
  • awal mula ditetapkan hari lahan basah
  • tujuan hari lahan basah sedunia
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting